Komitmen Kembangkan EBT, Grup MIND ID PT Timah Raih Anugerah DEN 2023

Dok. PT Timah Tbk.
Grup MIND ID PT Timah Tbk. yang berhasil meraih penghargaan dalam acara Anugerah Dewan Energi Nasional (DEN) 2023, beberapa waktu yang lalu.
Penulis: Umar Qadafi
25/10/2023, 07.42 WIB

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID berkomitmen untuk mewujudkan net zero emission (NZE) pada 2060 atau lebih cepat.

Komitmen ini diwujudkan salah satu anggota MIND ID, PT Timah Tbk yang berhasil meraih penghargaan dalam acara Anugerah Dewan Energi Nasional (DEN) 2023.

PT Timah Tbk meraih penghargaan dengan kategori komitmen dalam pemanfaatan energi bersih. Penghargaan yang diberikan kepada anggota MIND ID ini merupakan apresiasi atas komitmennya dalam mengembangkan energi baru terbarukan (EBT).

Penghargaan ini diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Joko Siswanto didampingi Managing Director Majalah Listrik Indonesia Irwadhi Marzuki kepada PT Timah Tbk.

Anugerah DEN 2023 merupakan bentuk apresiasi untuk pemangku kebijakan, pemerintah, perusahaan atau tokoh masyarakat yang telah mendorong dan mewujudkan dekarbonisasi dan transisi energi.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengatakan, penghargaan untuk anggota MIND ID ini akan menjadi motivasi perusahaan untuk terus melakukan dekarbonasi dan transisi energi.

"Penghargaan ini menjadi motivasi bagi MIND ID untuk terus berinovasi dan mengembangkan EBT di Indonesia," kata Heri Yusuf.

Selama ini, PT Timah Tbk sangat berkomitmen untuk melaksanakan program-program lingkungan yang berkelanjutan termasuk dekarbonisasi.

Bukan hanya itu, grup MIND ID ini juga mengimplementasikan prinsip-prinsip Environmental Social and Governance (ESG) yang dijalankan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Tentunya, program-program tersebut sejalan dengan langkah nyata perusahaan untuk mendukung transisi energi dan pemanfaatan energi bersih.

Sementara itu, ajang penghargaan ini merupakan rangkaian kegiatan Energy Transitions Conference and Exhibition 2023 yang digelar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Dewan Energi Nasional (DEN).

Bertajuk "Collaboration to Achieved The Energy Transitions to Net Zero Emission 2060", acara ini digelar pada 18 hingga 20 Oktober 2023 di Jakarta.

Dalam kesempatan ini PT Timah Tbk juga memperkenalkan produk timah seperti balok timah, tin chemical, dan tins solder.

Tin chemical dan tins solder merupakan produk hilirisasi timah yang dilakukan anak usaha PT Timah Tbk, yakni PT Timah Industri.