BRINS Bidik The Most Trusted Partner For Reliable Protection Solution

BRI Insurance
Penulis: Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
16/8/2022, 10.57 WIB

BRI Insurance (BRINS) terus menjalankan transformasi, termasuk dalam mengusung visi perusahaan baru menjadi “The Most Trusted Partner for Reliable Protection Solution”.

Visi sekaligus misi baru BRINS resmi diluncurkan pada Selasa, 9 Agustus 2022 di Kantor Pusat Graha BRI Insurance, Jakarta yang menjadi energi dan semangat baru. “Visi ini sebagai energi baru bagi kami,” kata CEO BRINS, Fankar Umran.

Dia menjelaskan, visi tersebut dibangun dari tiga faktor yang menjadi fokus pekerja untuk menjadi the most trusted dan reliable company, yaitu mengasah kompetensi dan experience untuk membangun trust dan pada akhirnya menciptakan value.

Ketiga faktor tersebut, kata dia, perlu dijalankan secara bersamaan. Apalagi saat ini dunia bisnis sedang menghadapi era Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity atau (VUCA).

BRINS melakukan refocusing dengan statement visi yang lebih tegas, terarah, dan terukur untuk mencapai tujuan strategis perusahaan. Melalui visi ini BRINS ingin menjaga bisnis asuransi umum yang kuat dan berkelanjutan.

Untuk mendukung hal tersebut, BRINS menetapkan beberapa parameter yang menjadi fokus utama. Pertama, pemanfaatan teknologi digital untuk proses bisnis dengan tetap menjaga sentuhan personal yang berkualitas yang diimplementasikan melalui automasi proses bisnis internal dan membangun ekosistem digital BRINS melalui layanan BRINS Mobile dan BRINS Agent.

Kedua, peningkatan jumlah nasabah hingga menjadi yang terbesar di industri asuransi umum dengan target lebih dari sepuluh juta nasabah pada 2025.

Ketiga, kekuatan dan kesehatan perusahaan dengan menunjukkan performa finansial terbaik di antara peers.

Keempat, keberpihakan BRINS pada UMKM dengan menguasai pasar asuransi mikro. Hal ini selaras dengan arah bisnis BRI, sebagai induk usaha, yang berprioritas melayani segmen mikro, kecil, dan menengah.

“Saat ini, BRINS terus memperluas pasar mikro dengan berbagai inovasi produk yang variatif dengan premi terjangkau,” kata Fankar.

“Ini merupakan upaya kami dalam melakukan sinkronisasi visi, misi, kebijakan strategis, dan arsitektur budaya perusahaan. Sebuah komitmen dalam memberikan perlindungan terbaik untuk nasabah,” ujar Fankar melanjutkan.

Fankar menambahkan visi baru ini tidak hanya untuk ekstenal. Dari sisi internal bahwa setiap Insan BRINS (sebutan untuk pekerja BRINS) merupakan representasi perusahaan.

Oleh sebab itu transformasi culture juga terus dimaksimalkan dan mendukung visi baru ini untuk menjadi pribadi yang ‘trusted’ dan ‘reliable’.