Bankir BRI dan Mandiri Diangkat Jadi Direksi Baru BSI

Fauza Syahputra|Katadata
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan persetujuan kepada PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) untuk mengangkat dua anggota direksi baru.
10/10/2024, 15.24 WIB

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan persetujuan kepada PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) untuk mengangkat dua anggota direksi baru. Persetujuan ini disampaikan melalui surat OJK nomor SR-443/PB.02/2024 tertanggal 8 Oktober 2024. 

Senior Vice President BSI Wisnu Sunandar mengatakan BSI mengangkat Harry Gusti Utama sebagai Direktur Retail Banking, serta Ari Rizaldi sebagai Direktur Treasury & International Banking. Kedua anggota direksi baru BSI tersebut sebelumnya berkarier sebagai bankir di bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI).

Harry Gusti Utama lahir di Palembang pada 1968. Ia memiliki latar belakang pendidikan dengan gelar Magister Manajemen Agribisnis dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Sarjana Ekonomi dari Universitas Islam Indonesia.

Harry memiliki pengalaman panjang di dunia perbankan dan manajemen. Sebelum bergabung dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), ia menjabat sebagai Division Head Wholesale Credit Risk Analyst di PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dari 2021 hingga 2024. 

Selain itu, Harry pernah menjadi Komisaris di PT Bringin Sejahtera Makmur pada tahun 2020-2021, dan sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Utama perusahaan tersebut pada 2018-2020. Ia juga pernah memegang posisi strategis sebagai Kepala Audit Intern Wilayah Yogyakarta di PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) pada tahun 2019-2020. 

Ari Rizaldi, lahir di Sanggau pada 1970.  Ia meraih gelar Sarjana Ekonomi Akuntansi dari Universitas Andalas.

Ari memiliki karier yang panjang di sektor perbankan, khususnya dalam bidang treasury. Sebelum bergabung dengan BSI, ia menjabat sebagai Senior Vice President Treasury Group di PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dari tahun 2019 hingga 2024.

Ari juga pernah menduduki posisi Vice President Strategic Banking Book di Treasury Group Bank Mandiri pada 2015-2019, serta berperan sebagai Chief Dealer Retail Marketing Jakarta di Bank Mandiri pada 2013-2015.

Berikut ini susunan direksi BSI:

  • Direktur Utama: Hery Gunardi
  • Wakil Direktur Utama: Bob Tyasika Ananta
  • Direktur Wholesale Transaction Banking: Zaidan Novari
  • Direktur Sales & Distribution: Anton Sukarna
  • Direktur Compliance & Human Capital: Tribuana Tunggadewi
  • Direktur Finance & Strategy: Ade Cahyo Nugroho
  • Direktur Information Technology: Saladin D. Effendi
  • Direktur Risk Management: Grandhis Helmi Harumansyah
  • Direktur Retail Banking: Harry Gusti Utama
  • Direktur Treasury & International Banking: Ari Rizaldi
Reporter: Nur Hana Putri Nabila