Cara Memutihkan Kulit dan Faktor Penyebab Gelapnya Kulit

Pexels
Ilustrasi, seorang perempuan menggunakan masker di wajah.
Editor: Agung
10/7/2023, 12.15 WIB

Kulit wajah adalah salah satu bagian dari tubuh yang terlihat dengan jelas. Berkaitan dengan itu, menarik memahami bagaimana memutihkan kulit wajah maupun kulit pada umumnya.

Cara memutihkan kulit dapat dilakukan dengan cara yang alami maupun modern. Keduanya memiliki kemampuan yang cepat dan cukup efektif.

Jika ingin mencerahkan kulit wajah, perlu juga dipahami faktor penyebab kulit gelap. Untuk itu, simak penjelasan cara membuat kulit menjadi putih dan faktor penyebab kulit gelap dalam uraian berikut.

Cara Memutihkan Kulit

Cara Memutihkan Kulit (Pexels)

Proses mencerahkan kulit yang cepat dan efektif perlu diiringi dengan langkah yang rutin juga. Berikut ini langkah membuat putih lebih cerah dengan alami maupun cara modern:

1. Rutin Membersihkan Kulit Wajah

Membersihkan kulit wajah secara rutin diperlukan untuk membuat kulit tampak lebih cerah. Tak hanya itu, membersihkan kulit wajah juga diperlukan jika kerap beraktivitas di luar rumah.

Membersihkan kulit wajah mencegah wajah menjadi kusam, kotor, gelap, dan timbulnya jerawat. Pilihlah sabun wajah yang paling sesuai dengan jenis kulit.

2. Rutin Berolahraga

Cara memutihkan kulit yang berikutnya adalah berolahraga. Olahraga mampu menunjang kesehatan tubuh termasuk membuat kulit lebih lembab dan cerah.

Olahraga dapat meningkatkan kemampuan jantung dalam memompa darah. Artinya, jaringan kulit pun akan lebih mudah menerima asupan nutrisi maupun oksigen sehingga kulit pun menjadi lebih sehat.

Cara Memutihkan Kulit (Pexels)

3. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi

Makanan yang sehat dan bergizi adalah sumber energi dan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Jika metabolisme tubuh baik, maka seluruh jaringan tubuh termasuk kulit pun menjadi lebih sehat.

Konsumsi vitamin C juga mampu membantu mencerahkan kulit. vitamin C juga membuat kulit lebih awet muda, mengurangi keriput, dan meningkatkan sistem imun. Vitamin C ada pada buah seperti strawberry, jeruk, dan lain-lain.

4. Gunakan Sunscreen atau Sunblock

Cara memutihkan kulit yang berikutnya yakni gunakan sunscreen atau sunblock. Kedua cream ini mampu melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari yang membuat wajah gelap.

Selain itu, cream tersebut juga melindungi kulit agar tidak terkena kanker kulit. gunakan cream itu 30 menit sebelum keluar rumah.

5. Eksfoliasi Wajah

Cara memutihkan kulit lainnya yakni dengan eksfoliasi. Eksfoliasi adalah kegiatan membersihkan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Kulit pada dasarnya mampu regenerasi secara otomatis. Namun hasilnya akan maksimal jika dibantu dengan eksfoliasi wajah.

Eksfoliasi wajah dapat dilakukan di klinik kecantikan maupun di rumah. Gunakan scrub yang cukup lembut sehinga tidak melukai kulit.

Cara Memutihkan Kulit (Pexels)

6. Gunakan Masker

Setelah melakukan pembersihan wajah dengan sabun muka dan eksfoliasi, masker juga tak kalah penting untuk digunakan. Cara memutihkan kulit dengan masker ini perlu dilakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Gunakan masker yang dapat mencerahkan kulit. Masker tersebut dapat berupa masker dari bahan alami maupun produk tertentu.

Masker dari bahan alami tersebut yakni contohnya perasan air lemon, yoghurt, oatmeal, aloe vera, virgin coconut oil, dan lain-lain. Adapun masker yang berupa produk tertentu yang tersedia dan pastikan masker tersebut cocok untuk kulit.

7. Gunakan Krim Pemutih

Selain itu, tak lupa pula gunakan krim pemutih sebagai salah satu cara memutihkan kulit. Gunakan krim yang cocok dengan kebutuhan kulit. Contohnya, yakni gunakan krim pemutih dengan efek melembabkan untuk kulit yang kering. Gunakanlah krim yang tidak terlalu berminyak jika kulit cenderung berminyak dan penuh jerawat.

Faktor Penyebab Kulit Kusam dan Gelap

Cara Memutihkan Kulit (Pexels)

Setelah mengetahui cara memutihkan kulit, perlu juga mengetahui faktor penyebab kulit menjadi kusam dan gelap. Faktor tersebut dapat berasal dari berbagai macam sumber. Berikut ini beberapa faktor dan penjelasannya:

1. Terpapar Sinar Matahari

Jika seseorang perlu beraktivitas di luar ruangan secara rutin, maka kulit akan lebih sering terpapar sinar matahari. Kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari akan menjadi kusam dan gelap.

Solusinya yakni gunakan sunscreen atau sunblock sebelum beraktivitas di luar rumah. Oleskan kembali setelah 2 jam agar kulit tetap terlindungi.

2. Debu dan Kotoran yang Menempel

Faktor penyebab kulit kusam berikutnya adalah debu dan kotoran yang menempel. Jika terlalu lama dibiarkan, debu dan kotoran akan menyebabkan kulit menjadi rusak dan berjerawat.

Solusinya adalah bersihkan dengan sabun wajah setelah beraktivitas. Lakukan eksfoliasi setiap 3 kali dalam seminggu agar kulit lebih bersih dan cerah.

3. Keturunan

Faktor lain yang membuat kulit berwarna gelap adalah keturunan. Meski terlahir dengan kulit gelap, kulit juga perlu dijaga kebersihan dan kesehatannya dengan menggunakan sunblock maupun eksfoliasi.

Jika ingin kulit tampak lebih cerah, gunakan krim pemutih yang cocok dan aman untuk kulit. Imbangi dengan pola hidup yang sehat agar kulit tetap sehat dan cerah.

Itulah penjelasan mengenai cara memutihkan kulit dengan bahan alami maupun produk di toko. Proses memutihkan kulit cukup memakan waktu, tetapi hasilnya akan segera terlihat jika dilakukan dengan rutin.