Kumpulan Kata-kata Mutiara Idul Adha

Unsplash
Ilustrasi, masjid.
Penulis: Ghina Aulia
Editor: Agung
20/6/2023, 16.18 WIB

Agama Islam memiliki beberapa hari besar yang umum untuk dirayakan. Salah satunya adalah Idul Adha atau yang biasa disebut Lebaran Haji.

Meski sama-sama dianggap sebagai hari raya, Idul Adha dan Idul Fitri memiliki perbedaan yang mencolok dari segi perayaannya. Tepatnya pada Idul Adha, ada yang namanya qurban.

Qurban merupakan kegiatan menyembelih hewan ternak berupa sapi, kambing, atau domba dengan mengharap ridho Allah SWT. Biasanya ibadah tersebut dilaksanakan setelah salat Ied di pagi hari.

Perbedaan dari Idul Fitri dan Idul Adha juga sempat dijelaskan pada hadits yang diriwayatkan Imam Abu Dawud. Sebagaimana yang dimuat Almanhaj berikut ini:

وَفِطْرُكُمْ يَوْمَ تُفْطِرُوْنَ وَأَضْحَاكُمْ يَوْمَ تُضَحُّوْمَ

Dan (Idul) Fitri kamu itu ialah pada hari kamu (semuanya) berbuka, sedangkan (Idul) Adha ialah pada hari kamu (semuanya) menyembelih hewan“.

Patut diketahui bahwa qurban bersifat sunnah muakkad, yaitu anjuran dengan penekanan kuat dan hampir mendekati wajib. Sementara juga ada sebagian ulama yang menganggapnya wajib.

Meski memiliki keutamaan dan maksud yang berbeda, Idul Adha juga kerap diwarnai dengan ucapan permintaan maaf dan suka cita menyambut hari yang suci sebagaimana Idul Fitri tiba. Khususnya di Indonesia, tradisi semacam ini biasa dilakukan secara langsung atau berkirim pesan melalui ponsel.

Terkait dengan itu, berikut ini adalah beberapa kata-kata mutiara Idul Adha yang bisa dijadikan ucapan untuk kerabat. Selengkapnya, simak daftar di bawah ini.

Ilustrasi Ucapan Selamat Idul Adha (Freepik)

Kata-kata Mutiara Idul Adha

1. Dalam setiap kebersamaan penuh senyum dan tawa, dalam setiap untaian doa, dalam setiap kesempatan yang datang menyapa, semoga Allah memberkahimu. Selamat Hari Raya Idul Adha 2023.

2. Kami sekeluarga mohon maaf lahir batin. Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H. Semoga perjalanan hidup kita makin mudah dengan rezeki yang cukup dan berkah. Salam untuk keluarga.

3. Makna Idul Adha adalah semangat kita dalam berkurban, harapan kita akan ampunan, serta keteguhan kita dalam beriman. Selamat Hari Raya Idul Adha untuk kamu dan keluarga di rumah.

4. Kala sa'i adalah harapan, putaran thawaf adalah cermin penghambaan. Di kala wukuf menjadi wujud ketundukan, serta lemparan jumrah adalah perjuangan. Dengan takbir digemakan, Selamat Idul Adha 1444 H.

5. Hidup adalah timbal balik. Apa yang kamu berikan akan kembali, apa yang kamu tanam akan tumbuh, dan apa yang kamu korbankan akan berbuah pahala. Selamat berkorban dan mohon maaf lahir dan batin.

6. Awali hari dengan berbagi kebaikan, layaknya mereka yang begitu bahagia menerima pemberianmu. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H.

7. Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak sampai kepada Allah, tetapi sampai kepada-Nya adalah ketakwaanmu. – QS. Al Hajj:37

8. Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H. Semoga semangat berkurban kita, memperkuat keimanan dan rasa kemanusiaan kita. Selamat Lebaran Haji Idul Adha.

9. Hari penuh makna serta kerinduan untuk saling bertemu dan berkumpul bersama keluarga. Selamat Hari Raya Idul Adha 2022, Semoga keberkahan senantiasa menyertai.

10. Selamat Idul Adha 1443 H, Semoga di hari yang suci ini membuat hati kita semakin ikhlas menerima semua cobaan di masa-masa terberat seperti saat ini.

11. Kala tetesan air mata Ibrahim jatuh menyaksikan keteguhan iman anaknya Ismail, kala itulah sejarah agung tercipta. Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H. Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

Ilustrasi Ucapan Selamat Idul Adha (Freepik)



12. Orang yang lemah tidak mampu memaafkan karena memaafkan hanyalah milik orang orang yang kuat, selamat hari raya Idul Adha, mohon maaf lahir dan batin.

13. Walau tahun ini cukup berbeda dengan hari raya sebelumnya, ketika jarak semakin dibatasi, namun hati dan keikhlasan tidak terbatas. Kini saatnya makin mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Kuasa. Di hari yang suci ini tak ada salahnya untuk saling menyapa dan memaafkan. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H.

14. Belajarlah dari masa lalu dan hiduplah untuk masa depan. Jika masa lalu penuh dengan kesalah, maka perbaikilah dengan memaafkan. Selamat Hari Raya Idul Adha 2023.

15. Hidup adalah sebuah pencarian. Labuhkan pencarian hidupmu hanya pada Yang Maha Kekal, meski penuh pengorbanan. Layaknya pencarian dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang hanif. Selamat hari raya Idul Adha.

16. Mata dapat salah lihat. Telinga dapat salah dengar. Mulut dapat salah bicara. Hati dapat salah sangka. Untuk itulah, maafkanlah kesalahanku. Selamat Idul Adha 1444/2023.

17. Mata, mulut, dan tindakan mungkin pernah berbuat salah. Pada momen ini dengan kerendahan hati saya memohon maaf agar kita bisa hidup saling berbagi kebahagiaan.

18. Selamat berbagi dan berkurban. Semoga berkah dan menjadi momentum menyambung silaturahim.

19. Takbir berkumandang. Mengagungkan kebesaran-Nya. Maafkan aku ya kawan-kawan. Selamat hari raya Idul Adha 1444/2023.
20. Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H. Semoga ibadah qurban membawa keberkahan bagi semuanya.

21. Selamat Idul Adha 1441 H, Semoga di hari yang suci ini membuat hati kita semakin ikhlas menerima semua cobaan di masa-masa terberat seperti saat ini.

22. Bukan menyoal kambing atau sapi yang kamu kurbankan, tetapi soal keikhlasan memohon ridha dari Allah SWT. Dengan kerendahan hati, saya pun memohon maaf agar Lebaran tahun ini menjadi pengingat kita selalu ikhlas dan rendah hati.

23. Tangan telah bergerak, kata telah terucap, dan prasangka telah terungkap. Tiada kata, selain maaf yang bisa kuberikan. Semoga kita semua bisa mendapatkan kemenangan yang hakiki pada Lebaran tahun ini.

Itulah deretan kata-kata mutiara Idul Adha yang bisa dikirimkan ke teman dan saudara dekat. Anda juga bisa menulisnya di kartu ucapan.