Menilik 7 Ide untuk Konsep Pernikahan Sederhana Namun Tetap Estetik

Unsplash
Ilustrasi, suasana persiapan resepsi pernikahan.
Editor: Agung
7/3/2023, 12.48 WIB

Ketika mempersiapkan acara pernikahan, banyak pasangan yang ingin pesta pernikahannya menjadi acara yang memorable atau berkesan. Selain itu, mereka juga menginginkan acara yang dapat membuat keluarga serta tamu undangan merasakan kegembiraan yang dirasakan oleh mereka.

Namun menggelar pesta pernikahan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun ada cara yang  bisa dilakukan untuk tetap bisa menggelar pesta pernikahan yang sesuai dengan budget

Caranya yaitu dengan menggunakan konsep pernikahan sederhana. Ada banyak konsep pernikahan sederhana yang bisa diikuti agar momen pernikahan tetap khidmat. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa idenya di bawah ini. 

Konsep Pernikahan Sederhana

Berikut ini 7 ide yang bisa diusung pasangan yang ingin menerapkan konsep pernikahan sederhana.

1. Garden Party

Foto: Silver Lace Weddings

Konsep pernikahan sederhana pertama yang bisa dilakukan adalah  garden party atau pesta kebun. Ini merupakan konsep pernikahan yang cukup casual karena bisa dilakukan di taman atau halaman. 

Dengan demikian, konsep pernikahan ini sangat cocok diadaptasi oleh pasangan yang tidak ingin repot dalam mempersiapkan acara pernikahan 

Dengan mengusung konsep ini, pasangan bisa mengatur meja, payung, atau tanaman yang rimbun sesuai selera. Terlebih lagi jika menemukan venue konsep garden party di lingkungan perkotaan, maka bisa menjadi nilai tambah tersendiri.

Selain itu, dengan konsep ini, foto yang dihasilkan saat sesi pemotretan juga akan terlihat lebih indah.

2. Beach Wedding

Dekorasi: Florette Bali

Konsep pernikahan selanjutnya yaitu beach wedding yang cukup fantastis karena menghubungkan antara musim dan destinasi wisata yang populer. Bila pasangan ingin menyusup konsep ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Beberapa hal tersebut antara lain tempat duduk altar upacara pernikahan, dan lokasi.. Selain itu, pastikan untuk tidak mengadakan pernikahan saat musim hujan.

Dengan mengusung konsep beach wedding, pasangan bisa menuangkan dekorasi pernikahan vintage, seperti memadukan warna yang disukai serta menambahkan hiasan bunga dan pasir yang akan menyatukan keintiman selama acara pernikahan.

Konsep ini juga tidak memerlukan banyak dekorasi dikarenakan suasana pantai yang indah sudah cukup menjadi saski momen sakral pesta pernikahan

3. Konsep Warna Pastel

Wedding Stylist: Behind the Vows

Seperti namanya, ini merupakan konsep pernikahan yang menyajikan skema warna polos, muda, cerah namun tetap lembut saat dipandang mata. Konsep ini juga bisa menciptakan kesan berkelas untuk acara pernikahan yang akan diusung.

Bila ingin menggunakan konsep ini, pasangan bisa menggunakan warna biru muda atau hijau muda yang dipadukan dengan dekorasi seperti bunga dan pita agar tampak sempurna.

Selain itu, jangan ragu juga untuk eksplorasi berbagai warna pastel lainnya seperti pink, kuning, hijau, dan biru. 

4. Industrial Wedding

Foto: Pinterest

Konsep pernikahan sederhana selanjutnya yang bisa diusung yaitu industrIal wedding. Pada umumnya, industrial wedding didominasi warna netral sehingga membuatnya terkesan jadul dan suram.

Meskipun demikian, konsep pernikahan yang juga populer dengan nama rustic industrial ini dapat memadukan kayu, bohlam, dan tanaman kering sebagai ciri khas tersendiri.

Konsep pernikahan ini cocok diterapkan bagi pasangan yang menyukai gaya kontemporer. Namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Pertama, pilih lokasi yang bisa menerapkan konsep ini seperti di restoran, gedung, atau rumah.

Selain itu, gunakan kombinasi warna seperti metalik, warna marun, putih atau skema warna yang gelap. Terakhir, jangan berlebihan dalam dekorasi agar pernikahan tidak terlalu formal.

5. Minimalist Wedding

Dekorasi:  Ailuosi Decor

Sebagian pasangan menggunakan warna putih ketika mengusung konsep pernikahan minimalis. Hal ini biasanya diterapkan oleh pasangan yang ingin acara pernikahannya terlihat sederhana namun tetap cantik.

Selain itu, warna putih juga merupakan warna yang menjadi simbol kesucian dan kesederhanaan sehingga cocok diterapkan bagi pasangan yang menginginkan pernikahannya tetap elegan.

Konsep pernikahan cukup mudah diterapkan. Pasangan hanya perlu memadukan dekorasi-dekorasi mansi sebagai pelengkap dan hiasan yang sesuai. Dengan demikian, kesan suci dan sakral pada saat pernikahan akan bertambah.

Namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Pertama, pastikan tidak meletakkan banyak barang di meja untuk tetap menjaga nuansa minimalis selama acara pernikahan.

Selain itu, padukan juga dengan tema warna yang netral seperti putih dan dekorasi yang tidak besar. Tips terakhir yaitu kombinasikan warna earth tone dengan perpaduan dekorasi kayu, bunga liar, dan lampu gantung.

Hal ini berguna untuk menambah kesan hangat, romantis, dan intimate.

6. Picnic Wedding

Foto: Pinterest

Konsep pernikahan sederhana selanjutnya adalah picnic wedding. Konsep ini cukup simpel diterapkan karena pasangan tidak perlu menggunakan kursi.

Cukup menggelar tikar-tikar bersama bantal yang dibentangkan. Inilah yang dapat menciptakan suasana pernikahan yang santai dan hangat.

Selain itu, pasangan juga bisa menambahkan balon-balon dan bendera warna-warni untuk meramaikan pesta pernikahan.

7. Shabby Chic

Foto: walimatulursy.co.id

Beberapa tahun ini, warna-warna pastel sedang booming. Hal ini dikarenakan warna pastel dapat memberikan kesan yang lembut dan tidak mencolok. 

Maka tidak heran jika banyak acara pernikahan yang menggunakan warna ini sebagai konsep pernikahan. Warna pastel ini juga bisa dipilih untuk dekorasi, baju pengantin, dan segala aksesorisnya.