10 Fakta Anthony Ginting, 7 Tahun Pacari Mantan Atlet Bulutangkis

Instagram/@sinisukanthony
Anthony Ginting
2/8/2021, 20.57 WIB

ZIGI – Anthony Ginting berhasil menambah perolehan medali untuk Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Pemilik nama asli Anthony Sinisuka Ginting itu berhasil menyabet medali perunggu di ajang olahraga empat tahunan itu.

Seiring dengan kemenangan atlet bulutangkis tunggal putra berusia 24 ini, Zigi.id sudah mengumpulkan 10 fakta menarik tentang sosok Anthony Ginting. Penasaran kan apa saja? Scroll artikel di bawah ini sampai habis ya!

Baca juga: Profil dan Biodata Anthony Ginting: Agama, Ranking serta Pacar

Keturunan Karo yang Pandai Bahasa Sunda

Anthony Ginting merupakan putra dari pasangan Edison Ginting dan Lucia Sriati. Anthony memiliki garis keturunan Karo, Sumatera Utara dari ayahnya. Walau begitu, Anthony Ginting pandai bahasa Sunda. Ini karena dia lahir dan besar di Cimahi provinsi Jawa Barat.

Juara Bulutangkis Sejak SD

Anthony Ginting sudah menjadi juara bulutangkis sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Saat itu tepatnya pada 2008, Anthony menjuarai kompetisi bulutangkis MILO School Competition. Tidak hanya sekali, Anthony kembali menjadi juara di ajang yang sama saat duduk di bangku SMP di tahun 2012.

Dapat Julukan The Giant Killer

Cowok kelahiran 20 Oktober 1996 ini memiliki julukan The Giant Killer atau yang memiliki arti 'Pembunuh Raksasa'. Julukan itu disematkan padanya setelah Anthony Ginting meraih juara Victor China Open tahun 2018 silam.

Hal ini lantaran Anthony berhasil menumbangkan para pemain juara dunia di ajang tersebut seperti Lin Dan dari China, Kento Momota asal Jepang, Victor Axelsen dari Denmark, Chen Long asal China hingga Chou Tien Chen dari Taiwan.

Anthony Ginting Viral Karena Aksi Heroik

Anthony Ginting pernah viral karena aksi heroiknya saat berlaga di Asian Games 2018. Dalam pertandingan yang digelar di Istora Senayan Jakata, Anthony harus bertekuk lutut dari pebulutangkis peringkat dua dunia, Shi Yuqi, dalam pertarungan dramatis di final bulutangkis beregu.

Walaupun gagal mengalahkan Shi Yuqi, tapi Anthony Ginting menuai banyak pujian dari rakyat Indonesia. Hal ini karena, Anthony yang tetap memaksakan diri untuk bertanding padahal dalam kondisi cedera. Dia sempat berhenti lalu melanjutkan pertandingan kembali.

Sampai akhirnya, cedera itu memaksanya untuk menyerah dan wasit pun memutuskan kemenangan WO bagi Shi Yuqi. Saat itu, Presiden Jokowi yang berada di barisan penonton langsung menghampiri Anthony Ginting yang sedang menjalani perawatan di belakang arena pertandingan. 

Anthony Ginting Peringkat 5 Dunia

Di website, BWF Badminton, nama Anthony Sinisuka Ginting menempati posisi ke-5 dunia di nomor tunggal putra. Sejauh ini, Anthony sudah berhasil memenangkan 192 pertandingan.

Dekat dengan Kento Momota

Anthony Ginting sempat menjadi pembicaraan karena kedekatannya dengan pemain bulutangkis nomor 1 dunia yakni Kento Momota asal Jepang. Anthony pernah diajak Momota untuk bertukar jersey. Momen ini terjadi final China Open 2019, usai Kento Momota mengalahkan Anthony Ginting. 

Saat itu, Momota menghampiri Anthony di pinggir lapangan kemudian menjabat tangannya sambil mengucapkan selamat. Kento Momota kemudian meminta bertukar kaus. Sambil tertawa, Anthony memenuhi permintaan Momota. Setelahnya, mereka saling berpelukan dan menepuk bahu.

Anthony Ginting Punya Akun YouTube

Mungkin dari kamu tidak banyak yang tahu fakta ini. Ya, Anthony Ginting pernah membuka channel YouTube pribadinya dengan nama, Suka Suka Ginting. Anthony pertama kali bergabung  di YouTube pada Januari 2019. Video pertama dibagikannya pada 2019 lalu.

Dalam video berdurasi 1 menit 41 detik itu, tampak Anthony Ginting bersama Jonatan Christie asyik bernyanyi dengan diiringi petikan gitar dari Sheryl Sheinafia. Video kedua memperlihatkan perjalanan Anthony Ginting saat bertanding di Bandung dalam gelaran Djarum Superliga 2019.

Tapi sayangnya, itu video terakhir yang dibagikan Anthony. YouTube channel yang sudah memiliki 19,7 ribu subscribers itu belum lagi membagikan video baru sampai saat ini.

Anthony Ginting Pacaran 7 Tahun

Anthony diketahui sudah memiliki kekasih bernama Mitzi Abigail. Pacar Anthony Ginting dulunya merupakan atlet bulutangkis yang pernah bergabung di bawah naungan PB Djarum Kudus. Akan tetapi, Mitzi tidak melanjutkan kariernya sebagai atlet dan memilih pensiun untuk melanjutkan pendidikannya.

Kini, Mitzi Abigail berkarir di industri perhotelan. Meski begitu, hubungan Anthony Ginting dan Mitzi Abigail yang dikabarkan sudah berjalan selama tujuh tahun tetap harmonis. Baik Anthony maupun Mitzi jangan mengumbar kemesraan mereka di media sosial. Anthony bahkan baru pertama kali memajang fotonya dengan Mitzi di Instagram pada 20 November 2020 lalu.

Lolos ke semifinal Olimpiade setelah 17 tahun 

Langkah Anthony sampai ke semifinal Olimpiade Tokyo 2020 sudah membuat rakyat Indonesia bangga. Pasalnya, Anthony Ginting berhasil mematahkan rekor buruk tunggal putra bulutangkis Indonesia di Olimpiade. 

Anthony menjadi atlet pertama yang mampu melangkah ke semifinal dalam 17 tahun terakhir, sejak Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro di Olimpiade Athena tahun 2004. Walaupun pada akhirnya, dia gagal menembus babak final usai dikalahkan Chen Long dari China.

Raih Perunggu di Olimpiade Tokyo 2020

Meski begitu, Anthony Sinisuka Ginting berhasil mengukir sejarah baru setelah merebut medali perunggu cabang bulutangkis nomor tunggal putra di Olimpiade Tokyo 2020. Pencapaian ini didapat setelah Anthony mengalahkan pebulutangkis dari Guatemala, Kevin Cordon dalam laga yang digelar di Mushashino Forest Sport Plaza, Senin, 2 Agustus 2021. Selamat, Anthony Sinisuka Ginting!

Baca juga: 10 Fakta Greysia Polii, Diminta Apriyani Rahayu Tunda Pernikahan