10 Rekomendasi Kuliner Oleh-oleh Khas Sidoarjo

Kota Sidoarjo dikenal dengan kuliner dari hasil olahan laut. Contohnya saja lontong kupang dan sate kerang. Selain kuliner, berikut rekomendasi oleh oleh khas Sidoarjo yang menggugah selesa.
Dwi Latifatul Fajri
2 Mei 2022, 08:52
oleh oleh khas Sidoarjo
Instagram/kuelumpur_kediri
Ilustrasi, Kue Lumpur Bakar yang merupakan salah satu kuliner khas Sidoarjo

Kota Sidoarjo berbatasan dengan kota Surabaya dan Kabupaten Gresik. Sidoharjo berada dekat dengan selat Madura bagian timur. Jarak tempuh antara Sidoarjo dan Surabaya sekitar 1 jam perjalanan. Kebanyakan kuliner khas Sidoharjo merupakan olahan laut yang dikemas menjadi makanan pedas dan gurih.

Sidoharjo menyediakan kuliner dan oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Anda bisa mengunjungi kota ini untuk membeli oleh-oleh khas. Berada dekat dengan pantai, kuliner khas Sidoarjo terkenal dengan olahan laut.

Contoh oleh oleh khas Sidoharjo yaitu otak-otak bandeng, ote-ote, bandeng asap, dan terasi khas Sidoharjo. Sedangkan kuliner khas Sidoharjo kebanyakan menggunakan kupang atau kerang kecil.

Makanan khas Sidoharjo yaitu lontong kupang, sate kerang, rawon, dan kue lumpur bakar. Berikut rekomendasi oleh oleh khas Sidoarjo yang bisa dibeli.

Advertisement

Oleh-oleh Khas Sidoarjo

1. Terasi Sidoarjo

Terasi Udang
Terasi Udang (Instagram/warung_magaciz)

 

Oleh oleh khas Sidoarjo adalah terasi untuk bumbu masak. Terasi Sidoharjo ini menggunakan fermentasi udang rebon dan ikan. Terasi ini cocok untuk membuat sambal, tumis, dan olahan makanan lain.

2. Wader Crispy

Ikan wader merupakan ikan kecil yang hidup di sungai dan air tawar. Mengutip dari indonesia.go.id, panjang ikan mencapai 10 cm dan beratnya 10 gram. Ikan wader tersebar di pulau Jawa dan Bali. Ikan ini hidup dalam air jernih mengalir, sawah, danau, dan sungai kecil.

Kota Sidoharjo mengolah ikan ini menjadi makanan gurih dan renyah. Bahan utama wader crispy ini menggunakan ikan wader, tepuk, dan bumbu untuk penambah rasa. Makanan ini cocok disantap sebagai lauk atau camilan.

3. Kue Lumpur Bakar

Oleh oleh khas Sidoarjo adalah kue lumpur. Kue ini memiliki tekstur lembut dan kenyal seperti puding. Bahan membuat kue lumpur ini dari telur ayam kampung, terigu, santan, gula, dan bumbu lain. Bahan tersebut dicampur menjadi adonan kemudian dimasak diatas arang.

Kue lumpur bakar termasuk inovasi kue lumpur di Sidoharjo. Kue ini melalui proses pemanggangan, sehingga rasanya berbeda dari kue lumpur lain. Kue lumpur berbentuk lingkaran kecil dan dibagian atasnya diberi topping kismis.

4. Bandeng Asap

Ikan bandeng termasuk ikan hasil budidaya yang hidup di air payau. Selain olahan laut, kota Sidoharjo mengolah ikan bandeng dengan teknik pengasapan. Teknik pengasapan ini membuat ikan lebih tahan lama untuk oleh-oleh.

5. Otak-otak Bandeng

Otak-Otak Bandeng
Otak-Otak Bandeng (Instagram/snackfrozen_surabaya)

 

Selain bandeng asap, otak-otak bandeng jadi rekomendasi oleh oleh khas Sukoharjo. Cara membuat otak-otak bandeng yakni mengeluarkan isi perut tanpa merusak daging. Sedangkan bagian daging bandeng ditambahkan bumbu rempah-rempah untuk penyedap rasa.

Otak-otak bandeng ini kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus sampai matang. Duri ikan bandeng ini sudah dihilangkan dan teksturnya lembut.

6. Kerupuk Udang

Oleh oleh hasil olahan laut di Sidoharjo adalah kerupuk udang. Bahan utama kerupuk ini menggunakan udang rebon,bawang putih, dan tepung. Adonan ini kemudian dicampur sampai membentuk kerupuk.

Proses pembuatan kerupuk cukup lama karena perlu dikukus dan dijemur selama 3 hari. Setelah dijemur baru kerupuk digoreng hingga matang. Anda bisa membeli kerupuk udang mentah atau matang untuk oleh-oleh.

7. Ote-Ote Porong

Di Sidoharjo bakwan disebut ote-ote. Makanan ringan yang digoreng ini menggunakan campuran tepung, air garam, dan bumbu penyedap. Sedangkan isian ote-ote menggunakan sayur, potongan daging, dan jamur tiram. Ada juga ote-ote yang dicampur potongan rumput laut.

8. Petis Udang

Selain terasi, ada petis udang khas Sidoarjo. Bau petis udang tidak sekuat terasi sehingga aman dibeli untuk perjalanan jauh. Mengutip dari kulinerkota.com, petis ini teksturnya kenyal, warna pekat gelap, dan seperti saus. Di kota Sidoharjo petis udang dipakai untuk bumbu kupang lontong, tahu campur, dan rujak cingur.

9. Telur Asin

Selain olahan laut, kota Sidoharjo memiliki telur asin khas. Sidoarjo termasuk daerah produksi penghasil telur asin berkualitas. Telur asin ini menggunakan telur bebek yang melalui proses pengasinan selama satu bulan.

10. Keripik Teripang

Kerupuk Teripang
Kerupuk Teripang (Instagram/elsafooddiary)

 

Teripang adalah timun laut atau hewan yang hidup dalam laut. Keripik teripang menggunakan bahan teripang yang dikeringkan dan dimasak menjadi keripik. Tak hanya di Sidoharjo, keripik teripang juga dijual untuk oleh-oleh di kota Surabaya. Kerupuk ini memiliki tekstur agak keras, tetapi renyah dan gurih ketika digigit.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait