Perseroan Terbatas (PT) merupakan perusahaan yang diminati masyarakat sebagai tempat bekerja. Oleh sebab itulah, setiap pelamar perusahaan berbentuk PT, wajib menilik sederet contoh surat lamaran kerja di PT secara umum.
Surat lamaran merupakan dokumen resmi yang disusun dengan tujuan memperoleh pekerjaan di bidang tertentu. Bersamaan dengan surat tersebut, terlampir pula dokumen lain yang menjadi bahan pertimbangan perusahaan menerima lamaran para pelamar pekerjaan.
Berkaitan dengan hal itu, menarik mengetahui contoh surat lamaran kerja di PT sebagai inspirasi agar suratnya tersusun dengan baik. Simaklah contoh surat tersebut sebagai berikut.
Contoh Surat Lamaran Kerja di PT
Bekerja di sebuah perusahaan jenis PT menjadi keuntungan tersendiri bagi calon pekerja. Oleh karena itu, surat lamaran yang disusun haruslah diperhatikan dengan cermat, sehingga para pelamar pun perlu juga melihat contoh-contoh berikut.
Contoh Surat Lamaran Kerja di PT 1
Perihal: Lamaran Pekerjaan Sebagai Staf HRD
Kepada Yth.
Bapak/Ibu HRD Manager/Personalia
PT Mulia Putra Sejahtera Merdeka
Di Jalan Palem Hijau Ungu Nomor 5 Blok E, Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah.
Dengan hormat,
Berkaitan atas adanya informasi yang saya terima berupa lowongan pekerjaan PT Mulia Putra Sejahtera Merdeka sebagai Staf HRD, saya tertarik mengisi posisi tersebut. Saya memperoleh informasi mengenai lowongan tersebut di seluruh media sosial dan situs web PT Mulia Putra Sejahtera Merdeka. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini identitas saya secara singkat:
Nama: [Tuliskan nama lengkap pelamar dengan benar]
Tempat dan tanggal lahir: [Cantumkan tempat dan tanggal lahir pelamar perusahaan]
Alamat Domisili: [Tuliskan alamat domisili pelamar perusahaan]
Alamat Sesuai KTP: [Cantumkan alamat sesuai KTP jika berbeda dengan alamat domisili]
Pendidikan Terakhir: [Masukkan jenjang pendidikan terakhir]
Nomor Telepon: [Tuliskan nomor telepon aktif dan dapat dihubungi]
Alamat Email: [Cantumkan pula alamat email pelamar]
Adapun minat saya dalam bidang personalia ini telah saya tekuni selama kurang lebih 6 tahun di perusahaan sebelumnya. Saya juga memiliki beberapa sertifikasi kompetensi yang sesuai dan mendukung kinerja saya di bidang ini.
Sebelumnya, saya bekerja sebagai Staf HRD di perusahaan sebelumnya dan mengusulkan beberapa ide terkait pengembangan sumber daya manusia. Saya juga memiliki mekanisme perekrutan serta pengelolaan sumber daya manusia dengan baik, efektif, efisien, dan solutif.
Saya merupakan orang yang tanggap, mudah bekerja sama maupun secara individu, aktif, mudah mempelajari sesuatu dengan cepat, memahami bidang sumber daya manusia, bertanggung jawab, dan dapat dipercaya. Saya yakin dengan kemampuan, pengalaman, kompetensi, dan karakter saya demikian, saya mampu bekerja dan berkontribusi di PT Mulia Putra Sejahtera Merdeka dengan baik.
Berkaitan dengan informasi lebih lanjut terkait diri saya, saya juga melampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan. Dokumen-dokumen yang saya lampirkan yakni sebagai berikut:
1. Curriculum Vitae
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK)
3. Foto Kopi Ijazah
4. Fotokopi Transkrip Nilai
5. Fotokopi Sertifikat TOEFL dan bahasa asing lainnya
6. Fotokopi Sertifikat Kompetensi di Bidang Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Pengelolaan Masyarakat
7. Surat Pengalaman Kerja
8. Fotokopi SKCK yang dilegalisir
Demikian surat lamaran yang dapat saya sampaikan. Semoga bapak/ibu berkenan untuk menerima dan bekerja sama dengan saya di PT Mulia Putra Sejahtera Merdeka. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
[Tanda tangan pelamar dengan tinta hitam atau biru]
[Nama lengkap pelamar disertai gelar]
Contoh Surat Lamaran Kerja di PT 2
Perihal: Lamaran Pekerjaan Sebagai Staf Kesekretariatan
Kepada Yth.
Bapak/Ibu HRD Manager/Personalia
PT Maju Terus Pantang Mundur
Di Jalan Mega Mendung Merdeka Nomor 10 Blok E III, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Dengan hormat,
Berkaitan dengan lamaran pekerjaan yang dipublikasikan PT Maju Terus Pantang Mundur di LinkedIn terkait posisi sebagai Staf Kesekretariatan, saya berminat untuk mengisi posisi tersebut. Berikut ini identitas singkat saya sebagai bahan pertimbangan perusahaan:
Nama: [Cantumkan nama lengkap pelamar dengan benar]
Tempat dan tanggal lahir: [Tuliskan tempat dan tanggal lahir pelamar perusahaan]
Alamat Domisili: [Cantumkan alamat domisili pelamar perusahaan]
Alamat Sesuai KTP: [Tuliskan alamat sesuai KTP jika berbeda dengan alamat domisili]
Pendidikan Terakhir: [Masukkan jenjang pendidikan terakhir]
Nomor Telepon: [Cantumkan nomor telepon aktif dan dapat dihubungi]
Alamat Email: [Tuliskan pula alamat email pelamar]
Adapun minat saya dalam mengisi posisi tersebut adalah karena saya pernah bekerja sebagai Staf Kesekretariatan selama 2 tahun di perusahaan sebelumnya. Atas pekerjaan tersebut, saya mampu mempelajari banyak hal yang relevan sehingga saya yakin dapat berkontribusi di perusahaan ini.
Selain itu, saya melampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu. Demikian surat lamaran kerja yang dapat saya sampaikan. Semoga bapak/ibu berkenan menerima saya. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
[Tanda tangan pelamar]
[Nama terang pelamar]
Itulah dua contoh surat lamaran kerja di PT yang dapat menjadi inspirasi para pencari kerja.