Perkuat Layanan Digital, bank bjb Teken Kerja Sama dengan GoTo Financial
Bandung – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) menjalin kerja sama dengan GoTo Financial melalui Midtrans Digital Identity, perusahaan penyedia solusi verifikasi identitas berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).
Kerja sama ini bertujuan memperkuat layanan digital perbankan bag nasabah bank bjb.
Midtrans Digital Identity memiliki teknologi Know Your Customer (KYC) berbasis AI yang secara khusus dilatih untuk kebutuhan atau use case di Indonesia. Teknologi ini mendukung bank bjb dalam memperkuat aspek keamanan finansial dan mempercepat proses layanan bagi nasabah, khususnya mencakup layanan pemindaian eKTP, pemindaian wajah, dan layanan penunjang lainnya.
Kerja sama ini merupakan bagian dari langkah strategis bank bjb dalam memperkuat penerapan prinsip kehati-hatian (prudential banking), manajemen risiko, serta kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, khususnya yang berkaitan dengan penerapan Know Your Customer (KYC), Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT), serta perlindungan konsumen.
Direktur Konsumer dan Retail bank bjb, Nunung Suhartini, mengatakan, “Kolaborasi strategis antara bank bjb dan GoTo Financial, melalui Midtrans Digital Identity menunjukkan komitmen kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada para nasabah kami.
"Ke depan, kami terbuka untuk berkolaborasi lebih luas dengan GoTo Financial, dan GoTo pada umumnya, guna menghadirkan pengalaman perbankan yang lebih handal, cepat dan akurat,” lanjutnya.
Sudhanshu Raheja, Presiden Direktur GoTo Financial mengatakan, “Kami berkomitmen penuh untuk mendukung bank bjb dalam menghadirkan pengalaman digital nasabah tanpa hambatan."
"Di era digital, proses KYC yang handal sangat penting bagi industri layanan keuangan untuk dapat memastikan kepatuhan, menghindari penyalahgunaan, serta memastikan keamanan transaksi. Sebagai perusahaan teknologi anak bangsa, kami berkomitmen untuk membangun ekosistem layanan keuangan digital yang aman, terpercaya, dan inklusif di Indonesia,” urai dia.
Melalui kerja sama strategis ini, bank bjb menegaskan komitmennya untuk terus berinovasi dalam menghadirkan layanan perbankan yang handal, efisien, dan mudah dengan kebutuhan masyarakat, khususnya di wilayah Jawa Barat dan Banten.
Kolaborasi ini menunjukkan bagaimana teknologi finansial dan perbankan dapat berjalan beriringan, menjadi fondasi dalam membangun ekosistem layanan keuangan yang lebih inklusif, efisien, dan inovatif, serta memberikan manfaat nyata bagi masyarakat luas.