Menyelami Sifat-sifat yang Dimiliki oleh Utsman bin Affan

Harapanrakyat.com
Ilustrasi, Utsman bin Affan
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Agung
28/3/2023, 10.26 WIB

Sifat-sifat yang dimiliki oleh Utsman bin Affan adalah suka menolong, sabar, tawakal dan masih banyak lainnya. Sifat-sifat yang dimiliki Utsman bin Affan layak dicontoh oleh kita semua. Utsman bin Affan sendiri merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW sekaligus khalifah ketiga setelah wafatnya Rasulullah SAW.

Dalam memimpin peradaban islam, Utsman bin Affan merupakan pemimpin terlama. Sebelumnya beliau bukan seorang muslim namun diajak oleh Abu Bakar untuk masuk Islam. Salah satu kontribusi beliau selama menjabat khalifah yaitu mushaf Al-Quran yang sampai saat ini kita gunakan.

Profil Utsman bin Affan

Profil Utsman bin Affan (Islami.co)

Utsman bin Affan berasal dari keluarga terpandang yang ada di Mekah yaitu Affan bin Abi Al-As dari bani ummayah dan Arwa bin Kurayz (bani Abdshams). Melansir dari An-Nur.ac.id, beliau lahir pada tahun 573 M.

Pada masa kepemimpinannya, ayat-ayat Al-Quran dikumpulkan lalu menyalinnya hingga akhirnya dibukukan agar mudah dipelajari. Beliau merupakan Khulafaur Rasyidin yang menjabat paling lama yaitu 12 tahun, mulai dari 644 – 655 M.

Utsman bin Affan merupakan Khulafaur Rasyidin ketiga setelah Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Beliau memiliki julukan pemilik dua cahaya atau “Zannurain” karena kedua putri Rasulullah bernama Ruqayah dan Ummh Kulsum dipersunting olehnya.

Sifat-sifat yang dimiliki oleh Utsman bin Affan

Sifat-sifat yang Dimiliki oleh Utsman bin Affan (Abusyuja.com)


 

Berikut 7 sifat Utsman bin Affan yang bisa diteladani oleh umat muslim, berikut di antaranya:

1. Suka Menolong

Salah satu sifat yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW ialah suka menolong dan merasa tidak enak jiga tidak menolong orang yang sedang kesusahan. Beliau juga tidak pernah merasa sungkan jika mengeluarkan hartanya untuk membantu orang yang membutuhkan.

2. Sederhana

Sifat-sifat yang dimiliki oleh Utsman bin Affan adalah sederhana. Meski merupakan orang kaya, Utsman bin Affan tidak hidup berfoya-foya. Perilaku hidupnya cukup sederhana, baik tempat tinggal, berpakaian maupun makanan. Utsman bin Affan biasa makan roti dengan cuka dan minyak.

3. Tidak Pernah Perhitungan

Sifat terpuji Utsman bin Affan berikutnya yaitu tidak pernah perhitungan saat mengeluarkan hartanya untuk membantu sesama. Dengan kekayaan yang cukup melimpah, beliau ikhlas memberikan dukungan untuk memperjuangkan agama Islam.

4. Sabar dan Tawakal

Sifat Utsman bin Affan yang patut diteladani berikutnya yaitu memiliki sifat tawakal dan penyabar dalam menghadapi cobaan dan ujian yang menghampiri. Kita harus menyadari bahwa tidak semua hal ada berada dalam kendali kita sehingga harus tetap sabar dan tawakal.

5. Lemah Lembut

Utsman bin Affan juga dikenal dengan sifat lemah lembuh yang dimilikinya. Selain itu, beliau memiliki sifat pemalu yang membuatnya disegani oleh para malaikat. Sifat lemah lembut inilah yang harus kita teladani agar tetap harmonis dalam menjalin hubungan dengan siapa pun.

6. Keberanian

Sebagai seorang khalifah dan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW, Utsman bin Affan juga terkenal dengan sifat keberanian yang dimilikinya. Pada masa pemerintahannya, banyak terjadi pemberontakan namun beliau tidak pernah gentar dalam menghadapi pasukan Romawi di Afrika Utara yang berkekuatan 120.000 dengan peralatan perang lengkap.

7. Memiliki Keteguhan Akidah

Beliau pernah dicambuk oleh pamannya yang bernama Al-Hakam bin Abil Ash dan memintanya untuk kembali ke agama nenek moyangnya. Namun beliau tetap teguh tidak akan mengubah keyakinannya setelah masuk Islam apa pun yang terjadi pada dirinya. Ia meyakini agama yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Mengetahui keteguhan akidah yang dimiliki oleh Utsman bin Affan, pamannya tidak mungkin terus memaksanya kembali ke kepercayaan nenek moyang. Pada akhirnya, Al-Hakam membebaskan Utsman bin Affan untuk masuk Islam.

Demikian sifat-sifat yang dimiliki oleh Utsman bin Affan di atas perlu kita teladani agar bisa menjadi manusia yang lebih baik kedepannya. Beliau merupakan sosok yang sederhana dan dermawan meski berasal dari keluarga terpandang di Mekah.