8 Cara Mengatur Keuangan Pribadi agar Dapat Memenuhi Kebutuhan Satu Bulan

Pexels
Cara Mengatur Keuangan Pribadi
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Safrezi
7/10/2024, 19.05 WIB

Cara mengatur keuangan pribadi menjadi informasi yang penting dipahami. Terkadang uang yang dimiliki saat ini, belum cukup hingga akhir bulan, sehingga perlu menyisakan uang untuk tabungan.

Cara mengatur uang bulanan menjadi ilmu dasar sebelum memutuskan berumah tangga. Ketika masih single, biasanya sulit mengelola keuangan. Mengatur keuangan pribadi bisa dimulai dari gaji kecil, sedang hingga besar agar tetap cukup.

8 Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Cara Mengatur Keuangan Pribadi (Pexels)

Cara mengatur keuangan pribadi diperlukan agar memiliki arus keuangan yang lancar. Anda hanya perlu mengatur keuangan dengan tepat, dan efektif. Berikut cara mengaturnya:

1. Susun Anggaran Keuangan

Cara pertama, susun anggaran keuangan untuk satu bulan ke depan. Pisahkan pos kebutuhan, dan keinginan. Tetapkan jenis pengeluaran mana yang termasuk keinginan, dan kebutuhan. Termasuk jika harus kumpul dengan teman satu bulan sekali. Anda tetap harus menulis berapa pengeluaran saat akan pergi bersama teman.

2. Membedakan Kebutuhan dengan Keinginan

Sebelum menyusun rencana keuangan, hingga menentukan metode pengelolaan keuangan pribadi. Langkah awal mengelola keuangan yang fundamental, yaitu mengetahui mana hal yang dibutuhkan, dan diperlukan.

3. Pertimbangkan Kemampuan Finansial jika Ingin Berutang, atau Mencicil

Lihatlah rencana keuangan untuk pos utang, atau mencicil. Misalnya tentukan pos untuk cicil, atau utang hanya 10% dari total penghasilan. Ketika pos cicilan, dan tabungan terpenuhi, tunda barang selanjutnya untuk dibeli, hingga cicilan saat ini lunas.

4. Bijak Menggunakan Kartu Kredit dan Paylater

Atur total pelunasan kartu kredit, atau paylater sesuai yang telah ditetapkan di awal perencanaan keuangan. Meski mempunyai pos keuangan sendiri untuk melunasi kartu kredit, dan paylater, Anda harus tetap bijak dalam menggunakannya.

5. Persiapkan Dana Darurat dan Tabungan

Meski memiliki asuransi kesehatan, dan produk asuransi lainnya, menyiapkan dana darurat tetap penting. Persiapkan dana darurat, dan tabungan karena penggunaan kedua dana ini berbeda.

6. Membuat Wishlist untuk Beberapa Periode

Cara mengatur keuangan pribadi berikutnya membuat wishlist untuk beberapa periode. Selain menabung, tidak dipungkiri Anda yang bekerja ingin memiliki properti, atau barang tertentu sebagai bukti, dan hasil kerja keras selama ini.

Misalnya dalam 5 tahun ke depan akan membeli rumah, atau akan merenovasi rumah, hingga impian pergi umroh dan haji. Tidak ada salahnya mewujudkan impian tersebut, dan mungkin saja tercapai jika mengelola keuangan secara benar, dan tepat. Susun daftar impian, termasuk periode mendapatkannya.

7. Bersedekah dan Beramal

Masukkan pos sedekah dan beramal dalam perencanaan keuangan agar rezeki yang diperoleh selalu mendapat keberkahan dari Allah SWT. Menyalurkan sedekah, zakat, infaq, wakaf, dan donasi dapat dilakukan secara online.

8. Mencari Penghasilan Tambahan

Apabila mempunyai wishlist khusus dalam beberapa tahun ke depan, atau mengambil rumah KPR, tapi membutuhkan uang muka, Anda bisa cari penghasilan tambahan. Ada banyak cara mendapat penghasilan tambahan, misalnya mengambil pekerjaan patruh waktu, atau freelance di luar pekerjaan tetap. Alternatif lainnya melakukan investasi pada instrumen tertentu.

Demikian beberapa cara mengatur keuangan pribadi yang dapat dipertimbangkan agar penghasilan cukup untuk satu bulan ke depan. Istilah menabung mungkin tidak asing di dengar di telinga, karena sudah dijalankan sejak kecil.