Andal by Taspen, super apps dari PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (TASPEN) Persero yang diluncurkan pada 2 Januari 2025 lalu terus melakukan peningkatan layanan bagi peserta.
Langkah ini merupakan upaya TASPEN untuk memberikan kemudahan bagi peserta di satu aplikasi dalam memberikan solusi untuk mengakses layanan yang lebih mudah dan praktis.
Corporate Secretary TASPEN Henra mengatakan, layanan fitur yang ada di Andal by Taspen merupakan komitmen untuk mendukung kemudahan peserta dalam mengakses layanan TASPEN.
“Kami berharap dengan hadirnya fitur layanan di Andal by Taspen akan memberikan pengalaman layanan digital yang lebih praktis,” ujar Henra dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (10/1).
Superapps ini merupakan Taspen Customer Digital Services di mana segala layanan digital berada pada satu aplikasi. Layanan fitur yang dapat dimanfaatkan oleh peserta seperti: pendaftaran dan enrollment (perekaman); pengajuan klaim dan nonklaim secara online; dan informasi pensiun bulanan.
Selain itu ada pengisian formulir mandiri; pengajuan keluhan di Taspen Care; update E-SPTB; informasi lokasi layanan; hak dan kewajiban peserta TASPEN; estimasi manfaat THT dan pensiun; lapor JKK (terjadi kecelakaan kerja); formulir dan persyaratan pengajuan klaim; penjadwalan kehadiran pada mal pelayanan publik (MPP); autentikasi; informasi produk Taspen Life; dan informasi produk TASPEN.
Andal by Taspen juga menawarkan proses autentikasi yang lebih mudah. Melalui aplikasi ini peserta hanya perlu melakukan swafoto untuk pencairan dana pensiun, sehingga lebih mudah bagi para pensiunan yang berusia lanjut.
Fitur ini diharapkan dapat memudahkan peserta dalam melakukan verifikasi klaim dan layanan lainnya kapan saja dan di mana saja melalui ponsel pribadi, tanpa perlu meninggalkan rumah.
Andal by Taspen adalah inovasi yang membawa transformasi digital dalam layanan bagi peserta TASPEN. Inovasi ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir, untuk mengembangkan aplikasi yang ramah pengguna, memudahkan akses layanan publik, dan meningkatkan efisiensi.
Sejak peluncurannya, Andal by Taspen telah diunduh lebih dari 1 juta peserta hingga 9 Januari 2025. Angka ini mencerminkan tingginya minat masyarakat terhadap solusi digital yang ditawarkan oleh TASPEN.
TASPEN tidak pernah meminta peserta untuk mengungkapkan informasi pribadi, seperti nomor rekening atau kata sandi melalui saluran yang tidak resmi. Jadi, hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan TASPEN.
Untuk informasi lebih lanjut terkait Andal by Taspen, peserta dapat menghubungi Call Center di nomor 1500 919 atau mengakses TASPEN Care melalui tcare.taspen.co.id.