10 Artis Hollywood Dukung Palestina, Bella Hadid Turun ke Jalan

Berbagai Sumber
Free Palestine
Penulis: Yasmin Karnita
16/5/2021, 21.00 WIB

ZIGI – Bella Hadid dan sederet artis Hollywood ternama menunjukkan dukungan mereka kepada warga Palestina yang saat ini mengalami bentrokan dengan Israel. Konflik ini bermula saat aparat keamanan Israel menyerang kompleks Masjid Al-Aqsa hingga membuat ratusan penduduk Palestina terluka.

Pada Sabtu, 15 Mei 2021 waktu setempat, Bella Hadid bersama saudara kandungnya Anward Hadid dan Marielle Hadid, terlihat turun ke jalanan untuk melakukan aksi solidaritas menolak kekerasan Israel di Jalur Gaza.

Selain dirinya, ada beberapa artis Hollywood lainnya yang vokal memberikan dukungan untuk Palestina melalui media sosial. Siapa sajakah mereka? Simak daftarnya dalam artikel di bawah ini.

Bella Hadid

Bella Hadid baru-baru ini turut melakukan aksi membela Palestina yang diadakan di Bay Ridge, New York pada Sabtu, 15 Mei 2021 waktu setempat. Mantan kekasih The Weeknd tersebut mengenakan gaun tradisional Keffiyeh dan menutupi wajahnya dengan masker. Seperti diketahui, ayah kandung Bella berdarah Palestina.

Dalam video yang beredar, Bella Hadid ikut menyuarakan dukungannya, dan mengibarkan bendera Palestina bersama ribuan orang lainnya. Ia juga beberapa kali mengacungkan simbol perdamaian dengan tangannya.

Sebelumnya, Bella sudah beberapa kali menyuarakan dukungan kepada Palestina melalui sejumlah postingan di akun Instagram pribadia. Ia sempat mengunggah foto pernikahan kakek dan neneknya, juga foto kecil sang ayah bersama keenam saudaranya.

Anwar Hadid dan Gigi Hadid 

Kakak dan adik Bella Hadid, Gigi Hadid dan Anwar Hadid, juga membagikan dukungan mereka untuk Palestina. Sama seperti Bella, Anwar juga turun ke jalanan untuk melakukan aksi menolak kekerasan Israel terhadap warga Palestina.

Sementara Gigi Hadid tidak berhenti menyemarakkan berbagai unggahan di seluruh akun media sosial pribadinya untuk mendukung Palestina. 

Gal Gadot

Gal Gadot justru dikecam karena memberikan tanggapannya terkait konflik Palestina dan Israel. Aktris asal Israel tersebut awalnya menyuarakan dukungan untuk negara Yahudi itu.

“Hatiku hancur. Negaraku sedang berperang. Aku mengkhawatirkan teman-temanku, teman-temanku,” tulis Gal Gadot sebagai cuitan di akun Twitter pribadinya.

Selain membahas Israel, Gal Gadot berharap agar Palestina bisa kembali aman tanpa secara terang-terangan menyebut nama negara. Inilah yang dikritisi oleh publik, menilai bahwa sang pemeran karakter Wonder Woman itu lebih berpihak kepada Israel ketimbang Palestina. 

“Israel berhak hidup sebagai bangsa yang bebas dan aman. Tetangga kita berhak mendapatkan hal yang sama,” sambungnya. 

Mark Ruffalo

Sosok aktor yang menghidupkan karakter superhero Hulk, Mark Ruffalo, membagikan rasa simpatinya terhadap warga negara Palestina. Melalui akun Twitter pribadinya @markruffalo, dia aktif memposting ulang cuitan mengenai kabar terkini di Palestina juga membagikan tautan untuk berdonasi.

Mark Ruffalo lantas menyemarakkan petisi yang menyerukan kepada para pemimpin internasional untuk menjatuhkan sanksi pada industri utama Israel hingga Palestina mendapatkan hak sipil yang penuh dan setara.

 

Tinashe dan Kehlani

Dua penyanyi wanita kecintaan publik, Tinashe dan Kehlani, sama-sama mendukung Palestina. Keduanya membantu menyebarkan awareness terkait konflik tersebut melalui akun Twitter pribadi masing-masing yang sudah memiliki jutaan pengikut.

Meski hanya berupa cuitan singkat, ini menjadi bentuk kecil agar informasi mengenai konflik Palestina dan Israel bisa mendapat perhatian lebih di seluruh dunia.

Free Palestine (bebaskan Palestina),” begitulah cuitan Tinashe dan Kehlani di Twitter.

DJ Khaled

Produser keturunan Palestina-Amerika, DJ Khaled, sempat dikecam di media sosial karena tidak angkat bicara soal konflik yang tengah terjadi. Pada akhirnya, dia memposting foto Al-Aqsa melalui akun Instagram pribadinya @djkhaled, diikuti dengan pesan memberikan doa untuk orang-orang di Palestina. 

“Mengirimkan cinta, cahaya, serta doa kepada Palestina. Saudara laki-laki dan perempuan dan semua orang di seluruh dunia. AKU BERDOA UNTUK PERDAMAIAN DAN CINTA UNTUK DUNIA, DAMAI DAN CINTA UNTUK SEMUA ORANG!!,” tulis DJ Khaled.

Zayn Malik

Zayn Malik membagikan unggahan UNICEF tentang anak-anak Palestina yang menjadi korban serangan Israel. Tapi sayang, postingan tersebut dikecam oleh netizen Israel yang mengaku kecewa dengan mantan member One Direction tersebut.

Namun hal tersebut tidak menghentikan niatnya untuk terus menghaturkan doa kepada warga Palestina. Zayn Malik kembali menuliskan sebuah cuitan yang menghangatkan hati di akun Twitter pribadinya.

“Aku mendukung rakyat Palestina. Hatiku sakit untuk keluarga yang kehilangan orang yang dicintai. Kami tidak bisa berdiri sebagai saksi bisu untuk anak-anak yatim piatu dan dibunuh dan tidak menuntut hak asasi manusia semua orang Palestina! Ini harus diakhiri. Bebaskan Palestina,” seru Zayn.

Rihanna

Sama seperti Gal Gadot, Rihanna juga dikritik oleh publik usai angkat bicara terkait konflik Israel dan Palestina. Di akun Instagram pribadinya, penyanyi 33 tahun itu sempat membagikan pernyataan tentang kekerasan Israel-Palestina dan mengatakan bahwa dia berdiri atas nama kemanusiaan.

“Hatiku hancur dengan kekerasan yang aku lihat ditampilkan antara Israel dan Palestina! Aku tidak bisa melihat itu! Anak-anak Israel dan Palestina yang tidak bersalah bersembunyi di tempat penampungan bom, lebih dari 40 nyawa hilang di Gaza, setidaknya 13 dari yang juga anak-anak yang tidak bersalah!,” ungkap Rihanna

Kemudian dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa orang-orang yang tidak bersalah, jatuh ke tangan pemerintah dan ekstrimis dan menyatakan siklus ini perlu diputuskan. Rihanna pun dikecam habis-habisan di media sosial karena dianggap mengelak dari penderitaan orang Israel dan Palestina.