9 Makanan Khas Sidoarjo yang Wajib Dicicipi

wisata.id
Ilustrasi, bandeng asap.
Penulis: Tifani
Editor: Agung
5/1/2024, 13.43 WIB

Sidoarjo adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan dengan Surabaya, Gresik, Pasuruan, dan Mojokerto. Sidoarjo merupakan kabupaten terkecil dan terpadat di Jawa Timur, dengan luas 634,39 km2.

Sidoarjo merupakan salah satu daerah industri di Jawa Timur dan penyangga Kota Surabaya. Sidoarjo juga dikenal sebagai kota wisata dengan berbagai destinasi, seperti candi, taman, dan taman bermain.

Makanan Khas Sidoarjo

Selain kaya akan tempat wisata, Sidoarjo juga dikenal akan beragam kulinernya yang lezat. Banyak makanan khas Sidoarjo yang wajib dicoba oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berikut ragam makanan khas Sidoarjo yang dikutip dari laman resmi pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

1. Lontong Kupang

Lontong Kupang (Indonesia Kaya)

Lontong Kupang adalah makanan khas Sidoarjo yang paling populer. Makanan ini terdiri dari lontong yang disiram dengan kuah kaldu kupang, lentho, dan tambahan bumbu petis.

Kupang adalah sejenis kerang kecil yang banyak ditemukan di perairan pesisir Sidoarjo. Lentho adalah makanan tradisional Jawa yang terbuat dari campuran tepung, kacang tanah, dan bumbu-bumbu.

2. Sate Kerang

 
Sate Kerang (cookpad)

Sate Kerang adalah makanan khas Sidoarjo lainnya yang juga cukup populer. Makanan ini terbuat dari kerang segar yang dilumuri dengan bumbu kecap dan kacang.

Sate Kerang biasanya disajikan dengan lontong atau nasi hangat.

3. Ote-Ote Porong

Ote-Ote Porong adalah makanan khas Sidoarjo yang terbuat dari tepung terigu, tepung beras, dan berbagai macam bumbu. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih dan renyah. Ote-Ote Porong biasanya disajikan dengan saus sambal atau petis.

4. Bandeng Asap

Bandeng Asap adalah makanan khas Sidoarjo yang terbuat dari ikan bandeng yang diasap. Bandeng Asap memiliki cita rasa yang gurih dan smoky. Bandeng Asap biasanya disajikan dengan nasi hangat atau digoreng.

5. Petis Udang

Petis udang (Cookpad)

Petis Udang adalah salah satu makanan khas Sidoarjo yang menjadi ikon dari kabupaten ini. Terlebih julukan Kota Udang juga menandakan bahwa Sidoarjo merupakan salah satu sentra penghasil udang di Jawa Timur.

Tidak mengherankan jika olahan udang seperti petis udang bisa ditemukan dengan mudah di kota ini. Selain menjadi campuran berbagai makanan seperti lontong kupang dan rujak cingur, petis udang juga bisa dijadikan buah tangan atau oleh-oleh.

6. Kue Lumpur Bakar

Kue lumpur bakar adalah kudapan tradisional khas Sidoarjo berupa kue basah yang diolah dengan cara dibakar. Kue lumpur bakar ini tersedia dalam dua rasa yaitu rasa original dan rasa kelapa yang sama-sama lezat.

7. Bandeng Presto

Olahan bandeng presto bisa dibilang banyak ditemukan di berbagai daerah, termasuk salah satunya di Sidoarjo. Bedanya bandeng presto khas Sidoarjo memiliki cita rasa berbeda dari daerah lainnya. Tak heran jika makanan khas Sidoarjo ini selalu diburu bahkan dijadikan buah tangan oleh wisatawan.

8. Telur Asin

Telur Asin (Cookpad)

Telur asin juga termasuk makanan khas Sidoarjo yang cukup terkenal. Makanan ini dibuat dari telur yang diasinkan dalam rendaman garam selama berminggu-minggu. Ada yang menggunakan telur bebek, ada pula yang dibuat dari telur ayam.

Telur asin dari telur bebek biasanya lebih padat dan memiliki bagian kuning dengan warna yang lebih pekat. Karena itulah, telur asin dari telur bebek lebih banyak diminati.

Desa Kebonsari merupakan daerah di Sidoarjo yang terkenal sebagai penghasil telur asin. Warga di sana bahkan berinovasi dengan membuat telur asin rasa udang, kepiting, atau rasa bawang.

9. Kerupuk Udang

Kerupuk udang Sidoarjo memiliki berbagai jenis. Ada yang tebal dan berwarna putih dengan rasa udang yang kuat. Ada pula yang tipis dan berwarna oranye dengan rasa cenderung manis. Makanan khas Sidoarjo ini dibuat dari udang tumbuk, tepung, dan bumbu. Setelah itu dicetak, dikukus, diiris tipis, dan dijemur hingga benar-benar kering.

Demikian sembilan makanan khas Sidoarjo, jawa Timur yang menggugah selera dan layak dicoba para pecinta kuliner. Selain makanan khas di atas, Kota Udang masih memilki ragam makanan khas yang tidak kalah populer dan lezat.