Penerapan Omnichannel Marketing Shop&Drive Berbuah Penghargaan

Dok Shop&Drive
Shop&Drive menjadi salah satu pemenang Marketeers OMNI Brand of The Year 2023 pada kategori Integrated Selling Channel.
5/4/2023, 14.49 WIB

Konsep omnichannel marketing membawa Shop&Drive menjadi salah satu pemenang Marketeers OMNI Brand of The Year 2023 pada kategori Integrated Selling Channel

Penghargaan ini diterima secara langsung oleh Lie Se Chiang, Retail Marketing & Business Development Department Head PT Astra Otoparts Tbk di Sudirman, Jakarta, Selasa (4/4).

Marketeers OMNI Brand of The Year 2023 merupakan penghargaan bagi merek Indonesia yang mampu menerapkan strategi omnichannel marketing yang tidak biasa dan berdampak pada bisnis perusahaan. 

Omnichannel marketing sendiri adalah model bisnis lintas saluran yang mengutamakan pengalaman pelanggan secara optimal pada berbagai channel, baik online maupun offline. 

Dalam kompetisi ini, Shop&Drive mengedepankan penjualan aki mobil melalui e-commerce serta pemanfaatan Shop&Drive Mobile App dalam Gebyar 24 Tahun Shop&Drive yang telah berlangsung pada tahun 2022.

Bermula dari belum maraknya transaksi aki melalui e-commerce dan pengamatan akan tingginya potensi pembelian konsumen otomotif melalui e-commerce, Shop&Drive berusaha untuk mengubah kebiasaan konsumen terutama setelah pandemi agar lebih terbiasa bertransaksi secara online.

Perbaikan kecil hingga besar dilakukan oleh Shop&Drive, di antaranya menambahkan keterangan yang lebih informatif pada foto produk terkait garansi, keuntungan, dan tipe mobil. Selain itu berkolaborasi dengan official e-commerce milik PT Astra Otoparts Tbk yaitu www.astraotoshop.com dan juga e-commerce pilihan lainnya.

“Hasilnya, penjualan e-commerce kami mengalami kenaikan. Perbaikan ini juga menghadirkan konsumen baru, meningkatkan image serta awareness Shop&Drive sebagai solusi pembelian aki mobil, sehingga menjadikan kami lebih dikenal di media sosial dibandingkan pelaku bisnis sejenis,” ujar Lie Se Chiang.

Hadir di lebih dari 370 gerai di seluruh Indonesia, Shop&Drive terus-menerus melakukan inovasi agar dapat selalu menjadi yang terdepan dalam memenuhi kebutuhan pelanggannya. 

Tidak hanya di e-commerce, Shop&Drive juga hadir di berbagai channel lainnya seperti call center dan official whatsapp terpusat, driver online benefit, dan used car marketplace

Selain itu, menerapkan Astra Value Chain melalui kerja sama dengan perusahaan grup Astra. Dengan begitu konsumen dapat menjangkau layanan Shop&Drive di mana pun dan kapan pun.

“Kami juga menggunakan Shop&Drive Mobile App dalam program Gebyar 24 Tahun Shop&Drive di tahun 2022 yang lalu. Pelanggan harus melakukan verifikasi data untuk mengikuti undian berhadiah mobil tersebut, sehingga transaksi dan kupon dapat terekam,” kata Lie Se Chiang.

Pada kampanye Gebyar 24 Tahun Shop&Drive, penjualan Shop&Drive berhasil meningkat di atas pertumbuhan nasional. Sementara pengunduh dan pengguna Shop&Drive Mobile App masing-masing meningkat sebesar 31% dan 36%. Begitupun dengan jumlah followers Instagram @shopanddrive yang naik sebesar 70%.

Penghargaan Marketeers OMNI Brand of The Year 2023 membuktikan bahwa Shop&Drive masih memimpin di tengah persaingan industrinya. Dengan berbagai perbaikan dan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, Shop&Drive selalu menjadi pilihan utama baik bagi para franchise buyer maupun pelanggannya.

“Terima kasih kepada Marketeers, para franchisee, dan juga pelanggan sehingga Shop&Drive dapat menjadi salah satu pemenang Marketeers OMNI Brand of The Year 2023. Shop&Drive akan terus melakukan berbagai improvement, terus berinovasi dan meningkatkan sinergi, terutama bersama www.astraotoshop.com, dengan menambahkan fitur-fitur menarik yang tentunya semakin mempermudah pelanggan,” tutup David Anthonius, Retail Division Head PT Astra Otoparts Tbk.