PaxOcean Group (PaxOcean) baru saja menyerahkan sebuah kapal self-elevating platform (SEP) untuk instalasi turbin angin lepas pantai dengan nomor seri CP-16001 (SEP CP-16001) kepada Penta–Ocean Construction Co. Ltd. (Penta-Ocean).
SEP CP 16001 merupakan kapal instalasi turbin lepas pantai seri GJ-9800C yang didesain oleh GustoMSC dan akan dioperasikan di wilayah lepas pantai Jepang.
Serah terima kapal SEP CP-16001 oleh PaxOcean kepada Penta-Ocean dilaksanakan di galangan kapal PaxOcean di Pulau Batam, Kepulauan Riau, Indonesia.
PaxOcean adalah pemilik salah satu galangan kapal terbesar di Indonesia yang berlokasi di Pulau Batam, selain juga memiliki di negara lain yakni Singapura dan Tiongkok.
Rampungnya pembangunan kapal SEP untuk instalasi turbin angin lepas pantai ini bukan hanya menjadi keberhasilan bagi perusahaan, namun juga merupakan pencapaian putra-putra Indonesia yang tergabung di dalam proses pembangunannya.
Executive Vice Chairman PaxOcean, Low Soon Teck, menyampaikan bahwa perusahaan amat bangga dapat menyerahkan SEP CP-16001 ke Penta-Ocean, yang akan menambah kemampuan armadanya.
“Pengiriman kapal ini adalah puncak dari kolaborasi erat antara tim Penta-Ocean dan PaxOcean dan merupakan pencapaian penting dalam kemitraan kami yang kuat dan telah lama berjalan,” ujar Low Soon Teck.
Dengan panjang 119,4 meter, lebar 45 meter, dan kedalaman 10 meter, SEP CP-16001 kini menjadi kapal terbesar kedua milik Penta-Ocean. Pengoperasiannya juga diharapkan dapat memacu pengembangan pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai di Jepang.
Penyelesaian SEP CP-16001 oleh PaxOcean di Batam juga merupakan momen penting bagi pengembangan energi terbarukan di Indonesia, khususnya tenaga angin.
Penyerahan tersebut menunjukkan kemampuan industri dalam negeri Republik ini terkait keberhasilan berpartisipasi dalam pengembangan energi terbarukan, termasuk memproduksi instalasi pendukung pembangunan turbin angin lepas pantai.
“Kami bangga bahwa banyak putra-putra Indonesia memiliki kesempatan untuk terlibat dalam pembuatan SEP CP-16001, terutama mengingat pembangunannya dilakukan di galangan kapal PaxOcean di Batam,” ujar Low Soon Teck lebih lanjut.
“Kami melihat hal ini tidak hanya berkontribusi pada pengalaman mereka namun juga pada pengembangan sumber daya manusia Indonesia, termasuk dalam bidang energi terbarukan yang menjadi semakin penting,” imbuhnya.
SEP CP-16001 juga dilengkapi dengan fitur-fitur mutakhir antara lain, derek angkat berat Huisman dengan panjang boom 130 meter, kapasitas angkat 1.600 ton dan tinggi kait utama 147,3 meter di atas dek.
Kapal SEP CP-16001 dibangun dengan daya tampung hingga 100 orang dan juga dilengkapi dengan peralatan utama, seperti sistem jacking berkelanjutan yang canggih dari GustoMSC, empat kaki melingkar yang tertutup berukuran 92,5 meter serta sistem Dynamic Positioning (DP II) Kongsberg.
Kapal CP-16001 nantinya akan berperan dalam pembangunan di proyek pembangkit listrik tenaga angin di Kitakyushu, Prefektur Fukuoka, Jepang pada November 2023.
Presiden Penta-Ocean, Shimizu Takuzo, saat acara serah terima kapal tersebut mengatakan, kapal CP 16001 adalah kapal kedua untuk Penta-Ocean yang akan mulai beroperasi pada November ini di proyek pembangkit listrik tenaga angin di Kitakyushu, Prefektur Fukuoka, Jepang. Setelah itu, beberapa proyek pembangkit listrik tenaga angin besar akan dimulai di Jepang mulai 2027 dan seterusnya.
“Saya yakin, kapal ini akan memberikan kontribusi signifikan terhadap perluasan tenaga angin lepas pantai di Jepang,” ujar Shimizu Takuzo.
Didesain dan dirancang dengan mempertimbangkan fitur-fitur industri terkemuka demi keselamatan dan keberlanjutan, SEP CP16001 ini dibangun dalam rangka memerangi perubahan iklim.
“Seiring dengan upaya kami untuk memenuhi permintaan energi global yang terus meningkat, kami menyadari perlunya merevolusi pembangkitan energi, baik dari segi teknis maupun ekonomi,” papar Marc Doorduin, Direktur Komersial Fixed Wind GustoMSC dari GustoMSC.
Marc Doorduin menambahkan, pemahaman mendalam dari pihaknya tentang operasi lepas pantai klien telah berujung kepada pengembangan desain kapal jack-up GJ-9800C.
“Keberhasilan pengiriman CP-16001 menandakan keberhasilan kolaborasi dengan PaxOcean, dan kami sangat menantikan kemitraan dengan mereka ke depannya untuk mendorong inovasi dan memodernisasi industri lepas pantai,” tutur Marc Doorduin lebih lanjut.