Dukungan terhadap peningkatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terus dilakukan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Yang terbaru, BRI menyelenggarakan Program Dagang Untung Belanja Untung (DUBU).

DUBU yang dilakukan sejak 2023, dihadirkan khusus untuk pedagang dan pengunjung Pasar Tanah Abang Blok B. Para pedagang maupun pengunjung yang bertransaksi menggunakan Kartu Kredit/Debit BRI dan BRImo di mesin EDC BRI dan QRIS BRI akan mendapatkan poin. Selanjutnya, poin tersebut dikumpulkan dan diundi untuk ditukar menjadi hadiah dari BRI.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengatakan, program ini ditujukan untuk memberikan apresiasi kepada nasabah atas loyalitasnya selama ini kepada BRI.

"DUBU merupakan wujud nyata BRI untuk mendukung para pedagang UMKM khususnya di Pasar Tanah Abang Blok B. DUBU diharapkan dapat menjadi booster untuk meningkatkan omzet para pedagang," ujarnya melalui keterangan pers, Kamis (1/2).

Hadiah untuk para pedagang terdiri dari satu unit mobil Hyundai Stargazer, enam unit sepeda motor Honda Vario, 15 logam emas masing-masing seberat 10gr, 30 logam emas masing-masing seberat 5gr, dan 75 hadiah hiburan lainnya.

Sementara itu, hadiah dibagikan untuk para pengunjung yakni 1 unit mobil Avanza, 3 unit sepeda motor Vario, 15 logam emas masing-masing seberat 5 gr, serta 75 hadiah hiburan.

Program DUBU ini berlangsung pada 1 Maret sampai 15 Desember 2023, dengan periode pengundian dibagi menjadi tiga tahap, yakni tahap I pada bulan Juni 2023 (Tahap 1), tahap II pada bulan Oktober 2023 (Tahap 2), tahap III pada 29 Januari 2024. Pengundian selalu diramaikan juga dengan hiburan serta game berhadiah dan doorprize yang menarik dari BRI.

“Animo besar dari pedagang dan pengunjung di Pasar Tanah Abang ini diharapkan dapat menciptakan ekosistem cashless transaction yang berkelanjutan,” ujar Andrijanto.

Bagi nasabah BRI dapat mengakses layanan transaksi cepat dan mudah melalui BRImo. Super apps digital banking milik BRI ini pun terus mencatatkan kinerja yang positif.  Hal ini ditunjukkan dari rata-rata pertumbuhan pengguna BRImo yang mencapai lebih dari 1 juta user per bulan.

Per Desember 2023, jumlah pengguna BRImo mencapai lebih dari 31,6 juta user dengan jumlah transaksi finansial mencapai 3,08 miliar transaksi. Jumlah ini pun meningkat 71,42 persen year-on-year (yoy) dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Kemudian untuk nilai transaksi tembus Rp4,158 triliun dengan peningkatan 58,39 persen secara year on year (yoy), sedangkan dari sisi pendapatan, sepanjang 2023 total pendapatan transaksi melalui BRImo mencapai Rp2,432 triliun. Nilai ini tumbuh 72,52 persen secara yoy dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.