Profil dan Biodata Anthony Ginting: Agama, Ranking serta Pacar

Instagram/@sinisukanthony
Anthony Ginting
31/7/2021, 18.07 WIB

ZIGI – Anthony Ginting berhasil mengakhiri rekor buruk tunggal putra Indonesia cabang olahraga badminton di Olimpiade dalam 17 tahun terakhir. Hal ini setelah Anthony berhasil melanjutkan perjuangannya di babak semifinal Olimpiade Tokyo 2020.

Tentu saja, pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras yang dilakukannya selama ini. Anthony Ginting ternyata sudah menyukai bulutangkis sejak kecil. Penasaran dengan sosoknya kan? Berikut profil dan biodata Anthony Ginting.

Baca juga: Profil dan Biodata Jonatan Christie: Agama, Karier Hingga Pacar

Keluarga Anthony Ginting

Anthony Sinisuka Ginting merupakan nama lengkap pebulutangkis yang lahir di Cimahi pada 20 Oktober 1996 ini. Anthony merupakan putra dari pasangan Edison Ginting dan Lucia Sriati. Walaupun lahir dan besar di Cimahi provinsi Jawa Barat dan lancar berbahasa Sunda, Anthony Ginting memiliki garis keturunan Karo dari ayahnya.

Anthony Ginting juga mempunyai empat saudara, yang bernama Fransiskus Erwin Setiadi, Natalia Elis Susanti, Lorentius Satya Ananta dan Anastasia Niken. Agama Anthony Ginting adalah Kristen.

Awal Karier Anthony Ginting

Bakat bulutangkis Anthony Ginting sudah terlihat sejak kecil. Saat masih duduk di bangku SD tepatnya pada tahun 2008, Ginting sudah menjuarai kompetisi bulutangkis MILO School Competition. Tidak hanya sekali, Anthony kembali menjadi juara di ajang yang sama saat SMP di tahun 2012.

Sejak 2013, Anthony Sinisuka Ginting sudah berpartisipasi di beberapa kompetisi bulutangkis senior, seperti Indonesia Open Grand Prix Gold, Vienam International Challenge, dan Maldives International Challenge. 

Anthony juga ikut kejuaraan BWF World Junior Championships dan meraih medali perunggu untuk nomor tunggal putra tahun 2014. Anthony Ginting merupakan atlet bulutangkis Indonesia dari sektor tunggal putra yang besar di klub SGS PLN Bandung.

Karier di Pelatnas

Di usia 19 tahun, Anthony Ginting mewakili Jawa Barat dan berhasil masuk semifinal. Dari sini lah, Anthony kemudian dipanggil pihak PBSI untuk bergabung menjadi atlet Pelatnas PBSI. Sejak bergabung, sederet prestasi sudah berhasil diterohkan Anthony Ginting diantaranya Juara Badminton Asia Team Championship 2016, Juara Korea Open 2017, Juara Daithatsu Indonesia Master 2018 hingga Juara Daithatsu Open 2020.

Kelebihan Anthony Ginting

Salah satu kelebihan Ginting adalah kecepatan. Kemampuan itu pun pernah menjadi perhatian pebulutangkis andalan Tiongkok sekaligus juara dunia 2015 yakni Chen Long. Anthony Ginting juga dikenal dekat dengan pebulutangkis Jepang, Kento Momota.

Walaupun bersaing di lapangan, Kento mengaku selalu menantikan pertemuan dengan Anthony. Keduanya bahkan sempat saling bertukar kaus setelah menyelesaikan laga final China Open 2019.

Prestasi Anthony Ginting di Olimpiade Tokyo 2020

Anthony Ginting merupakan salah satu atlet yang ikut membela tim Merah Putih di Olimpiade Tokyo 2020. Anthony pun berhasil memecahkan rekor buruk tunggal putra Indonesia di cabang olahraga badminton di Olimpiade dalam 17 tahun terakhir, setelah dinyatakan lolos ke semifinal.

Kemenangan ini didapat Anthony Ginting setelah mengalahkan Anders Antonsen, pebulutangkis asal Denmark di rubber game 21-18, 15-21, dan 21-18 dalam laga yang digelar di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo, Sabtu, 31 Juli 2021.

Pebulutangkis 24 tahun ini menjadi tunggal putra pertama Indonesia yang berhasil melaju ke semifinal Olimpiade dalam 17 tahun terakhir sejak Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro di Olimpiade Athena 2004.

Aksi Heroik Anthony Ginting di Asian Games 2018

Aksi heroik Anthony Ginting menjadi sorotan saat berlaga di Asian Games 2018. Saat itu, Anthony harus bertekuk lutut dari pebulutangkis peringkat dua dunia, Shi Yuqi, dalam pertarungan dramatis di pertandingan final bulutangkis beregu yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta. 

Pada set pertama, Anthony Ginting berhasil menang setelah menundukkan Shi Yuqi dan berhenti di skor 14. Tapi saat set kedua, Shi Yuqi membalikkan keadaan dan menang setelah mengunci set lewat skor 23-21. Di set ketiga, pertandingan semakin ketat dengan aksi kejar-kejaran poin. 

Anthony Ginting sempat memimpin 19-18, tapi cedera memaksanya berhenti sejenak di pinggir lapangan. Anthony sempat memaksakan diri dengan tetap bertanding walaupun kondisi cedera. Dia pun sempat menahan dengan skor 20-20. Tapi pada akhirnya, cedera Anthony harus membuatnya menyerah dan Wasit memutuskan kemenangan WO bagi Shi Yuqi. 

Anthony Ginting Ranking

Dikutip dari website, BWF Badminton, Anthony Sinisuka Ginting menempati posisi ke lima dunia di nomor tunggal. Sejauh ini, Anthony sudah memenangkan 192 pertandingan.

Anthony Ginting Bintang Iklan

Di balik kesuksesannya di lapangan, Anthony Ginting juga aktif di media sosial. Tidak heran kalau dia pun dipercaya untuk mengiklankan sejumlah produk di laman media sosialnya. Mulai dari iklan snack sampai produk yang berhubungan dengan kesehatan.

Pacar Anthony Ginting

Pacar Anthony Ginting adalah Mitzi Abigail. Sebelumnya, Mitzi juga merupakan atlet bulutangkis yang pernah bergabung di bawah naungan PB Djarum Kudus. Namun, Mitzi Abigail memilih pensiun untuk melanjutkan pendidikannya.

Kini, Mitzi Abigail berkarir di industri perhotelan. Tapi Anthony Ginting jarang menunjukkan hubungannya dengan Mitzi Abigail. Anthony pertama kali memajang fotonya dengan Mitzi di Instagram pada 20 November 2020 lalu. Padahal, keduanya dikabarkan sudah pacaran selama tujuh tahun.

Profil dan Biodata Anthony Ginting

Nama lengkap : Anthony Sinisuka Ginting
Nama panggung : Anthony Ginting
Tempat dan tanggal lahir : Cimahi, 20 Oktober 1996
Usia: 24 Tahun
Agama : Kristen
Profesi : Atlet Bulu Tangkis
Orang tua: Edison Ginting (ayah), Lucia Sriati (ibu)
Saudara: Anastasia Niken, Fransiskus Erwin Setiadi, Lorentius Satya Ananta, Natalia Elis Susanti
Pendidikan: SMP Negeri 1 Bandung
Instagram : @sinisukanthony
YouTube: Suka Suka Ginting

Di babak semifinal Olimpiade Tokyo 2020 yang akan digelar pada Minggu, 1 Agustus 2021, Anthony Ginting akan menghadapi pemenang antara Chen Long (China) atau Chou Tien Chen (Taiwan). Demikian, profil dan biodata Anthony Ginting. Ayo kita tetap dukung Anthony Sinisuka Ginting!

Baca juga: Profil dan Biodata Apriyani Rahayu: Agama, Karier Hingga Prestasi