7 Manfaat Kepiting yang Dapat Menunjang Kesehatan Tubuh

Siti Nur Aeni
12 Mei 2022, 05:46
7 Manfaat Kepiting yang Dapat Menunjang Kesehatan Tubuh
pexels.com
Olahan kepiting yang menggugah selera

Kepiting menjadi makanan laut atau sea food yang cukup dihindari. Pasalnya, makanan ini terkenal dengan kandungan kolesterolnya yang tinggi. Padahal, ada banyak manfaat kepiting yang baik untuk tubuh. Kandungan nutrisinya juga lengkap sehingga dapat menunjang kesehatan tubuh.

Apa saja manfaat dari kepiting? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Nutrisi Kepiting

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Kemenkes, diketahui dalam 100 g daging kepiting segar terdapat beragam kandungan gizi dengan komposisi sebagai berikut:

  • 151 kalori energi.
  • 13,8 g protein.
  • 3,8 g lemak.
  • 210 mg kalsium.
  • 250 mg fosfor.
  • 61 mcg vitamin A.
  • 05 mcg vitamin B1.
  • 78 mg kolesterol.

Selain kandungan nutrisi di atas, kepiting juga diketahui mengandung nutrisi penting lain seperti asam folat, vitamin B kompleks, zinc, kalium, magnesium, zat besi, yodium, selenium, dan mangan. Tak hanya itu, kepiting juga diketahui mengandung omega-3.

Manfaat Makan Kepiting untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang lengkap membuat manfaat kepiting untuk kesehatan cukup beragam. Berdasarkan penjelasan di hellosehat.com, berikut beberapa manfaat kepiting yang penting diketahui.

1. Menunjang sistem kekebalan tubuh

Sejauh ini kita mungkin mengenal buah dan sayur sebagai makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun ternyata, sea food seperti kepiting juga bisa menunjang imun tubuh. Kepiting diketahui mengandung vitamin C yang dapat digunakan untuk mengganti sel yang rusak dan memelihara kekebalan tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kepiting lainnya yaitu bisa membantu memelihara kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kepiting mengandung lemak baik yang berguna untuk kesehatan jantung. Dari penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School, lemak di daging kepiting juga bisa membantu memelihara kolesterol. Dengan demikian, konsumsi kepting dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Memelihara kesehatan otak

Secara umum, daya ingat manusa akan mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Maka dari itu, kita perlu melakukan pencegahan dengan cara mengonsumsi makanan tinggi omega-3.

Salah satu makanan yang mengandung nutrisi ini yaitu kepiting. Berdasarkan penelitian, omega-3 yang ada di dalam kepiting diketahui bisa meningkatkan daya ingat, kecerdasan, hingga memelihara kesehatan saraf.

4. Dapat membantu menurunkan berat badan

Kepiting merupakan sea food yang rendah kalori namun tinggi protein dan lemak baik. Kedua nutrisi tersebut diketahui dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, kita bisa lebih mudah mengatur porsi makanan.

5. Memelihara kesehatan tulang

Manfaat kepiting juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan kepiting mengandung zinc. Tak hanya itu, kepiting juga mengandung kalsium yang baik untuk memelihara kesehatan ibu hamil dan anak-anak yang sedang mengalami pertumbuhan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...