Ratusan UMKM akan unjuk gigi di pameran BRI UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur. Mengusung tema “Crafting Global Connection” atau merakit koneksi global, pameran akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 7-10 Desember 2023.
Tahun ini adalah tahun ke-5 penyelenggaraan BRI UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur. Pameran ini bertujuan mendorong penguatan brand dan bisnis UMKM secara strategis. BRI berharap para pelaku UMKM kemudian mampu memperluas jaringan ke rantai pasok global.
Direktur Utama BRI Sunarso menuturkan, melalui pameran ini diharapkan UMKM semakin banyak mendapatkan kesempatan ekspor dan masuk pasar internasional. Pasalnya, posisi UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.
Program UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur menjadi salah satu langkah konkrit BRI sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia. Perseroan melihat adanya peluang besar bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global.
“Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain,” tutur Sunarso dikutip dari siaran pers, Rabu (6/12).
Pada tahun ini, semangat pelaku UMKM di Indonesia terasa meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari animo peserta yang lebih tinggi. Terdapat peningkatan UMKM pendaftar sebesar 168 persen dari tahun sebelumnya. Tercatat 3.183 UMKM melakukan pendaftaran melalui website brilianpreneur.com.
Pada pameran tahun ini, BRI mengajak 700 UMKM terkurasi yang meliputi 378 UMKM pendaftar baru, 122 UMKM alumni Brilianpreneur, enam UMKM binaan perusahaan anak (Pegadaian, PNM, BRI Ventures), serta 153 UMKM local heroes yang menjadi pemimpin pasar. Ada pula, 32 UMKM member SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia) serta sembilan UMKM SMExcellence binaan Kementerian Koperasi & UKM yang berasal dari berbagai daerah.
Terdapat lima kategori UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2023 yang dapat berpartisipasi, yaitu Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, dan Fashion & Wastra, serta Healthcare/Wellness.
Aspek kurasi yang dilakukan meliputi inovasi desain produk, dampak sosial & lingkungan, kemampuan ekspor, serta pencapaian UMKM dan apresiasi yang pernah diraih UMKM Pendaftar. Secara garis besar, UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2023 menampilkan UMKM Indonesia yang telah dikurasi dan memenuhi standar global, namun tetap bertumpu kepada sumber daya lokal, pemberdayaan komunitas lokal, dan kepedulian lingkungan.
Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto menuturkan, demi mendukung merealisasikan penjualan UMKM secara go global, BRI memiliki enam kantor di luar negeri yang sudah bekerja sama dengan 1.200 bank.
“BRI juga membekali UMKM dengan berbagai pelatihan yang telah diselenggarakan sebelum business matching dilaksanakan. Kami harapkan terjalin komitmen pembelian produk UMKM sehingga dapat semakin memperluas akses pasar global," katanya.
Pada UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2022, pelaku UMKM berkesempatan menjajaki kerja sama dengan para calon pembeli dari berbagai negara melalui business matching. Sementara itu, pada tahun ini, rangkaian acara virtual business matching dilakukan pada 27-29 November 2023.
BRI menargetkan pasar potensial secara virtual dari beberapa negara seperti Jepang, Hongkong, UEA, Taiwan, Malaysia, Korea Selatan, US, Mexico, Canada, Belanda, Italia, Australia, New Zeland, dan lain-lain.