Profil Pelajar Pancasila, Pengertian, Fungsi dan Elemennya

ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/aww.
Ilustrasi, sejumlah pelajar SMP mengibarkan membawa bendera merah putih saat melepas keberangkatan tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 yang digelar oleh BI wilayah NTT di Kupang, NTT, Sabtu (20/5/2023).
Penulis: Tifani
Editor: Agung
13/7/2023, 11.59 WIB

Profil Pelajar Pancasila adalah program yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Profil Pelajar Pancasila dirancang untuk menjadi salah satu materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2023.

Dikutip dari laman kemdikbud.go.id, profil Pelajar Pancasila adalah serangkaian ciri karakter dan kompetensi berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila, yang diharapkan dapat dicapai siswa.

Profil Pelajar Pancasila

Masa pengenalan lingkungan sekolah (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/tom.)

Pengertian profil Pelajar Pancasila adalah pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dalam profil program tersebut dijelaskan bahwa pelajar Indonesia adalah pelajar yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

Keimanan dan ketakwaan para pelajar ini termanifestasi dalam akhlak yang mulia terhadap diri sendiri, sesama manusia, alam, dan negaranya. Program Profil Pelajar Pancasila tidak hanya diterapkan bagi para pelajar saja, melainkan juga perlu dipahami oleh para tenaga pendidik supaya tujuan programnya terwujud.

Pengertian Profil Pelajar Pancasila

Jelang acara puncak Bulan Bung Karno 2023 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.)

Seperti informasi di atas, profil pelajar Pancasila adalah serangkaian kegiatan yang menguatkan pemahaman siswa berbasis proyek. Hal ini dirancang sebagai upaya pencapaian kompetensi dan karakter berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Sedangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kemendikbud Tahun 2020-2024, mengartikan pelajar pancasila adalah perwujudan pelajar indonesia sebagai belajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dari dua pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian profil pelajar Pancasila merupakan serangkaian kegiatan karakter yang akan menguatkan pemahaman siswa dalam menghadapi kompetisi global namun tetap menyesuaikan dengan nilai-nilai Pancasila.

Agar hal tersebut dapat berjalan, pendidik dan praktisi pendidikan harus mempersiapkan peserta didik dengan meningkatkan kemampuan/kompetensi, keterampilan, dan sikap melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek

Fungsi Profil Pelajar Pancasila

Karnaval merdeka belajar (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/nz)

Ada beberapa fungsi profil pelajar pancasila yang harus diketahui oleh guru untuk mewujudkan pedoman pembelajaran di Kurikulum Merdeka. Berikut ini beberapa fungsi dan manfaatnya, seperti:

  1. Menerjemahkan tujuan dan visi pendidikan ke dalam format yang lebih mudah dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan
  2. Menjadi kompas bagi pendidik dan pelajar Indonesia
  3. Tujuan akhir segala pembelajaran, program, dan kegiatan di satuan pendidikan
  4. Dapat dijabarkan, bahwa fungsi profil pelajar Pancasila menjadi pedoman yang akan menuntun pendidik untuk menjabarkan tujuan pendidikan nasional lewat modul pembelajaran efektif dan berkesinambungan.

Elemen Kunci Profil Pelajar Pancasila

Hari pertama sekolah setelah libur Lebaran (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/tom.)

Di bawah ini terdapat enam dimensi dari Profil Pelajar Pancasila lengkap dengan penjelasan dan masing-masing elemen kuncinya.

1. Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

Pelajar Indonesia adalah pelajar yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.

Elemen kunci dari beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia yaitu akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam dan akhlak bernegara.

2. Berkebinekaan Global

Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain. Dengan begitu, diharapkan mampu menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.

Elemen kunci dari berkebinekaan global adalah mengenal dan menghargai budaya, mampu berkomunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, berefleksi, dan tanggung jawab pada pengalaman kebhinekaan.

3. Bergotong Royong

Pelajar Indonesia mampu bergotong royong atau melakukan kegiatan bersama-sama dengan suka rela. Dengan begitu, kegiatan yang dikerjakan bisa berjalan lancar, lebih mudah dan lebih ringan.

Elemen kunci dari bergotong royong yaitu kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.

4. Mandiri

Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yakni bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci mandiri di Profil Pelajar Pancasila adalah sadar akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.

5. Bernalar Kritis

Pelajar Indonesia yang bernalar kritis bisa memproses informasi kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi, dan menyimpulkannya. Setiap tahapan bernalar kritis ini dilakukan secara objektif.

Elemen kunci bernalar kritis yakni memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, serta mengambil keputusan.

6. Kreatif

Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci kreatif dalam Profil Pelajar Pancasila adalah menghasilkan gagasan orisinal dan menghasilkan karya serta tindakan orisinal.

Demikian ulasan mengenai profil pelajar pancasila, baik pengertian, tujuan dan elemennya. Semoga membantu tugas Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2023.