Biodata Rizky Febian Lengkap Umur dan Tinggi, Siapa Pacarnya Sekarang?

Instagram/@rizkyfbian
Rizky Febian
Penulis: Hadi Mulyono
22/7/2021, 15.12 WIB

ZIGI – Rizky Febian menjadi salah satu penyanyi bersuara emas yang dicintai masyarakat Indonesia. Putra dari Sule dan mendiang Lina Jubaedah ini memiliki rekam jejak karier yang luar biasa, apalagi lagu-lagunya kerap difavoritkan terutama oleh kaum hawa.

Berkat suara khas dan lagu-lagu merdu ciptaannya, Rizky Febian juga dikabarkan dekat dengan artis-artis cantik Tanah Air. Ingin tahu lebih jauh mengenai kisah suksesnya di belantika musik Indonesia? Berikut ini, Zigi.id telah merangkum profil dan biodata Rizky Febian yang diulas dari berbagai sumber. Yuk simak!

Profil Rizky Febian

Penyanyi berdarah Sunda ini memiliki nama lengkap Rizky Febian Adriansyach Sutisna, merupakan anak pertama dari pasangan komedian Sule dan Almh. Lina Zubaedah. Rizky lahir di Cileunyi, Bandung tanggal 25 Februari 1998 sehingga saat ini ia baru berumur 23 tahun.

Meski umurnya masih sangat muda,  publik figure bertinggi badan 180 cm ini sudah menorehkan berbagai macam prestasi yang membanggakan lewat karya-karyanya. Rizky yang juga akrab disapa Iky ini sukses menghasilkan banyak lagu hits serta mahir dalam bermain gitar. Diketahui, agama Rizky Febian adalah Islam.

Terjun di dunia hiburan tanah air sejak tahun 2009, namanya mulai dikenal masyarakat setelah sering tampil di televisi bersama ayahnya. Akan tetapi, Iky sukses lepas dari bayang-bayang sang ayah dan berhasil mengembangkan bakatnya sendiri lewat lagu-lagu ciptaannya.

Lagu-lagu Bikinan Rizky Febian

Rizky Febian semakin serius di bidang tarik suara sejak ia berduet bersama sang ayah lewat lagu Papa Telepon (2012), saat usianya baru menginjak 14 tahun. Masih di tahun yang sama, Rizky berkolaborasi dengan grup 3 Djanggo dengan membawakan lagu Smile U Don't Cry.

Tiga tahun kemudian tepatnya tahun 2015, Rizky yang sudah mulai beranjak dewasa merilis lagu bertajuk Kesempurnaan Cinta. Lewat single yang fenomenal inilah, namanya mulai diperhitungkan dan ia perlahan lepas dari bayang-bayang karier sang ayah.

Lagu lainnya dari Rizky Febian yang tak kalah populer lainnya mencakup Penantian Berharga (2016), Cukup Tau (2017), Cuek (2020), Makna Cinta (2020) dan masih banyak lagi.

Rizky tercatat juga pernah berkolaborasi dengan penyanyi lainnya seperti Sheryl Sheinafia dan Chandra Liow lewat single Sweet Talk (2017), Mika Tambayong lewat single Berpisah Itu Mudah (2018), dan bekerja sama dengan grup LYON lewat single Delusi (2020).

Setelah sempat bergabung dengan NET. Talent Management bersama Barsena Bestandhi, Priskila Shafia, dan Rick Karnadi, sejak tahun 2020 Rizky Febian mendirikan label musiknya sendiri, yaitu RFAS Music.

Rizky Febian Lebarkan Sayap ke Dunia Akting

Saat ini, Rizky Febian lebih dikenal sebagai seorang penyanyi. Namun dia sempat menjajal bidang lain dengan bermain film layar. Rizky mengawali debutnya di dunia akting dengan membintangi film Sule Detektif Tokek produksi Rumah Kreatif 23 yang tayang 2013 silam. 

Film tersebut bercerita tentang Sule yang berprofesi sebagai detektif harus menjaga seekor tokek seharga miliaran rupiah dari ancaman pencurian. Akan tetapi, profesi yang ditekuni Sule tersebut justru membayakan keselamatan Rizky Febian yang berperan sebagai anaknya.

Setelah film tersebut, Rizky berakting dalam film Cahaya Cinta Pesantren (2016) sebagai Abu dan beradu akting dengan Yuki Kato, Vebby Palwinta, Febby Rastanty, hingga Elma Theana.

Film lain yang pernah dibintangi oleh Rizky Febian antara lain Hongkong Kasarung (2018) sebagai pengamen dan film Kata (2021) sebagai Nugraha.

Rizky Fabian Juga Aktif Sebagai Presenter

Selain jago menyanyi, membuat agu dan berakting, Rizky juga percaya sebagai presenter sejumlah acara di televisi. Tercatat, ia pernah menjadi host Kata Bergaya yang tayang di ANTV serta pernah mengisi segmen Tips Cepot dan Tips Ala Raditya Dika dalam acara hiburan asuhan Sule, Bukan Sekedar Wayang.

Acara-acara lain yang pernah dipandu Rizky Febian antara lain Berbagi Rizki (NET. 2017), Indonesian Idol Junior (RCTI, 2018), Karnaval SCTV (SCTV, 2019), New Comedy Night Live (NET., 2019), Sang Pencinta (Trans7, 2019), Pop Academy (Indosiar, 2020), Cerita Cinta Sule (Trans TV, 2020) dan The Voice Kids Indonesia (GTV, 2021).

Pacar Rizky Febian

Sampai saat ini, pacar Rizky Febian masih menjadi teka-teki. Pada tahun 2016, Rizky pernah pacaran dengan seorang pemain film, pesinetron dan juga penyanyi muda bernama Rini Mentari. Namun keduanya putus karena hubungan mereka tidak direstui oleh fans. 

Lalu Rizky Febian dan Vebby Palwinta juga pernah dikabarkan dekat. Namun saat itu keduanya tampak saling menutupi dan tidak mengakui bahwa punya hubungan spesial. Sekitar pertengahan tahun 2017, Iky terlihat sering mengunggah momen Instagram Stories bersama seorang wanita bernama Dilla Putri Hartono. 

Tak menutup-nutupi seperti hubungan sebelumnya, Rizky saat itu terlihat sedikit blak-blakan tentang kedekatannya dengan Dilla. Lagi, hubungan mereka tidak bertahan lama.

Jalinan asmara Rizky Febian dan selebgram Azalia Bianda Avissa mulai tercium publik awal tahun 2019. Keduanya sering membagikan momen mereka di akun Instagram masing-masing. Bahkan Iky kehilangan sosok ibunda tercinta, Lina Jubaedah, Azel, setia menemani. Namun sayangnya, hubungan itu harus berakhir pada Juni 2020 lalu.

Yang paling menghebohkan adalah saat Rizky Febian dikabarkan dekat dengan selebgram Anya Geraldine. Sering membagikan momen mesra di Instagram, keduanya menegaskan bahwa hubungan mereka hanya sebatas teman.

Belakangan ini, Rizky Febian tengah digosipkan menjalin hubungan asmara dengan perempuan cantik bernama Ziva Magnolya yang merupakan penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim ke-10.

Kedekatan keduanya semakin jadi perbincangan hangat media setelah berkolaborasi lewat single Terlukis Indah. Rizky Febian dan Ziva Magnolya bahkan sering mengunggah momen mesra keduanya di akun media sosial masing-masing.

Lagu yang dibawakan Rizky dan Ziva itu, saat artikel ini dibuat sudah ditonton hingga lebih dari 1 juta kali yang membuat Ziva sangat bersyukur.

“Happy 1M view on MV ‘Terlukis Indah’!! Thank you so much Zivellas, Rizfelous dan kalian semua yang udah suka lagu ini dan diputerin Terlukis Indah ini terus menerus. Semoga kalian merasakan cinta yang ada di lagu ini yaa! Love you all,” kata Ziva dikutip dari akun Instagramnya.

Biodata Rizky Febian

Nama lengkap: Rizky Febian Adriansyah Sutisna
Nama panggung: Rizky Febian
Tempat, tanggal lahir: Cileunyi, 25 Februari 1998
Orangtua: Sule (ayah), Almh. Lina Zubaedah (ibu kandung), Nathalie Holscher (ibu tiri)
Saudara: Putri Delina, Rizwan Fadilah Ardiansyach, Ferdinand Ardyansyah Sutisna
Agama: Islam
Tinggi badan: 180 cm
Media sosia: @rizkyfbian (Instagram), @rizkyfebian77 (Tik Tok), Rizky Febian (YouTube)

Begitulah profil dan biodata Rizky Febian, penyanyi yang tak lain merupakan anak dari komedian papan atas Indonesia Sule. Terbaru, Rizky Febian merilis sebuah lagu bertajuk Terlukis Indah, hasil kolaborasi dengan Ziva Magnolya Indonesian Idol.