Profil & Biodata Leani Ratri Oktila, Raih 3 Medali Paralimpiade 2020

@oktila_lr/Instagram
Leani Ratri Oktila
Penulis: Yasmin Karnita
5/9/2021, 18.10 WIB

ZIGI – Leani Ratri Oktila berhasil membawa pulang dua medali emas dan satu perak untuk Republik Indonesia dari ajang Paralimpiade Tokyo 2020. Mengharumkan nama Tanah Air, profil hingga biodata sang pemain bulu tangkis ini menarik untuk dikulik. 

Medali emas pertamanya didapatkannya bersama Sadiyah Khalimatus dalam ganda putri bulu tangkis SL4. Lalu Leani Ratri Oktila kalah dari Cheng Hefang asal China di tunggal putri. Terakhir, dia membawa pulang emas keduanya dengan memenangkan ganda campuran dengan Hary Susanto melawan Prancis.

Lantas seperti apa sosok sebenarnya dari Leani Ratri Oktila? Yuk simak fakta, perjalanan karier lengkap profil dan biodata Leani Ratri Oktila di bawah ini. 

Baca Juga: Biodata Ni Nengah Widiasih: Agama, Instagram, Prestasi Paralimpiade

Leani Ratri Oktila Menyukai Bulu Tangkis Sejak Usia 7 Tahun

Leani Ratri Oktila adalah pebulu tangkis asal Riau. Wanita kelahiran 1991 ini mulai menyukai bulu tangkis sejak usia 7 tahun. Hal tersebut juga didukung oleh keluarganya yang juga sangat mencintai bulu tangkis.

Namun perekonomian keluarga Leani Ratri Oktila tergolong menengah ke bawah sehingga dia sempat kesulitan untuk menemukan tempat latihan bulu tangkis yang layak. 

Latar Belakang Keluarga Leani Ratri Oktila

Leani Ratri Oktila merupakan anak pertama dari empat bersaudara. Orang tuanya bernama Mujiran berusia 65 tahun, dan sang ibu Gina Oktila menginjak usia 53 tahun.

Ayah Leani berprofesi sebagai petani karet dan sawit. Sedangkan ibunya sebagai ibu rumah tangga. Sepanjang hidupnya, mereka tinggal di Dusun Karya Nyata, Desa Siabu, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Kecelakaan Motor yang Dialami Leani Ratri Oktila 

Sejak tahun 1999, Leani Ratri Oktila memantapkan diri untuk berkecimpung di dunia olahraga. Kala itu, dia sudah aktif mengikuti berbagai kompetisi Pekan Olahraga Seni (Porseni) dan meraih berbagai gelar juara. 

Namun pada 2011, Leani Ratri Oktila mengalami musibah. Saat mengendarai motor, dia terlibat dalam kecelakaan dengan sebuah mobil. Hal tersebutlah yang membuat Leani tak bisa berjalan seperti sedia kala. 

Tidak ingin meninggalkan karier bulu tangkis, akhirnya Leani tetap menekuni olahraga tersebut sebagai penyandang disabilitas. 

Kejuaraan yang Pernah Diikuti Leani Ratri Oktila

Sosoknya pun semakin bersinar karena Leani Ratri Oktila semakin aktif mengikuti turnamen dari level daerah hingga nasional. Hingga akhirnya, Leani bergabung dengan pemusatan latihan bulu tangkis National Paralympic Committee di Solo pada 2012.

Medali emas pertama untuk Leani Ratri Oktila dimenangkannya dalam ajang Asian Para Games 2014 di Incheon, Korea Selatan kategori ganda campuran bersama Fredy Setiawan.

Leani Ratri Oktila juga sudah pernah membawa tiga medali emas dari Kejuaraan Dunia tahun 2017 dan 2019 untuk ganda campuran serta 2017 juga untuk tunggal putri. Juga pernah memenangkan ASEAN Para Games, hingga turnamen individu lainnya.

Pencapaian Leani Ratri Oktila di Paralimpiade Tokyo 2020

Leani Ratri Oktila menjadi salah satu atlet Indonesia yang berhasil membawa pulang medali dari Paralimpiade Tokyo 2020. Medali emas pertamanya didapatkannya bersama Sadiyah Khalimatus dalam ganda putri bulu tangkis.

Sadiyah Khalimatus dan Leani Ratri Oktila mengalahkan wakil China, Cheng Hefang/Ma Huihui, dengan skor 21-18 dan 21-12 pada Sabtu, 4 September 2021.

Lalu Leani Ratri Oktila kembali tampil di partai tunggal putri menghadapi wakil China, Cheng Hefang. Leani kalah setelah melakoni tiga partai, membuatnya membawa pulang medali perak pada Minggu, 5 September 2021.

Terakhir, Leani Ratri Oktila totalitas dalam set final ganda campuran melawan wakil Prancis, Lucas Mazur/Faustine Noel. Bersama Hary Susanto, Leani sukses membawa pulang medali emas kedua Indonesia dari Paralimpiade Tokyo 2020.

Sementara itu, tim Indonesia berhasil membawa pulang sembilan medali dari Paralimpiade Tokyo 2020. Terdiri dari 2 emas, 3 perak, dan 4 perunggu yang berasal dari cabang badminton, powerlifting, atletik, dan tenis meja.

Biodata dan Agama Leani Ratri Oktila

Nama lengkap: Leani Ratri Oktila
Tempat, tanggal lahir: Riau, 6 Mei 1991 (30 tahun)
Tahun aktif: 1999-sekarang
Profesi: Atlet bulu tangkis
Agama: Kristen
Akun Instagram: @oktila_lr

Itulah profil dan biodata Leani Ratri Oktila, atlet bulu tangkis yang berlaga di Paralimpiade Tokyo 2020. Dia berhasil membawa pulang dua medali emas dan satu medali perak dalam ajang yang digelar di Jepang tersebut.

Baca Juga: Ternyata Segini Haerga Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020