Materi Ruang Lingkup Biologi Lengkap Beserta Contoh Soalnya

Biologi merupakan ilmu tentang kehidupan. Ruang lingkup biologi sangatlah luas, mulai dari ciri biologi, tingkatan organisasi kehidupan, hingga cabang ilmu biologi.
Image title
21 September 2021, 11:56
Ilustrasi ruang lingkup biologi
pixabay.com
Ilustrasi ruang lingkup biologi

Segala yang ada di muka bumi ini tidak bisa lepas dari ilmu pengetahuan. Ketika kita bernapas, berinteraksi dengan makhluk lain, dan melakukan aktivitas semua ternyata ada ilmu pengetahuan yang mendasarinya.

Sebagai contoh, saat kita sakit lalu minum obat. Tanpa disadari sebenarnya kita sedang terlibat dalam ilmu pengetahuan. Obat yang kita minum merupakan hasil perpaduan dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan bagian dari ruang lingkup biologi.

Biologi merupakan ilmu pengetahuan yang dekat dengan kehidupan. Namun sebenarnya apa itu biologi dan apa saja ruang lingkup didalamnya? Simak penjelasan berikut.

Apa Itu Biologi?

Biologi berasal dari bahasa Yunani dari kata Bios yang artinya hidup dan Logos berarti ilmu. Menurut Siti Pramitha Retno Wardhani, S.Si dalam bukunya yang berjudul “Intisari Biologi Dasar”, biologi merupakan ilmu kehidupan.

Sedangkan pengertian biologi dalam buku “Biologi untuk SMA/MA Kelas X” yaitu ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dan proses kehidupan.

Ilmu tersebut memiliki karakteristiknya sendiri yang menjadi pembeda dengan ilmu lain. Masih mengutip dari buku yang sama, ciri-ciri biologi sebagai berikut:

  • Objek kajian berpa benda konkret. Objek tersebut terbagi menjadi objek material dan objek formal.
  • Dikembangkan berdasarkan pengalaman nyata yang bisa dilakukan setiap orang.
  • Menggunakan langkah-langkah yang urut dan baku.
  • Memerlukan pemikiran logis dan konsisten.
  • Kajian yang dihasilkan bersifat objektif.
  • Hasil teori berlaku umum.

Tingkat Organisasai Kehidupan

Selain pengertian mengenai biologi, materi ruang lingkup biologi lainnya yaitu tentang tingkatan organisasi dalam kehidupan yang saling berhubungan. Mengutip dari buku Biologi untuk SMA/MA Kelas X”, tingkatan organisasi tersebut dibagi menjadi sepuluh kelompok. Berikut penjelasannya.

1. Tingkat organisasi molekul

Tingkatan molekul ini berhubungan dengan proton, neutron, dan elektron yang merupakan penyusun materi sederhana. Jika ketiganya bergabung maka bisa membentuk atom.

Nantinya atom tersebut yang akan berikatan sehingga terbentuklah molekul. Molekul yang saling berikatan akan membentuk ikatan kompleks penyusun organel sel. Saat organel itu berinteraksi maka akan membentuk sel.

2. Tingkatan organisasi sel

Sel adalah satuan unit paling kecil dari kehidupan. Sel memiliki materi khusus untuk metabolisme dan tumbuh berkembang.

3. Tingkatan organisasi jaringan

Jaringan merupakan kumpulan sel dengan bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan memiliki fungsi spesifik. Misalnya, jaringan epitel yang berfungsi untuk melindungi jaringan dibawahnya.

4. Tingkatan organisasi organ dan sistem organ

Ruang lingkup biologi selanjutnya yaitu terkait organ dan sistem organ. Definisi organ yaitu sekumpulan jaringan yang bekerja sama dalam menjalankan fungsi tertentu.

Misalnya organ otak yang terbentuk dari jaringan saraf dan jaringan ikat yang bekerja sama menjalankan fungsi kordinasi. Sedangkan organ-organ yang bekerja sama melakukan fungsi dan tugas tertentu dikenal dengan sistem organ.

Contohmya sistem pencernaan yang terbentuk dari organ mulut, kerongkongan, lambung, susu halus, usus besar, hati, dan pangkreas. Organ-organ tersebut saling bekerja sama untuk mencerna makanan yang masuk.

5. Tingkatan organisasi individu atau organisme

Individu terbagi atas organisme uniseluler dan multiseluler. Contoh organisme uniseluler yaitu protozoa dan bakteri, sedangkan multiseluler yaitu manusia, tumbuhan, dan hewan.

Organisme multiseluler dibentuk oleh sistem organ yang bekerja sama. Misalnya pada manusia, ketika ada masalah pada sistem organ pencernaan, maka akan mempengaruhi sistem organ lainnya.

6. Tingkatan organisasi populasi

Individu sejenis yang berkumpul pada satu tempat pada waktu yang sama disebut sebagai populasi. Dalam organisasi tersebut, nantinya masing-masing individu akan melakukan interaksi seperti perkawinan.

Hasil dari perkawinan tersebut akan membentuk individu baru, sehingga populasinya semakin banyak. Contoh populasi yaitu, populasi lebah, populasi burung, dan populasi ayam.

7. Tingkatan organisasi komunitas

Pada satu tempat tentu akan terdiri dari banyak populasi. Kumpulan populasi yang saling berhubungan disebut komunitas. Contohnya komunitas sawah yang terdiri dari populasi padi, populasi rumput, populasi ular, dan populasi tikus. Interaksi yang terjadi dalam satu komunitas yaitu interaksi dalam satu populasi atau interaksi lintas populasi.

8. Tingkatan organisasi ekosistem

Ekosistem merupakan organisasi kehidupan yang saling berhubungan, bergantung, dan ada timbal balik. Interaksi yang dimaksud yaitu hubungan antara makhluk hidup dengan makhluk hidup atau makhluk hidup dengan lingkungannya. Ciri ekosistem yaitu tersusun atas komponen biotik (hidup) dan abiotik (mati).

9. Tingkatan organisasi bioma

Bioma adalah kumpulan ekosistem yang ada di dunia. Contohnya, bioma tundra, bioma padang rumput, dan bioma gurun.

10. Tingkatan organisasi biosfer

Biosfer adalah organisasi kehidupan terkompleks. Ruang lingkup biologi ini meliputi lapisan bumi, air, dan atmosfer.

Cabang Ilmu Biologi

Ruang lingkup biologi tidak berhenti sampai tingkatan organisasi saja. Ada juga beberapa cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang kehidupan makhluk hidup. Pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas X” dijelaskan ada 22 cabang biologi yang bisa dipelajari.

  1. Bakteriologi: ilmu biologi yang mempelajari bakteri dan peranannya.
  2. Botani: cabang biologi yang mengkaji tentang tumbuhan dan peranannya.
  3. Entomologi: ilmu biologi yang mempelajari serangga dan peranannya dalam kehidupan.
  4. Fikologi: ilmu yang mempelajari ganggang dan peranannya.
  5. Mikrobiologi: ruang lingkup biologi yang mempelajari mikroorganisme beserta perannya.
  6. Paleontologi: ilmu tentang makhluk hidup pada masa lalu yang dilihat dari fosil.
  7. Parasitologi: ilmu tentang parasit dan pengaruhnya pada makhluk hidup.
  8. Virologi: cabang biologi tentang virus dan pengaruhnya.
  9. Zoologi: ilmu tentang hewan dan kehidupannya.
  10. Anatomi: ilmu tentang struktur tubuh makhluk hidup.
  11. Biologi molekuler: ruang lingkup biologi tentang susunan tubuh makhluk hidup pada tingkat molekuler.
  12. Histologi: ilmu yang mempelajari tentang susunan dan fungsi jaringan pada tubuh makhluk hidup.
  13. Morfologi: ilmu tentang susunan dan bentuk luar makhluk hidup.
  14. Organologi: cabang biologi tentang organ dan alat tubuh makhluk hidup.
  15. Sitologi: cabang ilmu biologi tentang sunan dan fungsi dari bagian sel.
  16. Ekologi: ilmu tentang hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungan.
  17. Evolusi: cabang biologi tentang pekmebangan makhluk hidup.
  18. Fisiologi: ilmu tentang proses dan kegiatan yang terjadi pada makhluk hidup.
  19. Genetika: ilmu tentang pewarisan sifat pada makhluk hidup.
  20. Imunologi: ilmu tentang sistem kekebalan tubuh.
  21. Patologi: ilmu tentang penyakit.
  22. Taksonomi: cabang biologi tentang peggolongan makhluk hidup.

Contoh Soal Ruang Lingkup Biologi dan Pembahasannya

Untuk lebih memahami mengenai materi ruang lingkup biologi, tak ada salahnya mencoba melatih pemahaman melalui contoh soal berikut ini.

  • Dalam perjalanan eksplorasi di hutan, beberapa penelitian yang ahli dibidangnya menemukan spesies tanaman baru. Dari kasus tersebut, penelitian tersebut merupakan ahli di bidang?
  • Jawab: peneliti tersebut ahli pada ilmu botani. Sebab pada soal diketahui bahwa peneliti menemukan spesies baru.
  • Antibiotik penisilin merupakan penemuan pada bidang farmasi yang sangat bermanfaat bagi makhluk hidup. Cabang biologi apa yang berperan penting dalam penemuan antibiotik?
  • Jawab: antibiotik penisilin merupakan penerapan dari ilmu biologi mikologi dan bioteknologi. Antibiotik penisilin tersebut dari jamur Penicillium notatum. Sehingga ilmu tentang jamur berperan penting dalam pembuatan obat ini. Sedangkan dalam proses pembuatan antibiotik membutuhkan pemahaman tentang bioteknologi.
  • Tingkat organisasi yang penting dipelajari dalam proses kloning yaitu?
  • Jawab: percobaan kloning yang pernah dilakukan yaitu sebuah proses fusi neukleus sel kelenjar susu domba Finn Dorsel dengan sel telur domba Blackface tanpa nukleus. Sehingga tingkat organisasi yang perlu dipelajari yaitu tingkatan sel.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait