Kata Sapaan, Pengertian, Jenis, dan Contoh Penggunaannya

Pexels
Ilustrasi, kata sapaan.
Editor: Agung
28/11/2023, 12.44 WIB

Kata sapaan kerap digunakan untuk menegur seseorang yang bertemu di suatu tempat. Kata sapaan yang umum adalah nama seseorang, sebutan kekerabatan, dan lain sebagainya.

Kata sapaan digunakan dalam berbagai momentum. Contohnya menegur dan menyapa orang kedua saat bertemu di jalan, berpapasan, atau yang lainnya.

Berkenaan dengan penggunaan kata sapaan, menarik mengetahuinya lebih lanjut. Simak pengertian dan contoh penggunaannya sebagai berikut.

Pengertian Kata Sapaan

Kata Sapaan (Pexels)

Kata sapaan merupakan jenis kata yang dipergunakan untuk memanggil, menghormati, atau menyapa seseorang. Penggunaan kata sapaan bertujuan untuk menunjukkan interaksi di antara individu dan menciptakan atmosfer komunikasi yang lebih akrab atau bersifat sopan.

Variasi dalam penggunaan sapaan dapat tergantung pada konteks budaya, situasi, atau relasi antarindividu yang bersangkutan. Semakin beragam budaya yang diketahui, cara dan kata-kata sapaan pun semakin banyak.

Jenis-jenis Kata Sapaan

Kata Sapaan (Pexels)

Kata sapaan menunjukkan seseorang dalam peran tertentu. Berikut ini kata sapaan tersebut dan penjelasannya:

1. Kata Sapaan Nama

Kata sapaan ini merupakan penyebutan nama seseorang yang sedang disapa atau ditegur. Nama tersebut dapat berupa nama panggilan singkat atau nama keakraban lainnya.

2. Istilah Kekerabatan

Kata sapaan dalam istilah kekerabatan juga dapat disebutkan saat menyapa. Contohnya yakni ibu, mama, mami, bapak, ayah, bunda, papa, papi, kakak, abang, kakek, nenek, eyang, mbak, mas, adik, dan lain sebagainya.

Istilah kekerabatan itu tidak selalu menunjukkan adanya hubungan darah. Kata-kata tersebut dapat digunakan secara umum.

3. Kata Sapaan Sesuai Gelar atau Pangkat

Kata sapaan yang sesuai dengan gelar atau pangkat adalah kata-kata atau ekspresi yang dipakai untuk menyapa atau memanggil seseorang dengan memperhatikan gelar atau pangkat yang dimilikinya.

Pemakaian sapaan ini mencerminkan tingkat keformalan dan tingkat kehormatan yang disesuaikan dengan posisi atau status sosial individu yang dihormati. Contohnya yakni dokter, dosen, guru, kapten, pelatih, komandan, profesor, dan lain sebagainya.

4. Kata Sapaan Pelaku

Berikutnya, terdapat pula kata sapaan yang merujuk pada pelaku. Maksud pelaku adalah seseorang yang melakukan kegiatan tertentu. Contohnya yakni pengamat, peneliti, penonton, pembicara, pendengar, penikmat, penulis, pembaca, pengusaha, dan lain sebagainya.

5. Kata Sapaan Nominal

Kata sapaan nominal merupakan kata atau ekspresi yang dipakai untuk menyapa atau memanggil seseorang tanpa menjelaskan secara detail status atau hubungan spesifik yang dimiliki oleh individu tersebut. Umumnya, sapaan nominal cenderung bersifat netral dan umum, tidak mengandung nuansa atau makna khusus tertentu.

Penggunaan kata-kata ini bertujuan menciptakan suasana komunikasi yang santai dan ramah. Contohnya yakni sayangku, kekasihku, pujaanku, pujanggaku. Terkadang ada pula nyonya, tuan, dan lainnya.

Kata Sapaan (Pexels)

6. Kata Sapaan Deiksis

Kata sapaan deiksis adalah kata atau ungkapan yang digunakan untuk merujuk secara langsung kepada orang atau objek tertentu dalam konteks waktu dan tempat tertentu. Kata deiksis membantu pembicara atau penulis untuk menunjukkan atau menetapkan secara spesifik identitas dari objek atau orang yang mereka bicarakan.

Kata sapaan deiksis sering kali berubah tergantung pada situasi dan konteks pembicaraan. Contohnya yang di sini, yang di situ.

7. Ciri Nol

Kata ciri nol maksudnya adalah sapaan tanpa bentuk kata sapaannya. Contohnya yakni kalimat “sudah mau pulang?” “sudah mau tidur?” tetapi tetap merujuk pada seseorang yang diajaknya bicara.

Contoh Penggunaan Kata Sapaan

Kata Sapaan (Pexels)

Setelah mengetahui pengertiannya, menarik melihat beberapa kata sapaan dan contoh penggunaannya. Berikut ini contoh kata dan kalimat penggunaannya:

1. Contoh Kalimat dengan Kata Sapaan Nama

  • Hai, Nala! Apa yang kamu butuhkan di toko ini?
  • Halo, Mala! Senangnya bertemu denganmu! Kamu sedang apa di taman?
  • Hai, Prisa! Apa kabarmu? Sudah lama kita tidak berjumpa.

2. Contoh Kalimat dengan Istilah Kekerabatan

  • Kakak, tolong ambilkan buku di rak biru untukku.
  • Adik, tolong belikan gunting di toko depan.
  • Ibu, apa yang sedang ibu masak? Bolehkah aku turut membantu?

3. Contoh Kalimat dengan Kata Sapaan Sesuai Gelar atau Pangkat

  • Selamat pagi, Dokter Lana. Saya sedang sakit perut apakah berkenan saya berkunjung untuk pemeriksaan?
  • Selamat siang, Komandan!

4. Contoh Kalimat dengan Kata Sapaan Pelaku

  • Hai para penonton! Apakah acaranya menyenangkan?
  • Halo para pembaca! Bagaimana buku yang telah dibaca kali ini?
  • Hai para pembicara! Terima kasih sudah datang dan memberikan kami ilmu yang bermanfaat.

5. Contoh Kalimat dengan Kata Sapaan Nominal

  • Hai, Sayang. Aku membelikanmu sebuah gaun untuk kau pakai malam ini.
  • Wahai kekasihku, janganlah pergi tanpa memberi kabar.

6. Contoh Kalimat dengan Kata Sapaan Deiksis

  • Siapa yang disana, coba sebutkan 5 macam makhluk air!
  • Siapa yang duduk di sini, berikan 5 permen yang ada di dalam toples itu.

7. Contoh Kalimat dengan Ciri Nol

  • Mau makan apa?
  • Mau pergi naik apa?

Itulah penjelasan mengenai pengertian, contoh kata sapaan hingga contoh penggunaannya.