Pandemi Covid-19 menyebabkan bergesernya pola konsumsi masyarakat ke kebutuhan pokok seperti produk kesehatan dan bahan makanan. Menurut BPS, konsumsi produk kesehatan meningkat hingga 73,30 persen selama pandemi. Sedangkan konsumsi bahan makanan serta pulsa dan paket data juga meningkat masing-masing 65,80 persen dan 56,60 persen. Adapun konsumsi transportasi umum maupun BBM mengalami penurunan sebesar 42,50 persen dan 42 persen.
Sementara, pengeluaran generasi milenial terbesar digunakan untuk memenuhi kebutuhan bulanan dan menabung. Survei IDN Research Institute dan Alvara Research Center mencatat, sebanyak 51,1 persen pengeluaran dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan bulanan. Sedangkan 10,7 persennya digunakan untuk menabung. Milenial juga mengalokasikan 6,8 persen pengeluarannya untuk berasuransi. Sementara untuk investasi, milenial hanya mengalokasikan sebesar 2 persen dari pengeluarannya. Jadi, manakah pengeluaran yang menjadi pilihan utamamu?