10 Fakta Greysia Polii, Diminta Apriyani Rahayu Tunda Pernikahan

@Tokyo2020/Twitter
Apriyani Rahayu dan Greysia Polii
2/8/2021, 17.21 WIB

ZIGI – Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berhasil meraih medali emas dari cabang olahraga bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020. Perolehan emas dari ganda puteri ini menambah medali yang didapat Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, sehingga kini mengumpulkan empat medali yakni satu emas, satu perak, dan dua perunggu.

Sontak saja, prestasi ini membuat nama Greysia Polii langsung menjadi sorotan seluruh rakyat Indonesia. Tidak banyak yang tahu, kalau atlet yang disapa Greys ini bersahabat dekat dengan penyanyi Agnez Mo. Greysia Polii kini juga sudah bertatus sebagai istri. Berikut 10 fakta Greysia Polii yang dirangkum Zigi.id.

Baca juga: Profil dan Biodata Greysia Polii: Agama, Suami Hingga Ukir Sejarah

Raih Medali Emas di Olimpiade Tokyo 2020

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berhasil mengukir sejarah baru sebagai pasangan atlet ganda putri pertama yang meraih medali emas untuk Indonesia di ajang Olimpiade. Dengan ini, Greys dan Apri, begitu mereka disapa, sukses mengakhiri penantian panjang 29 tahun ganda putri Indonesia untuk mendulang medali emas di ajang empat tahunan itu. 

Keberhasilan tersebut didapat Greysia Polii dan Apriyani Rahayu setelah mengalahkan pasangan ganda asal Cina Chen Qing Chen/Jia Yi Fan di partai final yang dilangsungkan di Musashino Forest Plaza Crt 1, Tokyo, pada Senin, 2 Agustus 2021, dalam dua gim langsung dengan skor 21-19 dan 21-15.

Peraih Medali Emas Tertua Badminton di Olimpiade

Dengan ini, Greysia Polii menjadi peraih medali emas tertua di cabang olahraga badminton Olimpade. Greys meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, di usianya yang menginjak 33 tahun 356 hari. Rekor ini sebelumnya dipegang oleh Zhang Ning pebulutangkis tunggal asal China di usia 33 tahun 89 hari dalam Olimpiade Beijing 2008.

Dapat Banyak Hadiah

Kemenangan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu di Olimpiade Tokyo 2020 ini mendapat banyak perhatian. Keduanya akan menerima banyak hadiah tambahan. Salah staunya, dari YouTuber Arief Muhammad yang menjanjikan masing-masing satu cabang usaha Baso Aci. Selain itu, Gilang Widya Pramana, sang Crazy Rich Malang juga akan memberikan bonus berupa uang Rp500 juta

Berpasangan dengan Apriyani Rahayu Sejak 2017

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu memulai debut sebagai pasangan ganda putri bulutangkis sejak Mei 2017 lalu. Walaupun baru tiga tahun berdampingan, keduanya sudah mencatatkan prestasi membanggakan. Greysia Polii dan Apriyani Rahayu juga terbilang pasangan yang unik. Keduanya memiliki selisih usia mencapai 11 tahun. Greys kini berusia 33 tahun, sedangkan Apri baru menginjak 21 tahun.

6 Kali Ganti Pasangan di Lapangan

Sebelum berpasangan dengan Apriyani Rahayu, Greysia Polii sudah enam kali berganti pasangan di lapangan. Mulai dari Heni Budiman, Jo Novita, Meiliana Jauhari, Anggia Shitta Awanda, Nitya Krishinda Maheswari dan terakhir, Apriyani Rahayu.

 

Greysia Polii Rangking 6 Dunia

Berkat prestasi yang diraihnya, nama Greysia Polii tercatat di BWF Badminton sebagai atlet peringkat 6 dunia di sektor ganda putri. Dalam perjalanan kariernya, Greys sudah berhasil memenangkan 487 pertandingan.

Sahabat Agnez Mo

Greysia Polii ternyata bersahabat dekat dengan Agnez Mo. Pertemanan mereka rupanya sudah terjalin sejak 2008, saat bertemu pertama kali di acara Uber Cup 2008 yang diadakan gubernur DKI Jakarta saat itu, Sutiyoso. Tapi karena kesibukan masing-masing, pasangan sahabat beda profesi ini jarang bertemu. 

Walau begitu, Agnez sering menunjukkan dukungan untuk sang sahabat. Seperti terbaru, Agnez Mo juga ikut merayakan kemenangan Greysia Polii. Di Instastory-nya akunnya, @agnezmo, dia ikut mengunggah foto-foto kebersamaannya dengan Greysia Polii.

Apriyani Rahayu Minta Greysia Polii Tunda Pernikahan

Di balik prestasi yang ditorehkan, rupanya ada kisah dari Apriyani Rahayu dan Greysia Polii yang cukup membuat haru. Berdasarkan tulisan dari Tulus Wijanarko di Tempo, Apri rupanya sempat meminta Greys untuk tidak dulu menikah dan menemaninya. “Kak, jangan menikah dulu, ya, nemenin aku dulu,” kata Apri sambil mengaduk mi instannya.

Pernyataan ini disampaikan Apriyani Rahayu saat keduanya hendak tidur di sebuah kamar hotel di Spanyol setelah memenangkan turnamen di Barcelona Spain Master. Greysia Polii tentu terkejut mendengar perkataan Apri tersebut. Tapi Greys memberikan isyarat untuk istirahat dan tidak membahas hal tersebut. Greysia Polii memang sudah terbilang senior sementara Apriyani Rahayu baru di tahap awal persaingan

Sudah Menikah

Sampai akhirnya pada 23 Desember 2020, Greysia tak bisa menungu lebih lama lagi takdirnya di luar lapangan. Dia menikah dengan seorang pengusaha jewelerry bernama Felix Djimin. Greys resmi menjadi istri Felix usai melakukan proses pemberkatan pernikahan di salah satu hotel di kawasan Pondok Indah Jakarta.

Tetap Kembali ke Pelatnas

Meski begitu, Greysia Polii tidak mengingkari komitmennya pada Apriyani Rahayu dan bulutangkis Indonesia. Greys tetap ingin bersama Apri menjadi juara. Greysia Polii akhirnya kembali ke pelatnas meneruskan latihan spartannya setelah menikah.

Kini, nama Greysia Polii dan Apriyani Rahayu tercatat sebagai pencetak sejarah Indonesia di Olimpiade cabang olahraga bulutangkis nomor ganda putri. Terima kasih Greysia Polii dan Apriyani Rahayu atas medali emasnya.

Baca juga: Profil dan Biodata Apriyani Rahayu: Agama, Karier Hingga Prestasi