The Batman Karya Matt Reeves Mau Kalahkan Versi Christopher Nolan

Berbagai sumber
The Batman dan The Dark Knight
4/3/2022, 20.12 WIB

ZIGI – Film The Batman yang dibintangi Robert Pattinson dibuka dengan ulasan positif dari berbagai pihak. Film karya Matt Reeves ini berambisi untuk mengalahkan Batman versi Christopher Nolan, terutama The Dark Knight (2008).

Sementara itu penggemar juga mempertanyakan absennya sosok Joker yang diperankan Joaquin Phoenix di film The Batman. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: The Batman - Matt Reeves Bertekad Kalahkan Versi Christopher Nolan

The Batman Karya Matt Reeves Bertekad Kalahkan Versi Christopher Nolan

Film The Dark Knight (2008) Chirstopher Nolan yang diproduseri oleh Emma Thomas saat ini menjadi karya Batman dengan nilai tinggi dari kritikus dan penonton secara luas. Dylan Clark, sang produser mengaku ada kompetisi antara The Batman yang dibintangi oleh Robert Pattinson dengan versi Batman dari Christian Bale.

"Aku bilang pada Chris Nolan secara langsung ‘Dengar, kami mencoba membuat (versi) Batman terbaik yang akan mengalahkanmu’," kata Dylan melansir dari Variety pada Jumat, 4 Maret 2022.

Menurut Dylan, Matt Reeves selaku sutradara memang mendorong The Batman menjadi karakter yang emosional dan dalam. Ia ingin memberikan cerita yang tidak hanya sekadar di permukaan. Tidak heran sambutan hangat pun diterima oleh Matt.

Menurut kritikus film Peter Debruge, The Batman layak masuk dalam jajaran film terbaik genre superhero. Bahkan bisa sejajar dengan The Dark Knight.

Dalam ulasan Peter di Variety ia menyebut The Batman ingin mencoba konsep yang 'lebih gelap' dari The Dark Knight. Unsur cerita merupakan padanan dari No Time to Die (2021) hingga Dune (2021).

Jika ingin mengalahkan versi Nolan, maka The Batman setidaknya harus mendapatkan penghasilan di atas US$ 533 juta atau sekitar Rp7,6 triliun di bioskop Amerika, dan US$ 1 miliar atau sekitar Rp14,3 triliun di seluruh dunia.

Matt Reeves Jelaskan Kenapa Tidak Ada Crossover dengan Joker

The Batman tidak menampilkan adegan bersama Joker, seorang penjahat yang berasal dari komedian gagal bernama Arthur Fleck. Dalam kisah aslinya, Joker bertemu pertama kali dengan Bruce Wayne ketika masih kecil.

Namun sejak awal Robert Pattinson berkata bahwa The Batman adalah semesta yang berbeda dengan Joker. Film Joker  yang dibintangi Joaquin Phoenix rilis tahun 2019 dan berhasil meraih apresiasi tinggi dari banyak pihak.

Matt Reeves sendiri mengerjakan cerita The Batman sejak tahun 2017, setelah menyelesaikan trilogi Planet of the Apes. Artinya saat itu film Joker belum rilis, dan Matt tidak memiliki gambaran tentang penjahat kota Gotham tersebut.

"Film Joker selalu dimaksudkan untuk berdiri sendiri dan akhrinya jadi sangat spesifik seperti yang ditampilkan Joaquin dan Todd Phillips (sutradara Joker). Tidak pernah ada diskusi tentang silang cerita (di The Batman)," ungkap Matt melansir dari Comicbook pada Jumat, 4 Maret 2022.

Film The Batman karya Matt Reeves ini sudah tayang di bioskop Indonesia sejak 2 Maret 2022 dengan durasi 2 jam 56 menit.

Baca juga: Cara Nonton The Batman Sub Indo, Capai Target Rp1,4 Triliun Saat Debut