Mencermati 8 Manfaat Daun Gedi untuk Kesehatan

Pixabay
Ilustrasi, daun gedi.
Editor: Agung
11/1/2023, 13.36 WIB

Daun gedi merupakan sayuran populer yang kerap digunakan sebagai sayuran dalam hidangan khas Sulawesi Utara, termasuk dalam bubur manado. Selain itu, daun gedi telah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional atau bahan herbal. 

Daun gedi mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan mulai dari kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan. Kandungan inilah yang membuat daun gedi memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Lalu, apa saja manfaatnya? Simak pembahasannya berikut ini.

Manfaat Daun Gedi

Daun gedi merupakan salah satu sayuran yang diyakini bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini delapan manfaat yang bisa didapatkan dari sayuran ini.

Manfaat Daun Gedi (Pixabay)

1. Meredakan Nyeri

Daun gedi dipercaya dapat membantu meredakan nyeri. Hal ini dikarenakan daun gedi  memiliki kandungan senyawa bioaktif yang memiliki efek analgesik atau anti nyeri.

Karena manfaatnya nini, daun gedi sering dijadikan jus sebagai obat alternatif untuk berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi masalah nyeri pada bagian tubuh tertentu terutama akibat keseleo atau terkilir.

Walaupun begitu, efektivitas analgesik pada daun gedi ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

2. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi merupakan salah satu penyakit mematikan. Psalnya, bila tidak ditangani hipertensi diam-diam dapat menyebabkan komplikasi bahkan kematian.

Nama penyakit ini bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi daun gedi secara rutin.. Hal ini dikarenakan daun gedi mengandung polifenol atau tanin terkondensasi, falbo, dan fenolik yang terbukti dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat (LDL).

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Salah satu kandungan yang utama dalam daun gedi adalah polifenol berupa tanin terkondensasi, fenolik, dan flavonoid. Ketiga kandungan tersebut telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol darah, terutama kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL).

Jika kadar LDL dalam tubuh semakin tinggi, maka semakin tinggi juga kemungkinan tubuh mengalami respon peradangan yang berujung munculnya sel-sel busa atau fatty streak.

Fatty streak merupakan lesi awal terbentuknya aterosklerosis, yaitu penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lain di dalam arteri. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya penyumbatan aliran darah. 

4. Menyembuhkan Penyakit Ginjal

Salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang adalah penyakit ginjal. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh produk limbah dan cairan yang menumpuk di dalam tubuh.

Kondisi ini lama kelamaan akan menyebabkan beberapa masalah seperti pembengkakan di pergelangan kaki, muntah, lemas, susah tidur, dan sesak nafas. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun gedi secara rutin sebagai pengobatan tradisional.

Halaman: