Memahami Ciri-ciri Komik, Beserta Pengertian dan Jenisnya

Instagram.com/jukihoki
Ilustrasi Komik
Editor: Intan
19/12/2022, 10.55 WIB

Komik identik dengan gambar kartun dan percakapan dalam bentuk balon. Dahulu komik dibaca dalam bentuk buku, seperti novel. Komik juga ada dalam koran dan majalah, di bagian halaman tertentu.

Sekarang komik telah berkembang. Anda bisa membaca komik di komputer, ponsel, dan tablet yang terhubung ke internet. Kemajuan teknologi membuat komik digital mudah diakses. Komik digital ini dapat dibaca secara online melalui gawai.

Komik adalah karya seni yang membutuhkan persepsi, karena keunikan seni naratif dan visual. Mengutip  buku Kota Urban Jakarta dalam Komik  karya Zaldy, pembaca komik membutuhkan persepsi visual dan narasi dalam imajinasi. Berbeda dengan novel, komik menyajikan visual yang bisa dilihat oleh pembaca. Jadi, tak hanya tulisan saja yang dilihat oleh pembaca.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komik adalah cerita bergambar yang lucu dan mudah dicerna. Cerita bergambar ini diilustrasikan untuk mendeskripsikan alur cerita.

Ciri-ciri Komik

Mengutip dari Gramedia.com, berikut ciri-ciri komik:

1. Watak

Dalam komik terdapat penggambaran watak tokoh. Penggambaran watak ini bertujuan memudahkan pembaca. Watak tokoh dalam komik dijelaskan sederhana dan menarik untuk ditampilkan.

2. Sifat Proporsional

Ketika membaca komik, pembaca akan terbawa perasaan dan emosional. Sifat proporsional inilah yang ada dalam penceritaan komik.

3. Bahasa Percakapan

Komik menampilkan gambar dan bahasa percakapan yang mudah dipahami. Sebagai karya seni, alur cerita dalam komik menggunakan bahasa sehari-hari. Bahasa percakapan ini bertujuan untuk dipahami oleh pembaca.

4. Humor

Dalam komik terdapat humor yang terselip di cerita. Humor ditujukan supaya pembaca terhibur ketika membaca komik.

5. Sikap Pahlawan

Dalam komik terdapat tokoh yang memiliki sikap pahlawan. Umumnya sikap ini ada di pemeran utama. Sikap pahlawan ini untuk membangkitkan perasaan dan semangat pembaca.

6. Menyampaikan Cerita

Berbeda dengan novel berupa teks, komik dapat menyampaikan gambar dan bahasa. Dalam komik, terdapat visual dan kata-kata untuk menjelaskan gambar.

Jenis-jenis Komik

1. Komik Wayang

Mengutip buku Desain Media Pembelajaran, di Indonesia jenis-jenis komik terdiri dari beberapa kategori. Salah satu komik dari tradisi lama adalah komik wayang. Komik wayang berasal dari kesusastraan Jawa kuno. Contoh komik wayang yaitu kisah Mahabarata dan Ramayana.

2. Komik Humor

Komik humor menampilkan karakter lucu dan jenaka. Karakter dalam komik digambarkan sebagai tokoh lucu dalam cerita. Tujuan komik humor ini untuk menghibur pembaca.

3. Komik Silat

Komik silat menceritakan tentang teknik bela diri dari Indonesia. Ada juga komik karate dari Jepang dan kuntau dari Cina. Komik ini berasal dari sejarah dan legenda rakyat.

4. Komik Didaktis

Jenis komik yang isinya tentang ideologi dan ajaran agama. Dalam komik didaktis terdapat perjuangan tokoh dan nilai pendidikan.

5. Komik Roman

Komik roman menceritakan tentang kisah cinta. Umumnya, komik roman ini ditujukan pada remaja. Komik ini menceritakan kisah cinta remaja.