Menengok Keindahan Pantai Sendang Biru, Destinasi Wisata di Malang

Katadata
Ilustrasi, Pantai Sendang Biru, Malang, Jawa Timur
Penulis: Tifani
Editor: Agung
13/9/2022, 17.07 WIB

Pantai Sendang Biru merupakan salah satu pantai yang terletak di Malang, Jawa Timur, tepatnya berada di Kecamatan Sumber Manjing Wetan, atau di bagian Selatan Kabupaten Malang. Jarak Pantai Sendang Biru dengan alun-alun Kota Malang sekitar 70 kilometer.

Pantai Sendang Biru dalam bahasa Jawa memiliki arti sumber air yang berwarna biru, karena pantai ini memang dikenal memiliki air yang jernih dan berwarna biru. Di lokasi ini, pengunjung dapat menyaksikan hamparan pasir putih dan pemandangan perahu nelayan yang tertata rapi di sepanjang bibir pantai.

Garis Pantai Sedang Biru terletak sejajar dengan ruas jalan nasional Balekambang-Bajul Mati-Sendang Biru. Secara keseluruhan ruas jalan ini membentang sepanjang 21,3 kilometer. Melewati jalan ini, pengendara akan dimanjakan pemandangan pantai yang indah.

Jalan tersebut merupakan bagian dari segmen Panggul-Sendang Biru-Jarit-Puger-Glenmore, Jawa Timur. Segmen jalan ini sudah terbangun 350,69 kilometer dari rencana pembangunan keseluruahn sepanjang 627,58 kilometer (km).

Keindahan Pantai Sendang Biru

Untuk mencapai Pantai Sendang Biru, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi, mobil atau motor. Kendaraan umum yang menuju pantai adalah mikrolet Jurusan Gadang-Turen-Sendang Biru.

Waktu tempuh ke Pantai Sendang Biru dari alun-alun Kota Malang berkisar 2 jam 15 menit melewati Turen-Dampit-Wanakerta-Pantai Sendang Biru.

Pantai Sendang Biru memiliki air laut yang bening, pasir pantai yang putih serta dikelilingi oleh bukit hijau dan juga karang-karang pemecah ombak, sehingga di bagian bibir pantai relatif aman untuk bermain air. Pengunjung dapat pergi ke pantai bersama anak-anak dan dapat bermain di bibir pantai yang dangkal dan tenang.

Dilansir dari laman malangkab.go.id, selain pesona pantainya, Pantai Sendang Biru juga dikenal sebagai tempat pendaratan ikan di Malang.

Berbagai jenis ikan hasil tangkapan nelayan dapat ditemui di Pantai Sendang Biru ini, seperti ikan tuna, ikan sirip kuning, cakalang, albakor, tongkol, dan marlin. Pengunjung atau pengendara yang tengah melintas di sekitar pantai dapat membeli ikan di tempat pelelangan ikan maupun pendopo yang berada di kawasan pantai ini.

Bahkan pengunjung dapat memilih sendiri ikan yang ingin disantap di kawasan Pantai Sendang Biru. Ada banyak rumah makan yang menyediakan jasa memasak aneka hidangan laut.

Pantai Sendang Biru juga merupakan akses jalan menuju Pulau Sempu. Pulau Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah, sehingga tidak boleh dikunjungi tanpa seizin pihak berwenang.

Namun, pengunjung dapat mengajukan izin di Kantor Resort Konservasi Wilayah Sempu apabila ingin menyeberang ke Pulau Sempu. Keberadaan pulau tersebut membuat pantai memiliki ombak yang tidak terlalu besar, tidak seperti pantai selatan di wilayah lain. Tidak heran banyak wisatawan menjadikan pantai ini sebagai tempat beristirahat sembari memandang indahnya lautan yang sangat luas.

Tradisi Masyarakat Pantai Sendang Biru

Di Pantai Sendang Biru ini, masyarakat lokal mempunyai cara yang unik untuk memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yaitu dengan mengadakan upacara adat Petik Laut.

Upacara adat Petik Laut digelar pada bulan Syawal, dan diselenggarakan selama satu minggu lamanya. Biasanya upacara adat ini akan digelar meriah dengan pertunjukan musik lokal dan juga pentas wayang.

Dalam tradisi ini, masyarakat sekitar Pantai Sendang Biru akan membuat tumpeng besar yang berisi aneka olahan makanan laut. Tumpeng tersebut kemudian akan dilayarkan atau dilarung dengan menggunakan perahu sebagai bentuk persembahan dan rasa syukur kepada Tuhan.

Selain menyaksikan tradisi masyarakat di sekitar Pantai Sendang Biru, aktifitas lainnya yang dapat dilakukan adalah berkeliling di laut sekitar Pulau Sempu dan pantai ini. Banyak kapal nelayan Pantai Sendang Biru yang disewakan untuk para pengunjung yang ingin berkeliling mencoba sensasi naik perahu.

Perahu yang disewakan ada dua jenis, yakni dayung dan perahu motor. Tarif menyewa perahu dayung dibandrol mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 75.000, sedangkan untuk perahu motor dibanderol mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 150.000.

Tarif masuk ke Pantai Sendang Biru dimulai dari harga tiket masuk Rp.12.000 per orang. Kemudian untuk biaya parkir di tempat wisata ini dibanderol Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Pengunjung dapat dengan bebas datang dan pulang kapan saja, sehingga pengunjung dapat menikmati matahari terbit dan matahari tenggelam di pantai ini.