8 Makanan Khas Balikpapan yang Lezat dan Cocok jadi Oleh-Oleh

Endeus Tv
Makanan Khas Balikpapan
Penulis: Tifani
Editor: Agung
5/1/2024, 14.05 WIB

Balikpapan adalah kota terbesar kedua di Kalimantan Timur setelah Samarinda. Kota ini memiliki luas wilayah 843,48 km2, yang terdiri dari 503,30 km2 daratan dan 340,18 km2 perairan.

Balikpapan juga memiliki beragam kuliner khas yang menggugah selera. Makanan khas Balikpapan ini dipengaruhi oleh berbagai budaya, mulai dari budaya Melayu, Dayak, hingga Tionghoa.

Makanan Khas Balikpapan

Dikutip dari laman cookpad dan gramedia.com, berikut ragam makanan khas Balik papak menggugah seleran dan cocok jadi oleh-oleh.

1. Roti Mantau

Roti Mantau (Cookpad)

Roti mantau adalah makanan khas Balikpapan yang paling populer. Roti ini terbuat dari tepung terigu, air, gula, susu, dan ragi.

Roti mantau biasanya digoreng hingga mengembang dan berwarna kuning keemasan. Roti mantau dapat disajikan dengan berbagai macam topping, seperti gula merah, selai, atau keju.

2. Pisang Gapit

Pisang gapit adalah makanan khas Balikpapan yang terbuat dari pisang kepok yang dibakar atau digoreng. Pisang gapit sendiri biasanya disajikan dengan siraman saus yang bercita rasa manis yang terbuat dari gula merah, santan, serta potongan buah nangka yang segar.

3. Abon Kepiting

Abon kepiting adalah makanan khas Balikpapan yang terbuat dari kepiting yang direbus, dihaluskan, dan digoreng. Abon kepiting memiliki tekstur yang renyah dan gurih, serta memiliki rasa yang khas.

Abon kepiting biasanya disajikan sebagai camilan atau teman makan nasi.

4. Bubur Gunting

Makanan khas Balikpapan selanjutnya adalah bubur gunting. Sajian ini adalah kuliner olahan dari tepung ketan yang dicampur dengan air daun suji, garam, dan air kapur sirih.

Setelah jadi, adonan tersebut kemudian digunting-gunting untuk selanjutnya dimasak dengan kuah santan dan gula merah. Cita rasa bubur ini pun kian nikmat saat disantap dalam keadaan hangat.

5. Kue Bingka Kentang

Kue Bingka (Cookpad)

Bingka adalah kudapan tradisional banjar yang terbuat dari tepung dan berbentuk bunga. Di Balikpapan, terdapat salah satu jenis bingka yang cukup populer, yakni Bingka Kentang.

Sesuai namanya, bingka ini terbuat dari bahan dasar kentang. Selain original, ada berbagai macam varian rasa dari bingka kentang ini seperti keju, pandan, gula merah, dan cokelat.

Cita rasa dari bingka ini cenderung manis. Selain itu aromanya pun begitu harum karena dimasak dengan arang. Pada umumnya orang-orang membeli bingka ini untuk dijadikan oleh-oleh.

6. Peyek Kepiting

Selain abon kepiting, makanan khas Balikpapan yang juga berbahan dasar kepiting adalah peyek. Peyek kepiting ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih.

Rasa kepiting yang ada di dalamnya pun akan sangat terasa begitu mendarat di dalam mulut. Bentuknya pun sengaja dibuat kecil-kecil, jadi bisa langsung sekali makan.

Oleh para wisatawan, peyek kepiting ini juga banyak dijadikan makanan oleh-oleh jika berkunjung di Balikpapan

7. Keripik Iron

Keripik Iron terbuat dari bahan dasar singkong yang renyah dan gurih. Keripik ini menjadi salah satu kuliner Balikpapan yang direkomendasikan untuk dicoba.

Keripik ini juga banyak dipilih wisatawan sebagai oleh-oleh lantaran cukup tahan lama. Dari segi rasa, keripik ini juga tak kalah dengan camilan lainnya.

Keripik dengan harga yang terjangkau ini juga bisa didapatkan dalam beberapa rasa, seperti rasa original, pedas, hingga balado.

8. Amplang

Amplang (cookpad)

Amplang adalah salah satu penganan khas Balikpapan yang kerap jadi oleh-oleh. Makanan ini menyerupai kerupuk yang garing.

Amplang biasanya dibuat dari bahan dasar ikan, seperti ikan tenggiri atau ikan gabus. Agar kian menarik, saat ini Amplang sudah dibuat dalam berbagai varian rasa seperti barbeque, lada hitam, ayam bawang dan lain sebagainya.

Itulah beberapa makanan khas Balikpapan yang wajib Anda coba. Jika Anda berkunjung ke Balikpapan, jangan lupa untuk mencicipi berbagai macam makanan Balikpapan yang lezat dan menggugah selera dan dapat juga menjadi pilihan oleh-oleh untuk kerabat dan teman.