Sepeda motor menjadi moda transportasi yang paling banyak dipilih masyarakat.Survei Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan, 82,7 persen masyarakat cenderung memilih motor untuk membantu mobilisasi mereka.

Sementara sebanyak 44,4 persen memilih transportasi online, 41,3 persen memilih transportasi umum, 35,9 persen memilih mobil, dan 27,7 persen memilih sepeda. Survei yang sama juga menunjukkan, 91,6 persen responden menggap keberadaan sepeda motor penting bagi mereka.

Tak hanya menjadi moda transportasi, kehadiran sepeda motor juga dianggap mampu menciptakan kenangan tersendiri bagi penggunanya. Survei KIC menemukan setidaknya ada lima kenangan yang paling memorable bagi kawula muda dengan sepeda motornya.

Kenangan-kenangan tersebut antara lain bepergian bersama teman (68,6 persen), melakukan perjalanan romantis dengan pasangan (48,2 persen), melakukan perjalanan jauh setelah mendapatkan SIM (46,6 persen), belajar mengendarai motor (38,3 persen), dan berkendara di alam terbuka (34,2 persen). Sebanyak 89,7 persen responden menganggap kenangan tersebut penting.

Sementara terkait brand sepeda motor, Honda dianggap sebagai pabrikan motor lintas generasi. Sebanyak 75 persen responden mengaku menggunakan Honda saat masih kecil. Sementara 74 persen menggunakan Honda saat remaja dan 75 persen mengaku akan tetap memilih Honda hingga 10-15 tahun ke depan.