Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menjadi salah satu pedoman bagi pengajar untuk memberikan materi yang sesuai dengan ketentuan. Berkenaan dengan itu, menarik membahas RPP Matematika Kelas 5 SD.
Matematika merupakan salah satu induk dari segala ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, setiap pendidik wajib mempersiapkan materi pembelajarannya sebaik mungkin.
Agar mampu menyusun dan memahami RPP Matematika Kelas 5 yang baik dan benar, menarik untuk membahas rencana pembelajaran tersebut. Simak ulasan di bawah ini mengenai serba serbi RPP Matematika Kelas 5 SD.
Pengertian RPP Matematika Kelas 5 SD
RPP Matematika Kelas 5 SD adalah rencana kegiatan pembelajaran bagi pendidik dan siswa untuk masa pembelajaran semester 1 dan 2, untuk mata pelajaran matematika. RPP tersebut dirancang khusus sebelum mengajar para siswa dan siswi.
RPP terdiri atas pokok topik materi yang sesuai dengan silabus. RPP meliputi data sekolah, mata pelajaran, materi pelajaran, alokasi waktu pembelajaran, kelas, semester, materi pokok, tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, Kompetensi Inti atau KI, Kompetensi Dasar atau KD, indikator pencapaian kompetensi tersebut.
Tidak hanya itu RPP Matematika kelas 5 SD juga mencakup metode pembelajaran bagi para siswa, media pembelajaran, alat pembelajaran, sumber pembelajaran, langkah, dan penilaian siswa. Oleh sebab itulah RPP Matematika kelas 5 SD dianggap sangat penting sebagai salah satu mekanisme pengawasan teknis.
Aspek dalam RPP Matematika kelas 5 SD
Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, terhadap penyusunan RPP diterapkan beberapa ketentuan. Ketentuan tersebut, adalah sebagai berikut:
- Penyusunan RPP dilakukan dengan efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.
- Komponen RPP mengacu pada 13 komponen yang tercantum pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Aspek yang menjadi komponen inti yakni tujuan pembelajaran, langkah atau kegiatan pembelajaran, penilaian pembelajaran yang wajib dilaksanakan oleh guru, dan komponen lain yang merupakan pelengkap.
- Sekolah, kelompok guru dengan mata pelajaran yang sejenis di dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran, serta individu guru dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk keberhasilan belajar murid.
Contoh RPP Matematika Kelas 5 SD
Selanjutnya, untuk dapat memahami penyusunan RPP Matematika kelas 5 SD dengan tepat, perlu malihat contoh RPP. Berikut ini contoh RPP yang singkat beserta rinciannya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA
KELAS 5 SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 20..../20....
NAMA SEKOLAH : ..................................................
DESA/KELURAHAN : ..................................................
KECAMATAN : ..................................................
KOTA/KABUPATEN : ..................................................
PROPINSI : ..................................................
WALI KELAS : ..................................................
NIP : ...................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : 5 /1
Muatan Terpadu : Matematika (3.1, 4.1)
Tema : Bangun Ruang
Sub Tema : Mengenal Sisi Bangun Ruang
Pertemuan : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah melakukan latihan, siswa mampu mengenali perbedaan bangun ruang dan bangun datar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengenali sisi-sisi bangun ruang.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | AlokasiWaktu |
KegiatanPendahuluan | ü Kelas dimulai dengan salam dilanjutkan dengan do’a. (Religius dan Integritas)ü Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional. (Nasionalisme).ü Pembiasaan membaca/menulis (Kegiatan literasi)ü Sebelum melakukan kegiatan guru mengajak siswa melakukan pemanasan. | 10menit |
KegiatanInti | Mengamatiü Siswa mengamati guru menjelaskan tentang menendang bola dalam permainan sepak bola. (Mandiri)Menanyaü Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikanü Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami. (Communication)Menalarü Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang kegiatan menendang bola. Critical Thinking)ü Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.ü Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan cara menendang bola dengan bimbingan guru.ü Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukanü Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukanMencobaü Sebelum memulai kegiatan mengenali sisi bangun ruang, siswa harus mempelajari ciri-ciri bangun ruang dan perbedaannya dengan bangun datar.ü Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan menggambar bangun datar dan bangun ruang. (Collaboration, Creativity)Mengkomunikasikanü Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri)ü Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lesan di depan teman dan guru. (Communication) | 150menit |
KegiatanPenutup | ü Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.ü Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme.ü Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius) | 15menit |
C. PENILAIAN (ASSESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
(Nama Kepala Sekolah)
NIP. …………………………
Guru Matematika Kelas V,
(Guru Matematika Kelas V)
NIP………………………….
Demikian penjelasan terkait RPP Matematika kelas 5 beserta contohnya.