5 Cara Beli Emas Antam

Emas Antam adalah logam mulia yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk alias Antam dengan kadar kemurnian tertinggi 99.99% . Berikut 5 cara beli emas Antam.
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Pegadaian jadi salah satu alternatif beli emas Antam.
31/8/2021, 21.25 WIB

Emas menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Nilainya yang cenderung stabil dan kebal dari gerusan inflasi, membuat emas tidak kalah saing dengan instrumen investasi lainnya. Emas keluaran PT Aneka Tambang Tbk alias Antam menjadi salah satu produk emas populer yang banyak dipilih investor.

Menurut laman Aneka Logam, emas Antam merupakan logam mulia yang diproduksi perusahaan tambang emas Tanah Air Antam, dengan kadar kemurnian tertinggi 99,99%. Produknya juga telah diakui secara global dan memperoleh sertifikasi London Bullion Market Association (LBMA). Edisi terbaru telah dilengkapi dengan kemasan certicard agar memudahkan pengecekan keaslian logam mulia.

Harga emas Antam mengalami pergerakan stabil dengan kecenderungan naik, berbeda dari investasi saham yang pergerakannya sangat fluktuatif dan punya risiko tinggi. 

Untuk memudahkan dan memperlancar proses pembelian emas Antam, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus diketahui, yaitu:

  • Pembeli bisa menggunakan ekspedisi yang bekerja sama dengan UBPP LM untuk transaksi dengan nilai mencapai Rp 100 juta.
  • Transaksi dengan nilai lebih dari Rp 20 juta bisa melakukan pengambilan ke Butik Emas Logam Mulia terdekat dengan syarat tidak dikuasakan, serta membawa identitas asli beserta bukti transaksi.
  • Pengambilan emas ke Butik Emas Logam Mulia dibatasi selama 7 hari kalender setelah transaksi berhasil.

Lalu bagaimana cara beli emas Antam?

Cara Beli Emas Antam

Advertising
Advertising

Untuk membeli emas Antam bisa lewat beberapa cara, seperti mengunjungi langsung butik Antam, situs Logam Mulia, WhatsApp Logam Mulia, Pegadaian, atau melalui aplikasi investasi lainnya.

Cara Beli Emas Antam di Butik Antam

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membeli emas Antam yakni langsung mengunjungi butik Antam terdekat. Saat ini butik sudah tersebar di beberapa wilayah seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Bali, Medan, Palembang, dan masih banyak lagi.

Layanan Butik Antam dibuka setiap Senin - Jumat mulai pukul 09.00 sampai 13.00. Namun sejak pandemi  beberapa butik menerapkan kebijakan pembatasan, hingga melakukan penutupan.

Beberapa prosedur perlu disiapkan calon pembeli sebelum mengunjungi butik Antam. Pertama, mengecek harga emas harian dan ketersedian produk melalui website logammulia.com atau anekalogam.co.id. Langkah lainnya juga bisa dengan menghubungi butik Antam di wilayah terdekat.

Selanjutnya, jika produk yang ingin dibeli tersedia, Anda bisa mendatangi butik Antam dan mengambil nomor antrean. Serahkan beberapa dokumen yang diminta seperti KTP atau tanda pengenal lainnya, dan ikuti instruksi petugas hingga selesai.

Cara Beli Emas Antam di Website Logam Mulia

Kalau ingin lebih praktis, pembelian emas Antam bisa dilakukan melalui website resmi Logam Mulia di logammulia.com. Logam mulia menawarkan beragam ukuran emas batangan mulai dari 0,5 gram sampai 1.000 gram.

Adapun langkah-langkah membeli emas Antam di website Logam Mulia, sebagai berikut:

  • Buka laman logammulia.com dan buat akun berdasarkan data diri.
  • Selanjutnya, klik Ubah Lokasi dan pilih lokasi tujuan terdekat.
  • Pilih jenis produk yang diinginkan, kemudian klik Beli Emas.
  • Situs Logam Mulia menyediakan berbagai pilihan produk, pilih produk yang diinginkan dan klik Tambahkan ke Keranjang.
  • Usai memilih produk yang diinginkan, klik Check Out Now dan pilih metode pembayaran transfer bank melalui virtual account.
  • Lanjutkan dengan klik Saya Menyetujui Syarat dan Ketentuan Logam Mulia.
  • Klik Bayar Sekarang.
  • Investor akan diberikan waktu 45 menit untuk menyelesaikan pembayaran.
  • Setelah proses pembayaran selesai, emas akan dikirim ke alamat yang sudah ditentukan dalam waktu 3-5 hari kerja.

Cara Beli Emas Antam di WhatsApp Logam Mulia

Selain melalui website, pembelian emas Antam juga bisa dilakukan melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp Logam Mulia. Tiap investor bisa memilih nomor whatsApp Logam Mulia terdekat dari tempat tinggal atau kota mereka masing-masing. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Kontak admin WhatsApp yang beroperasi setiap Senin, Rabu, dan Jum’at mulai pukul 09.00 sampai 14.00.
  • Lengkapi formulir data diri yang diminta, kemudian perhatikan tata cara pembeliannya.
  • Pilih produk emas yang ingin dibeli dan selesaikan proses pembayaran.
  • Produk emas yang sudah dibeli, wajib diambil sendiri di butik Antam dalam kurun waktu kurang dari 7 hari.
  • Apabila investor tidak mengambil pesanannya dalam kurun waktu tersebut, maka pihak Antam berhak melakukan buyback.

Berikut nomor WhatsApp resmi Antam di beberapa daerah:

LM Pulo Gadung, Jakartawa.logammulia.com/grahadipta
LM Bandungwa.logammulia.com/bandung
LM Gedung Antam, Jakartawa.logammulia.com/gdantam
LM Makassarwa.logammulia.com/makassar
LM Medanwa.logammulia.com/medan
LM Banjarmasinwa.logammulia.com/banjarmasin
LM Medanwa.logammulia.com/medan
LM Surabaya Pemudawa.logammulia.com/sbypemuda
LM Palembangwa.logammulia.com/palembang
LM Balikpapanwa.logammulia.com/balikpapan
LM Semarangwa.logammulia.com/semarang
LM Denpasarwa.logammulia.com/bali
LM Yogyakartawa.logammulia.com/yogyakarta
LM Surabaya CITOwa.logammulia.com/sbycito

 

Silahkan salin alamat WhatsApp tersebut di laman pencarian ponsel atau komputer Anda. Nantinya, Anda akan dialihkan ke pilihan mengunduh WhatsApp atau menggunakan situs WhatsApp.

Kirim sejumlah bukti identitas diri. Selanjutnya Anda akan menerima formulir pemesanan dan informasi nomor virtual account untuk melakukan pembayaran. Kemudian, selesaikan seluruh prosedur transaksi emas Antam melalui WhatsApp.

Cara Beli Emas Antam di Pegadaian

Investasi emas Antam juga bisa dilakukan dengan membuka rekening tabungan emas Pegadaian dengan minimal saldo 0,1 gram. Ada beberapa metode pembelian yang bisa dipilih untuk bisa memiliki emas Atam di Pegadaian, seperti mendatangi langsung outlet Pegadaian, serta memesan lewat aplikasi Pegadaian Digital, dan Agen Pegadaian.

Cara Beli Emas Antam di Aplikasi Investasi

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk membeli emas Antam adalah melalui aplikasi investasi online. Berikut beberapa aplikasi yang menyediakan pembelian emas Antam:

  • Lakuemas
  • Pluang
  • Treasury
  • Sharia Coin
  • Tamasia