Menelaah Perbedaan Antara Predasi dan Parasitisme

Unsplash
Perbedaan antara Predasi dan Parasitisme
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Agung
7/2/2024, 12.21 WIB

Perbedaan antara predasi dan parasitisme merupakan konsep yang dipelajari dalam bidang ilmu Biologi dan mempelajari interaksi antarorganisme. Dalam sebuah komunitas, organisme individu berinteraksi melalui berbagai cara. Untuk memahami perbedaan predasi dengan parasitisme secara mendalam, penting memahami pengertiannya terlebih dahulu.

Setiap makhluk hidup selalu terlibat dalam interaksi atau hubungan dengan sesamanya karena membutuhkan satu sama lain untuk kelangsungan hidup. Dalam interaksi tersebut, ada yang bersifat saling menguntungkan bagi kedua belah pihak namun ada juga yang merugikan salah satu pihak. Contohnya, predasi dan parasitisme, yakni jenis interaksi yang melibatkan dua atau lebih komponen biotik dalam suatu ekosistem.

Pengertian Predasi dan Parasitisme

Perbedaan Antara Predasi dan Parasitisme (Unsplash)

Perbedaan antara predasi dan parasitisme menjadi fokus dalam bidang Biologi yang mempelajari interaksi antarorganisme. Berikut pengertian predasi dan parasitisme:

1. Pengertian Predasi

Menurut The Nature Education, predasi merupakan proses di mana satu organisme membunuh dan mengonsumsi organisme lainnya. Organisme yang melakukan predasi disebut predator sedangkan yang dimakan disebut mangsa. Meskipun merugikan bagi mangsa, predasi penting bagi kelangsungan hidup predator dan reproduksinya.

Predasi memiliki dampak ekologis pada dua tingkatan yaitu individu dan komunitas. Pada tingkat individu, mangsa dapat mengalami cedera serius atau bahkan kematian. Pada tingkat komunitas, jumlah populasi mangsa akan berkurang karena predasi.

Selain hewan, kelompok predator bisa melibatkan organisme yang lebih kecil memangsa yang lebih besar. Bahkan tanaman juga dapat menjadi predator seperti tanaman karnivora seperti kantong semar dan perangkap lalat venus yang memakan serangga.

2. Pengertian Parasitisme

Menurut The Nature Education, parasitisme ialah interaksi di mana satu organisme memperoleh nutrisi dari organisme lain tanpa membunuhnya, hanya menyebabkan penurunan kebugaran. Dalam parasitisme, organisme yang memakan organisme lain disebut parasit sedangkan organisme yang dimakan disebut inang.

Beberapa parasit dapat menyebabkan penyakit pada inang yang disebut patogen. Parasit dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu endoparasit yang hidup di dalam tubuh inangnya dan ektoparasit yang hidup di luar tubuh inangnya. Inang parasit bisa berupa hewan, tumbuhan bahkan manusia.

Perbedaan Antara Predasi dan Parasitisme

Perbedaan Predasi dan Parasitisme (Unsplash)

Predasi terjadi saat satu makhluk hidup memangsa makhluk hidup lain untuk mendapatkan makanan. Berikut perbedaan antara predasi dan parasitisme:

1. Ukuran

  • Predasi: Predator memiliki ukuran lebih besar dan lebih kuat dari mangsanya.
  • Parasitisme: Parasit berukuran lebih kecil dari organisme inangnya.

2. Tindakan

  • Predasi: Predator membunuh, memburu dan menyerang mangsanya.
  • Parasitisme: Parasit menggunakan sel inang, sumber daya inang dan menyebabkan kerusakan.

3. Jumlah inang

  • Predasi: Berinteraksi dengan berbagai jenis mangsa.
  • Parasitisme: Hanya berinteraksi dengan satu organisme inang.

4. Ketergantungan metabolik

  • Predasi: Tidak ada ketergantungan di antara keduanya.
  • Parasitisme: Hubungan erat dan melibatkan ketergantungan metabolik pada organisme inang.

5. Nutrisi

  • Predasi: Memperoleh nutrisi dengan cara membunuh mangsanya.
  • Parasitisme: Memperoleh nutrisi dari organisme inang.

6. Kemajuan

  • Predasi: Predator aktif menangkap mangsanya dengan upaya fisik intens.
  • Parasitisme: Menyerang sel-sel hidup dan mencoba memanfaatkan nutrisi, menguntungkan dirinya dan merusak inang.

7. Hubungan

  • Predasi: Terjadi antara predator dan mangsa.
  • Parasitisme: Terjadi antara parasit dan organisme inang.

8. Penyelesaian siklus hidup

  • Predasi: Siklus kehidupan predator dan mangsa tidak saling bergantung.
  • Parasitisme: Parasit membutuhkan inang untuk menyelesaikan siklus hidupnya.

Perbedaan antara predasi dan parasitisme mencakup beberapa aspek penting. Predasi melibatkan predator yang lebih besar dan kuat, memburu mangsanya untuk memperoleh nutrisi dengan cara membunuhnya. Sementara itu, parasitisme melibatkan parasit yang lebih kecil, menggunakan organisme inang untuk memperoleh nutrisi tanpa membunuhnya secara langsung.