Setiap orang pastinya ingin memiliki rambut yang sehat, kuat, dan berkilau. Banyak orang biasanya mengandalkan produk-produk perawatan seperti sampo, kondisioner, dan lainnya untuk mewujudkan hal tersebut.

Namun ternyata, memakai produk-produk tidaklah cukup untuk menjaga kesehatan rambut. Pasalnya, sama seperti anggota tubuh yang lain, rambut juga membutuhkan nutrisi agar tetap sehat.

Beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut adalah vitamin B6, vitamin B7 atau biotin, vitamin B12, asam folat, dan protein.

Adapun nutrisi tersebut bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan tertentu. Lantas, apa saja rekomendasi makanan agar rambut bagus yang bisa dikonsumsi?

Berikut di bawah ini ulasan lengkapnya.

Rekomendasi Makanan agar Rambut Bagus

Berikut ini tujuh rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi agar rambut tetap sehat dan bagus.

1. Ikan Berlemak

Rekomendasi Makanan agar Rambut Bagus (Instagram/salmonbymuci)

 

Rekomendasi makanan yang pertama yaitu ikan berlemak yang dapat menyehatkan rambut. Adapun ikan berlemak yang bisa dikonsumsi yaitu salmon, tuna, sarden, dan mackarel yang mengandung sumber asam lemak tidak jenuh (omega-3).

Penelitian sendiri telah membuktikan bahwa omega-3 termasuk sebagai jenis asam lemak yang terbukti dapat mengurangi rambut rontok.

Tidak hanya omega-3, ikan berlemak juga kaya akan zat besi dan vitamin B12 yang berperan penting untuk kesehatan rambut. 

Bila tidak menemukan ikan salmon di pasar atau supermarket, Anda bisa mengonsumsi Ikan kembung yang lebih mudah diperoleh sebagai gantinya karena jenis ikan ini juga mengandung omega-3 yang cukup tinggi. 

2. Telur

Rekomendasi Makanan agar Rambut Bagus (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/Spt.)

 

Makanan berikutnya yang bisa dikonsumsi agar rambut bagus yaitu telur. Pasalnya, makanan ini kaya akan vitamin A, vitamin E, biotin, dan folat yang dapat menjaga rambut tetap sehat dan tebal.

Bagian kuning telur juga mengandung beragam vitamin yang mungkin bisa membuat rambut lebih tahan terhadap kerusakan, khususnya pada rambut yang kering. 

Tidak hanya vitamin tersebut, telur juga banyak mengandung zat besi dan protein. Di samping itu, telur juga kaya vitamin B yang disebut biotin yang membantu proses pertumbuhan rambut. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan rambut rontok. 

Kandungan berikutnya yang ada pada telur yaitu biotin yang berpotensi untuk merangsang memproduksi keratin, sejenis protein yang menjadikan rambut tumbuh lebih lebat dan berkilau.

3. Pisang

Rekomendasi Makanan agar Rambut Bagus (Pixabay)

 

Ada berbagai buah yang bisa dikonsumsi agar membuat rambut tetap bagus. Salah satunya yaitu pisang yang mengandung potassium untuk membantu rambut lebih lembut dan mudah diatur. 

Buah pisang juga dapat melindungi rambut dari kerusakan dan ujung yang bercabang.

Selain itu, pisang juga mengandung biotin dan vitamin B6 yang diketahui dapat membuat rambut lebih berkilau, tebal, dan kuat, sehingga bebas dari rontok.

Dengan demikian, rambut bisa tampak lebih sehat dan terbebas dari berbagai masalah lainnya.

4. Bayam

Rekomendasi Makanan agar Rambut Bagus (Unsplash)

 

Rambut yang bagus juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi sayuran tertentu. Salah satunya yaitu bayam yang cukup sering ditemui dan biasa diolah menjadi berbagai masakan.

Seperti sayuran hijau pada umumnya, bayam kaya akan zat gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Sayuran ini kaya akan vitamin A, zat besi, beta-karoten, folat, dan vitamin C yang dapat mencegah kerapuhan pada rambut.

Selain itu, kandungan gizi pada bayam ini juga dapat menjaga rambut lembap dan lentur. Dengan demikian,  rambut tidak akan mudah patah atau pecah-pecah.

Agar kesehatan terjaga lebih optimal, tidak ada salahnya juga untuk mengonsumsi makanan sejenis seperti sawi, kangkung, dan katuk.

5. Wortel

Rekomendasi Makanan agar Rambut Bagus (Pexels/Mali Maeder)

 

Selain bayam, sayuran lainnya yang bisa dikonsumsi untuk kesehatan rambut lainnya yaitu wortel yang kaya akan nutrisi. Hal ini dikarenakan wortel kaya akan vitamin A dan beta karoten yang dapat membantu pertumbuhan rambut jadi lebih cepat.

Tidak hanya itu, kandungan ini juga mampu memperkuat rambut agar tidak mudah patah dan rontok. Manfaat lainnya dari Vitamin A pada wortel yaitu dapat menjaga minyak alami di rambut, dan menjaga kulit kepala dalam kondisi prima.

Menurut ahli, makanan yang kaya vitamin A dan nutrisi pendahulunya, seperti karotenoid, juga membantu melindungi rambut dan kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

6. Greek Yogurt

Rekomendasi Makanan agar Rambut Bagus (Freepik)

 

Rekomendasi makanan selanjutnya yang bisa dikonsumsi yaitu greek yogurt atau yogurt yunani yang kaya akan protein, produk susu ini juga mengandung vitamin B5 atau asam pantotenat.

Kandunag vitamin B5 ini dapat membantu melawan penipisan dan kerontokan rambut.  Selain itu, vitamin B5 juga membantu melancarkan aliran darah menuju kulit kepala dan mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

Itulah sebabnya asam pantotenat banyak digunakan pada produk-produk perawatan rambut. 

Selain itu, greek yogurt juga memiliki bahan yang membantu melancarkan aliran darah ke kulit kepala dan pertumbuhan rambut. 

7. Oat

Rekomendasi Makanan agar Rambut Bagus (Freepik)

 

Terakhir, ada oat yang bisa dikonsumsi karena kaya akan seng, biotin, magnesium, dan kalium yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah rambut, seperti rambut kering, rontok, dan kulit kepala gatal.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, para ahli menyarankan untuk mengendapkan oat sebelum mengonsumsinya.

Setelah itu, campurkan oat dengan susu dan biarkan semalaman. Esok harinya, konsumsi oat seperti biasa.

Selain itu, manfaat oat juga bisa diperoleh dengan menjadikannya sebagai masker rambut. Caranya yaitu campurkan oatmeal dengan susu segar dan minyak almond hingga teksturnya mengental.

Kemudian, aplikasikan campuran tersebut ke rambut hingga merata dan tunggu sekitar 15-20 menit. Jika sudah, bilas rambut hingga tidak ada sisa masker yang masih menempel.

Demikian ulasan lengkap mengenai tujuh rekomendasi makanan agar rambut bagus yang bisa dikonsumsi karena mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut.