7 Aplikasi untuk Membaca Komik bagi Pecinta Manga

Destiara Anggita Putri
13 Oktober 2022, 21:19
aplikasi untuk membaca komik
Unsplash
Ilustrasi, seorang remaja membaca manga.

Di tengah kesibukan sehari-hari, tentunya Anda membutuhkan hobi untuk melepas rasa penat. Membaca komik sering dijadikan pilihan banyak orang untuk mendapatkan hiburan. Meskipun hobi ini kerap dipandang remeh, namun tetap saja jumlah pecinta komik semakin bertambah.

Seiring dengan perkembangan zaman, membaca komik kini bisa dilakukan dengan mudah. Tidak perlu membaca di perpustakaan atau membeli di toko buku, kini Anda bisa membacanya melalui aplikasi yang banyak tersedia di internet.

Sebagai pecinta manga, tentunya cara ini sangat efektif dan praktis karena Anda bisa membaca komik di sela-sela kesibukan. Jika Anda bingung memilih aplikasi yang ingin unduh, simak tujuh rekomendasi aplikasi untuk membaca komik di bawah ini.

1. Line Webtoon

Jika membahas aplikasi untuk membaca komik, Line Webtoon sudah jelas harus masuk ke dalam daftar. Aplikasi yang dipelopori  oleh Webtoon Entertainment Inc ini berhasil mencuri perhatian publik dan mendapatkan respon yang positif dari pecinta manga. Hal ini dibuktikan dengan  pengunduhannya yang sudah mencapai lebih dari sekitar 50 juta,

Sebagai aplikasi komik, Line Webtoon tidak hanya menyajikan komik hitam putih atau berwarna saja. Aplikasi ini juga menyajikan komik dan yang dilengkapi audio dan getaran sehingga pembaca akan merasakan sensasi pengalaman membaca yang berbeda.

Sebagai pecinta mengapa, ada banyak sekali kumpulan komik yang bisa Anda kapan saja termasuk komik yang belum dirilis di situs lainnya. Selain itu, ada banyak genre pula yang bisa Anda pilih mulai dari romance, horror, comedy, slice of life, dan lain-lain. Untuk membaca dengan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store.

2. MangaToon

Aplikasi selanjutnya yang layak Anda unduh adalah MangaToon. Aplikasi ini bisa dibilang sangat populer hingga mempunyai jumlah unduhan hingga 10 juta pengguna di Google Play Store.

Aplikasi ini menyajikan cerita-cerita manganya ke dalam berbagai kategori yaitu romance, action, fantasy, dan lain sebagainya. Tentunya kategori ini membuat pembaca bisa membaca komik dengan cerita yang seru dan bervariatif.

Selain itu, pembaca juga diberikan akses untuk membaca komik secara online maupun offline. Jika Anda ingin  membacanya secara offline, Anda cukup mengunduh manganya  saja. 

Tidak perlu khawatir ketinggalan update manga kesayangan. Pasalnya, aplikasi ini menjamin update manga secara berkala bahkan bisa update setiap hari untuk beberapa manga tertentu.  

Anda bisa menggunakan aplikasi ini dalam bahasa Indonesia sehingga Anda tidak kesulitan memahami jalan cerita manga yang dibaca. Selain itu, terdapat juga koleksi novel anime Jepang yang diperbarui setiap minggu nya. 

3. Manga Plus by SHUEISHA

Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari Shueisha Inc. yang telah dirilis secara global termasuk di Indonesia. Manga Plus sendiri cukup populer dan bahkan telah diunduh lebih dari 5 juta kali di Google Play Store.

Terdapat banyak sekali komik-komik  populer dunia di aplikasi ini. Anda bisa membaca komik Haikyuu, Naruto, Dragon Ball, One Piece, dan lainnya. 

Aplikasi ini juga selalu menyediakan episode terbaru dari judul favorit pembaca. Bahkan pembaca juga bisa membawa episode terbaru dari komik kesayangan secara bersamaan dengan perilisannya di Jepang.

4. Crunchyroll Manga

Jika Anda ingin membaca manga terbaru dari publisher resmi Jepang, maka Anda harus mengunduh  aplikasi ini. Pasalnya, aplikasi ini selalu update manga terbaru yang ada di negeri matahari terbit tersebut. 

Oleh karena itu, Anda bisa membaca berbagai macam manga apapun di aplikasi ini. Crunchyroll Manga sangat cocok bagi Anda yang suka membaca manga populer di aplikasi ini seperti Attack on Titan, Fairy Tail, dan lainnya.

Anda bisa memilih mangga secara mudah dan praktis. Di dalam Crunchyroll Manga terdapat beragam katalog sesuai genre yang diinginkan pembaca.  Dari katalog tersebut, pembaca tinggal menekan cerita yang ingin dibaca.  

5. Komiku

Ingin membaca komik secara offline? Unduh saja aplikasi Komiku. Tentunya Anda bisa mengunduh manga kesayangan secara gratis sehingga Anda bisa membacanya kapan saja dan dimana saja.

Terdapat lebih dari 1000 judul komik yang bisa dibaca di aplikasi ini. Komik-komik tersebut pun sudah dirilis dalam bahasa Indonesia sehingga Anda bisa lebih mudah memahami ceritanya

Komku juga memiliki berbagai fitur unggulan seperti sejarah lengkap,  fitur membaca secara offline, hingga dark mode. 

6. Manga Searcher

Bagi pecinta manga, pastinya aplikasi ini sudah sering didengar. Bisa dibilang, Manga Searcher cukup populer hingga layak untuk diunduh. Terlebih lagi, aplikasi ini juga menyediakan komik terjemahan yang bagus dan mudah dipahami oleh pembaca.

Ada banyak terjemahan komik Jepang dengan berbagai genre, seperti fantasi,  aksi, komedi, dan lainya yang bisa dibaca. Walaupun tampilannya masih jadul, pecinta manga akan tetap bisa membaca komiknya dengan nyaman. 

7. Manga Indonesia

Aplikasi terakhir untuk membaca komik yang bisa Anda unduh adalah Manga Indonesia yang dimiliki oleh Prhoy Project. Walaupun tergolong baru, aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari sepuluh ribu pengguna.

Aplikasi ini menyediakan koleksi manga yang sangat lengkap. Manga populer seperti Attack on Titan, Boruto hingga One Piece tentunya bisa Anda baca.

Membaca komik kini semakin mudah dengan kehadiran tujuh aplikasi ini. Sekarang Anda bisa memilih dan mengunduh aplikasinya sesuai preferensi. Dengan demikian, Anda bisa membaca komik kesayangan kapan saja.

Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...