Kumpulan Doa agar Cepat Dapat Kerja

Pexels
Editor: Safrezi
17/4/2024, 15.23 WIB

Untuk memperoleh hal yang diinginkan, termasuk pekerjaan, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan berbagai ikhtiar. Salah satunya yaitu dengan memanjatkan doa agar jalan yang ditempuh diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Allah SWT.

Doa ini sendiri dapat dilantunkan umat Muslim setelah sholat atau dalam waktu-waktu yang mustajab. Lantas, apa doa agar cepat dapat kerja yang bisa dibaca umat Muslim? Berikut di bawah ini informasinya.

Doa agar Cepat Dapat Kerja (Pexels)

Doa agar Cepat Dapat Kerja

Dilansir dari NU Online, berikut ini doa agar cepat dapat kerja yang bisa dibaca:

بِسْمِ اللهِ عَلَى نفَسِي وَمَالِي وَدِيْنِي . اَللَّهُمَّ رَضِّنِ ى بِقَضَائِكَ وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ عَلَيْهِ حَتَّى لا اُحِبُّ تَعْجِيْلَ مَااَخَّرْتَ وَلاَتَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

Bismillahi 'alaa nafsi wa maalii wa diini. Alloohumma rodhdhini bi qodhooika wa baarik lii fi maaquddiro' alaihi hatta laa uhibbu ta'jiila maa akhkhor ta walaa ta'khiiro maa 'ajjalta.

Artinya:

"Dengan nama Allah, semoga Engkau menjaga diri kami, harta kami dan agama kami. Wahai Allah, ridailah kami dari ketetapan-Mu dan berilah berkah kepada kami pada segala apa yang telah Engkau putuskan sehingga kami tidak suka apa yang Engkau mempercepatkan apa yang Engkau akhirkan dan tidak pula menyukai mengakhirkan apa yang Engkau cepatkan."

Selain doa, berikut ini merupakan rangkaian amalan yang dianjurkan Rasulullah SAW kepada para sahabatnya untuk melancarkan pintu-pintu rezeki.

Disebutkan bahwa amalan doa berikut sebaiknya tidak luput untuk dibacakan, terutama selepas salat Subuh dengan jumlah yang tidak dikurangi.

Berikut bacaannya:

  • La ilaha ilallah. Almalikul haqqul mubin (dibaca 100 setiap hari 100 kali).
  • Subhanallahi wa bihamdih, subhanallahil adzim, astaghfirullahal adzim (dibaca 100 setiap hari 100 kali).
  • Setiap hendak melakukan kegiatan atau berpergian untuk menjemput rezeki, awali dengan basmalah, lalu dilanjutkan dengan membaca doa-doa memohon kemudahan rezeki

Doa Dapat Kerja Lainnya

Berikut ini lima doa lainnya yang bisa dibaca umat Muslim agar bisa segera mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

1. Doa Agar Mendapatkan Pekerjaan Terbaik

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma inni as aluka ‘ilman naafi’aa wa rizqan toyyibaa wa ‘amalan mutaqabbalaa.

Artinya: 

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima." (Shahih, HR. Ahmad, IV/322).

2. Doa Mendapatkan Pekerjaan yang Diinginkan

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي ، وَوَسِّعْ لِي فِي خُلُقِي ، وَطَيِّبْ لِي كَسْبِي ، وَقَنِّعْنِي بِمَا قَسَمْتَ لِي ، وَلا تَذْهَبْ بِنَفْسِي إِلَى شَيْءٍ قَدْ صَرَفْتَهُ عَنَى.

Allahumma ‘irghfir dzanbi wawassi’ khuluqi wa thayyib li kasabi wa qanni’ni bima razaqtani wala tadzhab qalbi ila sya’in sharraftahu ‘anni.

Artinya: 

“Ya Allah, ampunillah dosaku, muliakanlah akhlakku, berikanlah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku bersyukur saat menerima apa pun yang Engkau anugerahkan kepadaku, dan janganlah Engkau buatku mengingat sesuatu yang telah Engkau palingkan dariku." (HR. Ibnu An-Najjar).

Doa agar Cepat Dapat Kerja (Pexels)

 

3. Doa Diberikan Kemudahan Mencari Pekerjaan

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa

 Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.” (Shahih, HR. Ibnu Hibban, 3/225).

4. Doa untuk Pintu Kenikmatan

اللهم افتح لنا أبواب الخير وأبواب البركة وأبواب النعمة وأبواب القوة وأبواب الصحة وأبواب السلامة وأبواب الجنة

Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni'mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal 'āfiyah, wa abwābal jannah.

Artinya: 

“Ya Allah, bukakanlah atas kami; pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga.

Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah."

5. Doa Meminta Hajat

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Robbi inni lima anzalta ilayya min khairin faqir.

Artinya: 

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku sangat berhajat kepada rezeki pemberian yang Engkau berikan.” (Al-Qashash: 24).

Demikian informasi mengenai doa agar cepat dapat kerja serta doa lainnya yang bisa dibaca umat Muslim sesuai kebutuhan. Selain memanjatkan doa di atas, umat Muslim juga perlu mengimbanginya dengan usaha agar bisa memperoleh pekerjaan yang diimpikan.