BRI Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Sinergi Inovasi dan Tradisi

Bank Rakyat Indonesia
8/11/2025, 10.29 WIB

Bermula dari hobi ngemil keluarga, Erildya Cemilan Family kini menjelma menjadi salah satu kisah sukses UMKM yang lahir dari masa sulit pandemi. Didirikan pada 2020, usaha ini tumbuh berkat kreativitas, ketekunan, dan pembinaan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

“Awalnya karena seluruh keluarga memang hobi ngemil, dan di masa pandemi kami ingin membantu perekonomian keluarga. Dari situlah lahir ide untuk membuat camilan tradisional dengan sentuhan modern,” ujar pemilik Erildya Cemilan Family.

Mengangkat cita rasa lokal dengan kemasan dan varian modern, Erildya Cemilan Family menawarkan produk seperti keripik tempe umpet, kacang kriwil, dan sebring kriukk. Camilan dengan tekstur renyah dan rasa kekinian ini digemari berbagai kalangan.

Namun, perjalanan tidak selalu mudah. Di masa awal, keterbatasan pengetahuan pemasaran menjadi tantangan besar. “Dulu kami hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut atau pesanan lewat WhatsApp. Belum paham cara memasarkan produk secara luas,” katanya.

Perubahan mulai terjadi ketika sang pemilik bergabung dengan Rumah BUMN BRI Jakarta pada 2022, program pemberdayaan yang membantu pelaku UMKM meningkatkan kapasitas usaha melalui pelatihan, pendampingan, dan transformasi digital.

“Saya mendaftar melalui website Rumah BUMN Jakarta, lalu diundang masuk ke grup pelatihan. Saya juga sudah menjadi nasabah BRI sejak lama, bahkan sejak produk Tabungan Tabanas hingga kini menjadi pengguna BritAma,” tuturnya.

Melalui program BRIncubator Lokal 2025, Erildya Cemilan Family mendapatkan pelatihan intensif terkait pengembangan merek dan strategi pemasaran online.

“Lewat pelatihan, saya jadi memahami bagaimana membangun brand usaha, memasarkan produk secara online dan offline, serta memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan penjualan,” tambahnya.

Kini, omzet usaha tersebut telah mencapai Rp7–10 juta per bulan. Tak hanya mengangkat ekonomi keluarga, usaha ini juga membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar.

“Ke depan, saya ingin mengembangkan usaha ini menjadi skala home industry dan membuka lapangan kerja bagi warga yang membutuhkan,” harapnya.

Corporate Secretary BRI Dhanny mengapresiasi semangat dan ketekunan para pelaku UMKM binaan seperti Erildya Cemilan Family.

“Kisah sukses UMKM binaan seperti Erildya Cemilan Family menjadi bukti nyata bahwa semangat pantang menyerah dan pembinaan yang tepat dapat melahirkan pelaku usaha tangguh. BRI berkomitmen terus mendampingi dan mendorong para pelaku UMKM agar naik kelas melalui program seperti BRIncubator melalui Rumah BUMN,” jelas Dhanny.

Ia menambahkan, dukungan BRI tidak sebatas akses pembiayaan, tetapi juga pendampingan menyeluruh untuk menghadapi tantangan digital.

“Kami ingin memastikan setiap pelaku UMKM binaan BRI mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, mengoptimalkan teknologi, dan menjadi bagian penting dari pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya.

Dhanny menegaskan, kisah Erildya Cemilan Family menjadi bukti komitmen BRI untuk terus hadir sebagai sahabat UMKM Indonesia, mendampingi dan tumbuh bersama dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dari akar rumput.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.