Menakar Dampak Ransomware Bagi Perusahaan dan Cara Mengatasinya

Olhardigital.com
Dampak Ransomware
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Safrezi
25/6/2024, 18.26 WIB

Serangan siber menjadi ancaman serius karena data rahasia bisa bocor sehingga berdampak bagi perusahaan maupun individu. Dampak ransomware dan cara mengatasinya penting dipahami agar terhindar dari serangan siber.

Bentuk serangan siber yang dilakukan, para peretas secara ilegal mengakses dan mengenkripsi data berharga untuk meminta tebusan. 

Kerugian finansial dan reputasi dapat menyebabkan gangguan pada operasional suatu bisnis, sehingga berpotensi mengungkap informasi sensitif  yang bernilai tinggi kepada pihak tidak berwenang.  Selain itu, penyalahan identitas dapat berdampak pada penurunan reputasi.

Dampak Ransomware Bagi Perusahaan

Dampak Ransomware (Csirt.polri.go.id)

Ransomware merupakan ancaman serius yang dapat mengganggu kelangsungan bisnis dan organisasi. Berikut dampak yang ditimbulkan akibat serangan ransomware:

1. Kehilangan Data Berharga

Data penting bisa hilang secara permanen apabila tebusan tidak dibayar atau pemulihan tidak berhasil. Ini berarti kehilangan catatan transaksi, informasi pelanggan atau dokumen strategis yang bisa berdampak buruk pada bisnis dalam jangka waktu panjang.

2. Gangguan Operasional Signifikan

Serangan ransomware dapat mengganggu jalannya bisnis. Dengan mengenkripsi data penting, perusahaan bisa kehilangan akses informasi penting yang diperlukan untuk operasional keseharian bisnis. Ini dapat mempengaruhi layanan pelanggan, produktivitas dan operasional bisnis secara keseluruhan.

3. Kerugian Finansial yang Substansial

Dampak ransomware berikutnya mengalami kerugian finansial substansial. Peretas akan meminta tebusan untuk mengembalikan akses atau data. Hal ini akan meningkatkan beban keuangan perusahaan karena biaya operasional meningkat. Aliran profitabilitas dan kas bisa terganggu.

4. Menurunkan Reputasi Bisnis atau Organisasi

Kebocoran data atau serangan ransomware dapat menunjukkan kurangnya keamanan siber yang bisa merusak reputasi perusahaan dan kepercayaan pelanggan dengan mitra bisnis.

5. Kewajiban Hukum dan Regulasi Terdampak

Pihak perusahaan harus tanggung jawab melaporkan pelanggaran data apabila terjadi serangan ransomware dan melindungi data pelanggan. Jika tidak, perusahaan mungkin menghadapi denda besar yang berdampak pada keuangan dan reputasi.

Cara Mengatasi Ransomware

Cara Mengatasi Ransomware (Voi.id)

Dalam melawan ransomware, back up data secara teratur sangat penting. Buat cadangan rutin semua data penting di tempat terpisah dengan perangkat utama. Berikut cara mengatasi ransomware:

1. Melakukan Isolasi Pada Data

Alih-alih membayar tebusan, coba menerapkan langkah penanggulangan, salah satunya dengan melakukan isolasi pada data yang dimiliki. Jika memungkinkan, tidak ada salahnya mengisolasi data lain sebagai langkah preventif agar ransomware tidak menyebar ke area lain dalam jaringan yang sama.

2. Usahakan Tidak Membayar Uang Tebusan

Ketika mengalami ransomware, usahakan tidak membayar uang tebusan secara terburu-buru. Hal ini perlu dilakukan karena pelaku ransomware belum tentu memberikan akses untuk membuka ekripsi. Selain itu, dikhawatirkan pembayaran uang tebusan justru membuat pelaku semakin aktif dalam menjalankan aksinya.

3. Menginstal Program Antimalware

Penting menghapus ransomwale menggunakan program antimalware. Jangan ragu meminta bantuan para ahli teknolohgi dan informatika. Unrtuk mencegah malware menyerang komputer, berikut beberapa langkah preventif yang dapat dicoba:

• Melakukan edukasi secara aktif terhadap orang di sekitar mengenai bahaya ransomware. Penting juga memberikan peringatan agar tidak sembarang melakukan klik terhadap tautan yang mencurigakan.
• Memantau berkala dengan sistem deteksi intrusi atau pemantauan perilaku. Jika tidak memahami hal ini, bisa berkonsultasi dengan ahli teknologi dan informatika.
• Menggunakan perangkat lunak yang dapat mendukung keamanan komputer. Sebut saja antivirus atau antimalware.

Dampak ransomware dan cara mengatasinya penting dipahami agar kita lebih waspada terhadap tautan mencurigakan yang mungkin dikirim peretas. Jangan semabarangan mengeklik tautan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.