3 Cara Mengecek Masa Aktif Kartu Telkomsel dengan Mudah dan Cepat

TELKOMSEL.COM
Ilustrasi, pengguna kartu Telkomsel.
Editor: Agung
20/10/2022, 10.03 WIB

Masa aktif kartu Telkomsel menjadi hal yang cukup krusial. Sebab, jika kartu Telkomsel habis masa aktifnya, maka pengguna tidak dapat melakukan panggilan menggunakan pulsa, mengirim pesan pendek atau SMS, maupun membeli paket data. Oleh karena itu perlu mengetahui cara mengecek masa aktif kartu Telkomsel.

Perlu diketahui, kartu Telkomsel juga memiliki masa tenggang selama 30 hari. Artinya, jika masa aktif kartu sudah habis, pengguna masih bisa menerima panggilan dan pesan, tetapi tidak bisa melakukan panggilan atau mengirim pesan. Jika yang terjadi demikian, pengguna Telkomsel harus memperpanjang masa aktif.

Agar kartu Telkomsel tetap bisa digunakan, maka pengguna harus mengetahui masa aktif kartu. Ini untuk mencegah kartu memasuki masa tenggang, dan pengguna tidak bisa melakukan panggilan, atau mengirim pesan.

Cara Mengecek Masa Aktif Kartu Telkomsel

Cara mengecek masa aktif kartu Telkomsel dapat dilakukan dengan mudah. Untuk melakukannya, Telkomsel telah menyediakan tiga cara, yakni lewat USSD Menu Browser, atau UMB, melalui aplikasi MyTelkomsel, dan via Asisten Virtual Telkomsel.

1. Cara Mengecek Masa Aktif Kartu Telkomsel Melalui UMB

Untuk mengecek masa aktif kartu Telkomsel melalui UMB, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pada menu panggilan, tekan *888# pada keypad.
  • Setelah itu, klik ‘Dial’ atau ‘Call’ dan tunggu beberapa saat.
  • Informasi sisa pulsa dan masa aktif akan tampil pada layar.

2. Cara Mengecek Masa Aktif Kartu Telkomsel Melalui MyTelkomsel

Aplikasi MyTelkomsel juga dapat digunakan untuk mengecek masa aktif kartu Telkomsel. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Download aplikasi MyTelkomsel melalui AppStore atau PlayStore.
  • Buka aplikasi MyTelkomsel dan tunggu beberapa saat.
  • Pastikan login dengan akun pengguna yang benar.
  • Pulsa Telkomsel dan masa aktif kartu Telkomsel akan tampil di bagian atas layar.

3. Cara Mengecek Masa Aktif Kartu Telkomsel Melalui Asisten Virtual Telkomsel

Untuk mengecek masa aktif kartu Telkomsel melalui asisten virtual, caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke situs resmi Telkomsel, di telkomsel.com.
  • Scroll ke bawah hingga muncul Asisten Virtual Telkomsel.
  • Ketik ‘Hai’ di kolom chat.
  • Ketik ‘Cek Pulsa’ di kolom chat tersebut.
  • Tunggu Asisten Virtual Telkomsel memproses informasi.
  • Asisten Virtual Telkomsel akan memberikan informasi pulsa tersisa dan masa aktif nomor pengguna.

Ketiga cara mengecek masa aktif kartu Telkomsel tersebut dapat dilakukan dengan mudah. Pengguna pun dapat melakukan langkah-langkah untuk mencegah maupun mengatasi habisnya masa aktif, dengan melakukan isi ulang pulsa atau melakukan pembelian paket apapun untuk memperpanjang masa aktifnya agar dapat selalu digunakan.

Bagaimana jika kartu Telkomsel sudah melewati masa aktif dan masa tenggang? Jika ini yang terjadi, maka maka nomor yang digunakan akan hangus/expired sehingga nomor tersebut tidak dapat diisi ulang pulsa atau paket.

Untuk menggunakan atau mengaktifkan kembali nomor yang telah hangus, pelanggan dapat melakukan reaktivasi nomor melalui *888*89# atau berkunjung ke GraPARI terdekat.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel

Agar kartu Telkomsel tidak hangus, maka pengguna harus segera memperpanjang masa aktif. Caranya, dengan membeli paket masa aktif atau melakukan pengisian pulsa secara rutin.

Paket Masa Aktif sendiri, adalah paket spesial untuk memperpanjang masa aktif kartu PraBayar. Paket Masa Aktif ini, berlaku kumulatif maksimal sampai dengan 365 hari, khusus untuk kartu Telkomsel PraBayar, terhitung sejak tanggal aktif terakhir pada kartu Telkomsel PraBayar.

Cara membeli dan mengaktifkan Paket Masa Aktif ini, adalah sebagai berikut:

1. Melalui UMB *500*05#

Untuk membeli Paket Masa Aktif melalui UMB *500*05#, cara yang harus dilakukan, antara lain:

  • Mengetikkan *500*05# di menu panggilan.
  • Klik paket yang diinginkan:
    - 5 hari aktif dengan harga Rp2.000
    - 10 hari aktif dengan harga Rp4.000
    - 15 hari aktif dengan harga Rp6.000
    - 30 hari aktif dengan harga Rp12.000
    - 90 hari aktif dengan harga Rp30.000
    - 180 hari aktif dengan harga Rp59.000
    - 360 hari aktif dengan harga Rp115.000
  • Klik nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, atau 7.
  • Balas dengan “1.Ya” untuk konfirmasi transaksi.

2. Melalui UMB *888#

Untuk membeli Paket Masa Aktif melalui UMB *888#, cara yang harus dilakukan, antara lain:

  • Mengetikkan *888# di keypad pada menu panggilan.
  • Klik paket yang diinginkan:
    - 5 hari aktif dengan harga Rp2.000
    - 10 hari aktif dengan harga Rp4.000
    - 15 hari aktif dengan harga Rp6.000
    - 30 hari aktif dengan harga Rp12.000
    - 90 hari aktif dengan harga Rp30.000
    - 180 hari aktif dengan harga Rp59.000
    - 360 hari aktif dengan harga Rp115.000
  • Klik nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, atau 7.
  • Balas dengan “1.Ya” untuk konfirmasi transaksi.

3. Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Pembelian Paket Masa Aktif kartu Telkomsel juga dapat dilakukan melalui aplikasi MyTelkomsel. Berikut ini cara yang harus dilakukan:

  • Klik halaman “Belanja”.
  • Klik kategori “Internet”.
  • Klik “Paket Masa Aktif/Extension Package”.
  • Konfirmasi transaksi Pengguna Telkomsel.
  • Khusus untuk pembelian Paket Masa Aktif melalui MyTelkomsel, Pengguna Telkomsel juga akan mendapatkan NSP gratis selama 30 hari. NSP tidak akan diperpanjang otomatis setelah masa aktif NSP berakhir.

Sebagai informasi, selain melalui tiga cara di atas, pengguna kartu Telkomsel juga dapat memperpanjang masa aktif dengan membeli Paket Masa Aktif di outlet terdekat.

Selain itu, cara paling mudah untuk memperpanjang masa aktif, adalah melalui pembeliahn pulsa sebelum masa aktif berakhir. Pembelian pulsa ini dapat dilakukan melalui beberapa kanal. Misalnya, melalui e-commerce, outlet penjual pulsa, melalui Aplikasi MyTelkomsel, melalui mnimarket.