Menyusuri Keindahan Kawasan Wisata Green Canyon

Tifani
Oleh Tifani
13 September 2022, 12:07
wisata Green Canyon
Instagram/@green_canyon_karawang
Ilustrasi, destinasi wisata Green Canyon.

Wisata Green Canyon merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Pangandaran, Jawa Barat. Destinasi wisata alam yang satu ini berupa aliran sungai yang diapit oleh dua bukit bebatuan membentuk serupa gua.

Secara umum, Green Canyon merupakan sebuah ngarai yang berada di hulu sungai, diantara kecuraman bebatuan tebing yang justru menjadi lokasi wisata favorit. Wisatawan dapat menaiki kapal menyusuri sungai ini sambil menikmati keindahan pemandangan alam.

Dilansir dari tourism.pangandarankab.go.id, Green Canyon dikenal sebagai Cukang Taneuh oleh masyarakat setempat, yang memiliki arti jembatan tanah. Green Canyon atau Cukang Taneuh memang dimanfaatkan masyarakat sekitar sebagai jembatan alami untuk melintasi sungai tersebut. Sedangkan nama Green Canyon dulunya dipopulerkan oleh warga negara Prancis, Bill John pada dekade 1930-an.

Nama Green Canyon sendiri merupakan plesetan dari Grand Canyon, sebuah ngarai serupa yang berada di Sungai Colorado, Amerika Serikat (AS). Saat ini masyarakat juga lebih mengenal tempat wisata alam tersebut sebagai Green Canyon daripada Cukang Taneuh.

Sejarah geografis asal mula Green Canyon terbentuk dari hasil proses pelarutan batuan kapur dari sungai bawah tanah yang mengalir diantara celah dan ceruk bebatuan. Proses ini berlangsung selama ribuan tahun, sehingga membentuk ngarai dan menembus batuan karst sehingga membentuk ornamen-ornamen cantik seperti stalagtit dan stalagmit.

Jelajah Wisata Green Canyon

Air Sungai Cijulang yang melintasi kawasan wisata Green Canyon ini sangat jernih dengan lumut yang melimpah, sehingga mempengaruhi warna air menjadi hijau tosca. Hal ini juga yang menjadikan alasan Cukang Taneuh diperkenalkan dengan nama brandnya Green Canyon.

Untuk berkunjung ke Green Canyon, wisatawan bisa naik kendaraan pribadi ataupun bus. Lokasinya yang berada di pinggir jalan utama membuat bus besar dapat masuk ke area parkir Green Canyon.

Tarif parkir untuk mobil pribadi sebesar Rp 5.000, sedangkan untuk transportasi besar seperti bus dikenakan biaya sebesar Rp 15.000. Biaya tiket masuk umumnya sudah menjadi satu dengan jenis aktivitas yang wisatawan pilih selama berada di lokasi itu. Aneka wahana di Green Canyon didominasi oleh aktivitas air di sungai.

Salah satu aktivitas yang bisa dicoba di kawasan wisata Green Canyon, adalah naik perahu menyusuri Sungai Cijulang.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement