Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 93

Freepik
Ilustrasi, buku pelajaran.
Editor: Agung
26/1/2024, 17.42 WIB

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran dimana ada banyak materi yang perlu dipahami siswa, termasuk siswa kelas 10. Oleh karena itu, siswa dihimbau untuk rajin belajar dengan membaca ulang materi dan mengerjakan soal agar tidak mudah lupa dengan materi pelajaran. 

Setelah selesai mengerjakan soal, siswa bisa melihat kunci jawaban dan membandingkan jawabannya agar bisa mengetahui jawaban yang tepat.

Dalam ulasan berikut ini, siswa bisa mempelajari secara lengkap soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 93. Dalam praktiknya, siswa diminta mengerjakan 10 soal berdasarkan dua teks tentang deskripsi perusahaan dan surat penawaran perusahaan.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 93

Berikut ini soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 93 yang bisa dijadikan sebagai bahan belajar untuk memudahkan siswa dalam memahami materi membandingkan isi teks.

kunci jawaban bahasa indonesia kelas 10 halaman 93 (Freepik)

1. Menurut kalian, apa saja perbedaan kedua teks di atas berdasarkan bentuk dan jenisnya!

Jawaban:
Teks pertama jenisnya adalah teks deskriptif berbentuk penggambaran sebuah perusahaan. Sedangkan teks kedua berjenis teks negosiasi berbentuk surat penawaran.

2. Menurut kalian, apakah perbedaan kedua teks di atas berdasarkan tujuan penulisannya?

Jawaban:
Teks pertama bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai sebuah perusahaan. Adapun teks kedua bertujuan untuk menawarkan kerja sama pengadaan alat kelengkapan kantor.

3. Pada teks satu dan dua terdapat frase harga kompetitif dan harga bersaing. Jelaskan apa maksud dari kedua frase tersebut!

Jawaban:
Kedua frase tersebut memiliki maksud harga yang ditawarkan dijamin akan lebih murah dibandingkan dengan harga yang ditawarkan perusahaan lainnya.

4. Apa saja perbedaan informasi tentang perusahaan yang terdapat dalam teks satu dan teks dua? Jelaskan!

Jawaban:
Teks pertama mengandung informasi tentang profil sebuah perusahaan secara terperinci. Sedangkan teks kedua tidak menjelaskan profil perusahaan secara terperinci, namun berisi penawaran kerja sama pengadaan alat kelengkapan kantor.

5. Apa saja persamaan informasi tentang perusahaan yang terdapat dalam teks satu dan dua? Jelaskan!

Jawaban:
Kedua teks tersebut memiliki kesamaan berupa perusahaan bergerak di bidang kelengkapan alat kantor.

6. Sebagai sebuah deskripsi perusahaan, apakah teks tersebut telah cukup sesuai dan lengkap? Apabila belum lengkap, tuliskan saran perbaikannya!

Jawaban:
Teks tersebut sudah cukup sesuai dengan lengkap, karena sudah memuat berbagai informasi tentang profil perusahaan.


 

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 93 (Freepik)

7. Sebagai sebuah deskripsi perusahaan, apakah kalimat-kalimat dalam teks tersebut telah cukup efektif, jelas, dan mudah dipahami? Apabila belum, tuliskan saran perbaikannya!

Jawaban:
Kalimat-kalimat yang ada di teks tersebut sudah cukup efektif, jelas, dan mudah dipahami. Sebab, tidak ada kata maupun kalimat yang memiliki makna ganda, multi tafsir, rancu, dan tidak efektif.

8. Sebagai sebuah surat penawaran, apakah bahasa surat tersebut sudah cukup baik dan santun? Apabila belum baik dan santun, tuliskan saran perbaikannya!

Jawaban:
Bahasa yang digunakan pada surat penawaran terbilang cukup baik dan santun. Hal ini dikarenakan tidak ditemukannya kata-kata yang bermuatan unsur negatif atau tidak sopan yang dapat menyinggung, melecehkan atau menghina menerima penerima surat tersebut.

9. Sebagai sebuah surat penawaran, apakah isi dan alasan dalam surat tersebut sudah tepat dan menarik? Apabila belum tepat dan menarik, tuliskan saran perbaikannya!

Jawaban:
Isi dan alasan dalam surat penawaran sudah cukup tepat dan menarik. Sebab, surat penawaran tersebut sudah mencakup informasi-informasi penting yang dibutuhkan.

10. Setujukah kalian jika surat penawaran tersebut termasuk teks negosiasi? Jelaskan alasannya!

Jawaban:
Setuju, karena di dalam surat penawaran tersebut terdapat unsur penawaran dan juga upaya negosiasi.

Itulah informasi mengenai soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 93 yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan belajar. Dalam praktiknya, siswa diharapkan mengerjakan soalnya secara mandiri terlebih dahulu sebelum mengoreksi jawabannya dengan kunci jawaban di atas.