Mengenal Bunyi Teks Proklamasi dan Peristiwa yang Mengiringinya

its.ac.id
Ilustrasi, Soekarno membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Editor: Agung
9/2/2023, 16.22 WIB

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia menjadi peristiwa bersejarah dan wajib diketahui seluruh rakyat Indonesia. Berkenaan dengan itu, salah satu hal penting yang perlu diketahui adalah terkait bunyi teks proklamasi.

Pembacaan teks proklamasi berlangsung pada 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB. Lokasi yang menjadi pilihan adalah Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Bunyi teks proklamasi memuat identitas bangsa dan tujuan bangsa. Selain itu, bunyi teks proklamasi juga tercantum lokasi dan tanggal pembuatannya. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut isi bunyi teks proklamasi.

Bunyi Teks Proklamasi

Bunyi Teks Proklamasi (surakarta.go.id)
 

Terdapat perbedaan bunyi teks proklamasi yang ditulis oleh Ir. Soekarno dengan yang diketik Sayuti Melik. Berikut kedua teks tersebut selengkapnya.

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dalam tempo jang sesingkat-singkatnya.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahun 1945
Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno/Hatta

Namun, teks proklamasi yang dibacakan sedikit berbeda dengan naskah tulisan tangan Ir. Soekarno yang dirumuskan pada 17 Agustus 1945 dini hari. Naskah tulisan tangan asli Ir. Soekarno disimpan di Arsip Nasional Indonesia di Jakarta.

Berkaitan dengan isi teks proklamasi, berikut ini isi teks tersebut:

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17 - 8 - ‘05 Wakil2 bangsa Indonesia.

Teks proklamasi tulisan tangan Ir. Soekarno yang diketik Sayuti Melik mengalami beberapa perubahan. Mulai dari kata ‘tempoh’ menjadi ‘tempo’, ‘wakil-wakil bangsa Indonesia’ menjadi ‘atas nama bangsa Indonesia’. Penulisan bulan dan tahun serta hari pun berbeda.

Sejarah Peristiwa Penyusunan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Penyusunan teks proklamasi kemerdekaan didahului dengan peristiwa penculikan Soekarno dan Mohammad Hatta oleh para pemuda, yang mendesak agar Indonesia segera memproklamasikan kemerdekaan, tanpa campur tangan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), yang mereka anggap organisasi bentukan tentara pendudukan Jepang.

Usul para pemuda tersebut, mendapat penentangan dari tokoh nasional saat itu, seperti Mohammad Hatta, yang menganggap perlunya perhitungan lebih cermat untuk memproklamasikan kemerdekaan.

Para pemuda yang merasa tidak puas dengan jawaban Hatta kembali ke markas dan menyiapkan rencana baru, menculik Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok. Pemuda bersikukuh tak mau melepaskan Soekarno-Hatta, kecuali ada jaminan kemerdekaan.

Setelah adanya peristiwa Rengasdengklok, Soekarno pun dibawa oleh Ahmad Soebardjo untuk merumuskan naskah proklamasi. Tak hanya Soekarno, Ahmad Soebardjo juga membawa Mohammad Hatta.

Halaman: