10 Rekomendasi Kuliner Oleh-oleh Khas Sidoarjo

Dwi Latifatul Fajri
2 Mei 2022, 08:52
oleh oleh khas Sidoarjo
Instagram/kuelumpur_kediri
Ilustrasi, Kue Lumpur Bakar yang merupakan salah satu kuliner khas Sidoarjo

Kota Sidoarjo berbatasan dengan kota Surabaya dan Kabupaten Gresik. Sidoharjo berada dekat dengan selat Madura bagian timur. Jarak tempuh antara Sidoarjo dan Surabaya sekitar 1 jam perjalanan. Kebanyakan kuliner khas Sidoharjo merupakan olahan laut yang dikemas menjadi makanan pedas dan gurih.

Sidoharjo menyediakan kuliner dan oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Anda bisa mengunjungi kota ini untuk membeli oleh-oleh khas. Berada dekat dengan pantai, kuliner khas Sidoarjo terkenal dengan olahan laut.

Contoh oleh oleh khas Sidoharjo yaitu otak-otak bandeng, ote-ote, bandeng asap, dan terasi khas Sidoharjo. Sedangkan kuliner khas Sidoharjo kebanyakan menggunakan kupang atau kerang kecil.

Makanan khas Sidoharjo yaitu lontong kupang, sate kerang, rawon, dan kue lumpur bakar. Berikut rekomendasi oleh oleh khas Sidoarjo yang bisa dibeli.

Oleh-oleh Khas Sidoarjo

1. Terasi Sidoarjo

Terasi Udang
Terasi Udang (Instagram/warung_magaciz)

Oleh oleh khas Sidoarjo adalah terasi untuk bumbu masak. Terasi Sidoharjo ini menggunakan fermentasi udang rebon dan ikan. Terasi ini cocok untuk membuat sambal, tumis, dan olahan makanan lain.

2. Wader Crispy

Ikan wader merupakan ikan kecil yang hidup di sungai dan air tawar. Mengutip dari indonesia.go.id, panjang ikan mencapai 10 cm dan beratnya 10 gram. Ikan wader tersebar di pulau Jawa dan Bali. Ikan ini hidup dalam air jernih mengalir, sawah, danau, dan sungai kecil.

Kota Sidoharjo mengolah ikan ini menjadi makanan gurih dan renyah. Bahan utama wader crispy ini menggunakan ikan wader, tepuk, dan bumbu untuk penambah rasa. Makanan ini cocok disantap sebagai lauk atau camilan.

3. Kue Lumpur Bakar

Oleh oleh khas Sidoarjo adalah kue lumpur. Kue ini memiliki tekstur lembut dan kenyal seperti puding. Bahan membuat kue lumpur ini dari telur ayam kampung, terigu, santan, gula, dan bumbu lain. Bahan tersebut dicampur menjadi adonan kemudian dimasak diatas arang.

Kue lumpur bakar termasuk inovasi kue lumpur di Sidoharjo. Kue ini melalui proses pemanggangan, sehingga rasanya berbeda dari kue lumpur lain. Kue lumpur berbentuk lingkaran kecil dan dibagian atasnya diberi topping kismis.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...