Cara Mengecilkan Lubang Hidung dengan Makeup dan Metode Rhinoplasty

Unsplash
Ilustrasi, cara mengecilkan lubang hidung.
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Agung
11/1/2023, 11.12 WIB

Cara mengecilkan lubang hidung banyak dicari oleh sebagian orang padahal hidung yang besar dipandang sebagai simbol keistimewaan. Mengecilkan lubang hidung tidak hanya dilakukan dengan operasi tapi juga bisa melalui eksperimen makeup.

Seperti sulap, makeup bisa membuat fitur di wajah seseorang tampak jauh berbeda. Hidung bisa jadi lebih lancip, mata bisa terlihat lebih besar dan banyak lagi. Ini merupakan cara yang lebih aman dibandingkan dengan operasi yang hasilnya lebih permanen.

Cara Mengecilkan Lubang Hidung

Cara Mengecilkan Lubang Hidung dengan Mudah (Unsplash)

Melansir dari Sehatq.com berikut cara mengecilkan lubang hidung melalui makeup dan metode rhinoplasty:

1. Eksperimen Riasan Wajah

Salah satu cara mengecilkan lubang hidung yaitu dengan melakukan eksperimen riasan wajah di mana cara ini cukup aman karena tidak ada efek samping. Eksperimen bisa dilakukan sendiri di rumah sambil melihat tutorial di YouTube. Berikut jenis makeup yang bisa dipakai untuk mengubah tampilan hidung:

• Bronzer

Bronzer merupakan kontras dari highlighter yang memiliki warna lebih gelap dari warna alami kulit. Jika ingin membuat hidung tampak lebih runcing dan mancung, coba aplikasikan bronzer di bagian sisi kanan dan kiri batang hidung.

• Highlighter

Jika sudah mengaplikasikan bronzer coba tambahkan highlighter di bagian atas hidung. Dengan menggunakan cara ini maka bisa membuat hidung tampak lebih kecil sekaligus mancung.

• Beauty Blender

Beauty blender merupakan spons yang digunakan untuk mencampur highlighter. Melakukan cara ini memang perlu beberapa kali percobaan hingga menemukan cara yang tepat agar hasilnya tampak lebih merata.

2. Rhinoplasty

Jika Anda mempertimbangkan intervensi berupa operasi untuk membuat hidung lebih kecil ada yang dikenal dengan rhinoplasty. Ini merupakan operasi untuk mengubah tampilan hidung. Bukan hanya tampilan hidung namun diperlukan jika ada masalah yang mengganggu struktur pernapasan.

Banyak orang mengenal rhinoplasty dengan nama nose job, beberapa hal yang bisa diatasi dengan metode ini di antaranya sebagai berikut:

  • Mengubah ukuran hidung sehingga bisa hidung dengan wajah. 
  • Mengecilkan hidung yang mengembang. 
  • Menghilangkan tonjolan yang ada di batang hidung. 
  • Mengubah pucuk hidung dan posisinya. 
  • Mengubah bentuk lubang hidung. 
  • Membuat hidung terlihat lebih simetris. 

Khusus membuat hidung tampak simetris perlu diingat bahwa wajah setiap individu bisa jadi tidak simetris. Yang lebih penting untuk dipertimbangkan adalah agar proporsi di wajah terlihat lebih seimbang dan tepat.

Jika operasi yang dilakukan bisa mengobati masalah pernapasan akibat struktur hidung pastikan sudah ada evaluasi yang benar-benar saksama. Penyebab utama dalam masalah pernapasan pada hidung adalah deviated septum.

Cara Membuat Hidung Lebih Kecil Secara Alami karena Suatu Peristiwa

Cara Membuat Hidung Lebih Kecil Secara Alami (Unsplash) 

Selain cara mengecilkan lubang hidung, melansir dari Rkeleysquaremedical.com berikut beberapa cara mengecilkan ukuran hidung secara alami karena suatu peristiwa yang bisa dicoba:

1. Es

Ada benarnya bahwa es bisa memperkecil ukuran hidung jika hidung lebih besar karena peristiwa traumatis. Yang mana menimbulkan pembengkakan maka mengoleskan es bisa membantu mengembalikan bentuk dan ukuran aslinya secara lebih cepat.

Perlu diingat es tidak mengubah ukuran normal tulang rawan dan tulang. Jadi es hanya bisa digunakan sebagai obat cepat setelah trauma yang menyebabkan pembengkakan jaringan di dalam dan sekitar hidung.

2. Pasta Gigi

Pasta gigi merupakan obat lain yang dikenal sebagai obat anti radang seperti cuka sari apel, bawang putih dan jahe. Mirip dengan metode es, di mana memiliki efek lebih kecil untuk mengurangi pembengkakan secara cepat.

Es bisa membantu Anda mendapatkan kembali ukuran normal hidung setelah mengalami cedera atau benturan keras. Akan tetapi tidak melakukan apa pun untuk membentuk kembali struktur tulang atau tulang rawan hidung.

Cara Membuat Hidung Lebih Kecil Secara Instan

Bagi Anda yang membutuhkan hasil instan untuk membuat ukuran hidung terlihat lebih kecil atau mancung bisa menggunakan cara contouring makeup. Berikut langkah-langkahnya yang bisa dicoba:

  • Mengoleskan foundation atau concealer ke bagian sisi hidung. Silahkan gunakan warna yang mendekati warna kulit.
  • Menghaluskan concealer menggunakan spons hingga halus di mana-mana. Anda juga bisa mengoleskan bubuk pengaturan matte ke dalamnya.
  • Menggunakan bronzer 2 warna lebih gelap, buat dua garis di bagian sisi hidung. Semakin dekat dengan garis maka akan semakin sempit tampilan yang didapatkan.
  • Menggunakan blender, silahkan haluskan garis hingga bayangan dan sorotan membuat hidung terlihat lebih ramping secara alami.

Cara mengecilkan lubang hidung bisa dicoba dengan eksperimen riasan wajah atau menggunakan metode rhinoplasty. Selain cara mengecilkan lubang hidung, Anda juga bisa mencoba beberapa cara alami lainnya untuk mengecilkan hidung karena trauma atau pembengkakan.