Profil dan Biodata Greysia Polii: Agama, Suami Hingga Ukir Sejarah

Instagram/@greyspolii
Greysia Polii
31/7/2021, 15.03 WIB

ZIGI – Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, ganda putri bulutangkis Indonesia ini mencatatkan sejarah baru bagi Indonesia di Olimpiade. Keduanya berhasil membawa tiket final nomor ganda putri cabang olahraga badminton di Olimpiade Tokyo 2020.

Keberhasilan ini tentu membuat Greysia Polii menjadi sorotan. Banyak yang penasaran dengan sosok atlet yang juga bersahabat dengan Agnez Mo ini. Kenalan lebih jauh lewat profil dan biodata Greysia Polii berikut yuk!

Baca juga: Profil dan Biodata Jonatan Christie: Agama, Karier Hingga Pacar

Keluarga Greysia Polii

Greysia Polii lahir di Jakarta, 11 Agustus 1987, dari pasangan Willy Polii dan Evie Pakasi. Perempuan berusia 33 tahun itu terkenal dekat dengan keluarganya. Di Instagramnya, wanita yang akrab disapa Greys ini rajin membagikan potret kebersamaan dengan anggota keluarganya. Agama Greysia Polii diyakini Kristen.

Cetak Sejarah Bulutangkis Ganda Putri Indonesia

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berhasil membuat rakyat Indonesia bangga. Keduanya berhasil melaju ke final nomor ganda putri cabang olahraga bulutangkis di Olimpiade Tokyo 2020, setelah menundukkan pasangan asal Korea Selatan, Shin Seung Chan dan Lee Sohee, dalam dua set langsung dengan kedudukan 21-19, 21-17.

Keberhasilan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu di semifinal sendiri sudah menorehkan sejarah baru karena ini merupakan kali pertama bagi wakil Indonesia di nomor ganda putri bulutangkis berlaga di semifinal, sejak bertanding di ajang Olimpiade. 

Indonesia sendiri sudah mengirimkan wakil di ganda putri bulutangkis di Olimpiade sejak kali pertama dipertandingkan secara resmi pada edisi 1992 yang digelar di Barcelona, Spanyol. Tapi baru kali ini, ganda putri masuk semifinal sampai siap berlaga di final.

Ganda Putri No.6 Dunia

Greysia Polii tercatat sebagai atlet peringkat 6 dunia di sektor ganda putri. Dalam perjalanan kariernya, Greys sudah berhasil memenangkan 487 pertandingan. Potensi Greysia Polii di kancah internasional mulai dibuktikan saat dirinya mengikuti turnamen Singapura Terbuka.

Kala itu, Greysia Polii berhasil maju ke perempatfinal setelah mengalahkan pemain nomor 1 di dunia, yakni Wong Pei Tty/Chin Eei Hui dari Malaysia. Tapi dia harus mengalami kekalahan di babak final saat berhadapan dengan Zhang Yawen/Zhao Tingting yang sebelumnya pernah mengalahkan Greysia dan Nitya di All England.

Awal Karier Greysia Polii

Greysia Polii sendiri memulai karier profesional di cabang olahraga bulutangkis sejak usia 14 tahun. Saat itu, atlet berusia 33 tahun ini bertanding untuk klub lokal Jaya Raya Jakarta. Greysia Polii ternyata sudah akrab dengan bulutangkis sejak usia 6 tahun setelah dikenalkan oleh keluarganya, terutama sang kakak.

Greysia Polii yang sempat menetap di Manado akhirnya pulang ke Jakarta untuk fokus di olahraga bulutangkis. Setelah itu, dia bergabung dengan klub Jaya Raya Jakarta dan bermain sebagai pebulutangkis tunggal sampai usianya menginjak 14 tahun.

Pelatih Greysia Polii kala itu, yakni Retno Kustijah melihat bakatnya sebagai pemain ganda. Greys akhirnya pindah kelas, dari tunggal ke ganda hingga akhirnya dia menjadi anggota tim nasional Indonesia di tahun 2003.

6 Kali Ganti Pasangan di Lapangan

Heni Budiman adalah pasangan pertama Greysia Polii di ganda putri sebagai pebulutangkis profesional. Bersama Heni, Greys berhasil memenangkan kejuaraan nasional pertama mereka usai mengalahkan ganda putri Kalimantan Timur, Indarti Issolina dan Angeline de Pauw di tahun 2003.

Setahun kemudian, Greysia Polii dipercaya mewakili Indonesia di Asian Junior Badminton Championships. Dalam pertandingan internasional pertamanya itu, Greys berhasil memenangkan medali perunggu. Greysia Polii lalu berpasangan dengan Jo Novita di berbagai ajang.

Dia pun mulai bergabung di tim Piala Uber Indonesia sejak tahun 2004 dan juga tahun 2008. Di pertengahan 2008, Greysia Polii mulai berpasangan dengan Nitya Krishinda Maheswari. Hal ini karena usia Jo Novita yang sudah tidak muda lagi dan tidak bisa diharapkan membangkitkan prestasi di sektor ganda putri.

Greysia Polii sempat berlaga di Olimpiade London 2012 berpasangan dengan Meiliana Jauhari dan berhasil melaju hingga babak perempat final. Sebenarnya mereka mendapat kesempatan untuk melaju ke babak perempat final nomor ganda putri.

Akan tetapi, mereka terkena hukuman diskualifikasi dari Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) karena tuduhan mencederai asas sportivitas saat berlaga kontra Ha Jung-eun dan Kim Min-jung di laga pamungkas. Greysia Polii sempat berpasangan dengan Vita Marissa dan kini berpasangan dengan Apriyani Rahayu.

Greysia Polii Menikah

Sibuk meniti karier sebagai pemain bulutangkis, kehidupan pribadi Greysia Polii memang hampir jarang disorot publik. Dia lebih sering tampil dilayar kaca membawa nama Indonesia di pertandingan bulutangkis dunia. Greys juga mengakui dirinya jarang mengumbar kemesraan dengan sang kekasih yang sudah dipacarinya selama enam tahun.

Akhirnya Greysia Polii menikah dengan Felix Djimin. Keduanya resmi menjadi suami-istri usain melakukan proses pemberkatan pernikahan di salah satu hotel di kawasan Pondok Indah Jakarta pada 23 Desember 2020. Kini, Greys rajin membagikan potret kebersamaan dengan Felix.

Sahabat Agnez Mo

Greysia Polii merupakan salah satu sahabat Agnez Mo yang paling dekat. Pertemanan mereka sudah terjalin sejak lama. Tapi karena kesibukan masing-masing, pasangan sahabat beda profesi ini jarang bertemu. Meski begitu, Agnez Mo kerap menunjukkan dukungannya kepada Greysia Polii. Bahkan Agnez ikut menyumbangkan suaranya saat menghadiri pernikahan Greysia Polii dan Felix Djimin. 

Profil dan Biodata Greysia Polii

Nama lengkap : Greysia Polii
Nama panggung : Greys
Tempat dan tanggal lahir : Jakarta, 11 Agustus 1987
Usia: 33 Tahun
Agama : Kristen
Profesi : Atlet Bulu Tangkis
Orang tua: Willy Polii (ayah), Evie Pakasi (ibu)
Pasangan : Felix Djimin
Instagram : @greyspolii

Kini, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu bersiap untuk laga di babak final nomor ganda putri cabang olahraga bulutangkis di Olimpiade Tokyo 2020 yang dijadwalkan pada 2 Agustus 2021 mendatang. Apapun hasilnya nanti, Greysia Polii tetap merupakan salah satu atlet berbakat tanah air yang harus selalu didukung.

Baca juga: Profil dan Biodata Kevin Sanjaya: Agama, Pacar Hingga Bisnis