7 Doa agar Hujan Berhenti yang Bisa Diamalkan

Pexels
Ilustrasi, hujan deras.
Editor: Agung
23/6/2023, 13.11 WIB

Hujan merupakan rahmat dari Allah SWT yang bermanfaat untuk seluruh mahluk di bumi, baik itu manusia, hewan, hingga tumbuhan. Namun, ada kalanya hujan disertai angin yang kencang hingga petir yang dapat menyebabkan bencana alam, mulai dari banjir, tanah longsor, dan lainnya.

Sebagai umat Muslim, Anda bisa mencegah hal tersebut dengan memanjatkan doa. Pada saat yang sama, Anda juga bisa meminta perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT agar terhindari dari keburukan bencana.

Terdapat beberapa doa meminta hujan berhenti yang bisa Anda panjatkan. Berikut di bawah ini informasi lengkapnya.

Doa agar Hujan Berhenti

Berikut ini tujuh doa yang bisa dipanjatkan agar hujan berhenti.

Doa Agar Hujan Berhenti (Pexels)

1. Doa agar Hujan Reda Rasulullah SAW

Ini merupakan doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah SAW agar hujan berhenti dan tidak menjadi bencana. Ini merupakan doa agar hujan tetap sebagaimana fungsinya yakni sebagai rahmat bagi seluruh makhluk hidup.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَ

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan,” (HR Bukhari Muslim).

2.  Doa agar Hujan Berhenti Nabi Nuh AS

Pada masa Nabi Nuh AS, Allah SWT menurunkan hujan deras sampai banjir bandang. Namun, Allah SWT menghentikan hujan agar Nabi Nuh AS dan kaumnya selamat. 

Doa turun hujan nabi nuh

Cerita Nabi Nuh AS tertuang dalam Al-Qur`an, yakni Surat Hud ayat 44. Penggalan ayat dalam surat tersebut bisa dibaca sebagai doa agar hujan berhenti.

وَقِيلَ يَا أَرْضُ ابْلَعِي مَاءَكِ وَيَا سَمَاءُ أَقْلِعِي وَغِيضَ الْمَاءُ وَقُضِيَ الْأَمْرُ وَاسْتَوَتْ عَلَى الْجُودِيِّ ۖ وَقِيلَ بُعْدًا لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Artinya: "Dan difirmankan: 'Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah,' dan air pun disurutkan, perintah pun diselesaikan dan bahtera itu pun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: Binasalah orang-orang yang zalim."

3. Doa Ketika Hujan Sedang

Berikut ini doa yang bisa dibaca ketika hujan turun dengan intensitas sedang, tidak ada petir atau angin kencang:

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shayyiban haniyya wa sayyiban nafi'a

Artinya: "Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat."

4. Doa Ketika Turun Hujan Disertai Angin Kencang

Imam Muslim dalam salah satu hadis meriwayatkan bahwa saat hujan disertai angin kencang Rasulullah SAW membaca sebuah doa angin kencang berikut ini:

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Allaahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih

Artinya: Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.

Doa Agar Hujan Berhenti (Unsplash)

5. Doa Ketika Turun Hujan dan Petir

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: “Maha Suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbillah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepadaNya.”

Diriwayatkan juga oleh Abdullah bin Umar dan ayahnya, Umar bin Al-Khattab R.A. bahwa ketika Nabi s.a.w. akan mendengar suara guntur, dia akan berkata: 

اللَّهُمَّ لاَ تَقْتُلْنَا بِغَضَبِكَ وَلاَ تُهْلِكْنَا بِعَذَابِكَ وَعَافِنَا قَبْلَ ذَلِكَ

Allahumma la taqtulna bi-ghadobika, wa-la tuhlikna bi-’adhabika, wa-’afina qabla dhalik

Artinya: "Ya Allah, jangan bunuh kami dengan murka-Mu, dan jangan hancurkan kami dengan hukuman-Mu, dan maafkan kami sebelum itu" (H.R. At-Tirmidzi)

6. Doa agar Terhindar dari Bahaya Hujan Deras

Bukan hanya memanjatkan doa agar hujan berhenti dan cuaca cerah, doa ini juga bisa dipanjatkan agar terhindar dari segala bahaya yang mungkin terjadi saat hujan.

Dalam hadist yang diriwayatkan dari Utsman bin Affan RA, Rasulullah SAW bersabda:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi la yadhurru ma'asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami'ul 'alim

Artiny: “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di Bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” (HR Abu Daud dan Tirmidzi).

7. Doa Ketika Hujan

Selain membaca doa agar hujan reda, Anda juga bisa membaca doa memohon saat hujan yang paling umum.

Berikut ini bacaan doa yang bisa  dilafalkan,

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shoyyiban nafi’an

Artinya: "Ya Allah turunkanlah kepada kami hujan yang memberi manfaat.