Profil dan Biodata Putri KW: Agama, Pacar, Debut di Sudirman Cup 2021

Instagram/@putri.k.w20
Putri KW
29/9/2021, 16.18 WIB

ZIGI – Putri KW mendapat kesempatan debut saat Indonesia melawan Denmark pada perebutan Juara Grup C di Sudirman Cup 2021. Pebulu tangkis dengan nama lengkap Putri Kusuma Wardani itu berhadapan dengan Mia Blicheldt.

Diketahui bahwa laga Indonesia vs Denmark berlangsung di Energia Areena, Finlandia pada Rabu, 29 September 2021 pukul 14.00 WIB. Nama Putri KW berada di jajaran trending topic Twitter hari ini dan ribuan dukungan pun tertuju padanya. Penasaran dengan sosok Putri KW alias Putri Kusuma Wardani? Yuk simak artikelnya!

Baca Juga: Profil & Biodata Leani Ratri Oktila, Raih 3 Medali Paralimpiade 2020

1. Kehidupan Pribadi Putri KW

Putri KW merupakan atlet bulu tangkis asal Indonesia yang lahir pada 20 Juli 2002. Pemilik nama lengkap Putri Kusuma Wardani ini mengaku lebih nyaman dipanggil KW daripada Putri. Ia sedikit tertutup perihal kehidupan keluarganya di media sosial.

Namun, Putri KW pernah mengungkapkan bahwa sang ayah senang dengan olahraga voli. Agama Putri KW adalah Islam. Hal itu terlihat di akun Instagramnya @putri.k.w20 yang kerap membagikan potret mengenakan kerudung.

2. Awal Mula Karier Putri KW

Awal mula Putri KW terjun ke dunia bulu tangkis karena ajakan sang ayah untuk melihat pertandingan bulu tangkis di GOR dekat rumahnya. Di usia 8 tahun, Putri mulai mencoba bermain bulu tangkis dan ia langsung tertarik.

“Iya aku langsung jatuh cinta sama badminton. Cuma papa juga sering ngajak main. Dulu itu, papa (belum ngarahin) kadang ya sekolah kadang latihan. Terus pas SMP ditanya sama papa ‘Kamu mau jadi apa? Mau sekolah atau bulu tangkis’,” kata Putri KW dikutip Zigi.id dari YouTube Badminton Indonesia pada Rabu, 29 September 2021.

Putri KW mulai berlatih badminton di klub-klub kecil. Lalu, temannya mengajak agar Putri berlatih di klub Exist Jakarta pada tahun 2014. Kariernya pun semakin melambung saat ia berhasil masuk pusat pelatihan nasional Indonesia di akhir tahun 2017.

 

3. Prestasi Putri KW

Putri KW berhasil meraih dua medali perunggu saat berlaga di Kejuaraan Junior Asia dan Kejuaraan Junior Dunia di tahun 2018 lalu. Pada usia 16 tahun, Putri KW berhasil mencapai final turnamen Bangladesh International Challenge. Namun, ia hanya berada di posisi kedua setelah kalah dari wakil Vietnam, Nguyen Thuy Linh.

Pada Kejuaraan Junior Dunia 2019, ia berhasil memenangkan Piala Suhandinata untuk pertama kalinya dengan menaklukkan Tiongkok. Lalu, Putri KW juga menjuarai Spain Masters 2021 yang berlangsung di Huelva, Spanyol pada Mei lalu.

Kala itu, Putri KW mampu mengalahkan pemain-pemain unggulan seperti Line Christophersen dari Denmark dan rekan senegaranya, Ruselli Hartawan. Pencapaian tersebut menjadi modal bagi Putri KW yang mewakili Indonesia melawan Denmark di Sudirman Cup 2021.

Namun, Putri KW kalah dalam pertandingan melawan Mia Blicheldt di Sudirman Cup 2021. Meski begitu, warganet Indonesia tetap menyerukan kalimat positif dan kata-kata penyemangat untuk Putri. 

4. Pacar Putri KW

Putri KW juga sempat membahas soal pacar. Di akhir tahun 2019 lalu, ia mengaku belum memiliki pacar sambil tersenyum malu-malu. Dia tampak lebih fokus pada kariernya di dunia bulu tangkis.

“Pacarnya berapa?” kata seseorang di YouTube Sanu Nawa dengan judul ‘Putri Kusuma Wardani Bikin Gemes’.

“Wihh gak punya pacar Om. Beneran gak punya pacar,” jawab Putri KW kala itu.

Jika ditelusuri ke Instagramnya, saat ini Putri KW juga jarang membahas kisah asmara. Dia lebih aktif membagikan potret seorang diri, berlibur ke beberapa daerah di Indonesia dan luar negeri serta momen bermain bulu tangkis.

5. Biodata Putri KW

  • Nama lengkap : Putri Kusuma Wardani
  • Nama panggung : Putri KW
  • Tempat dan tanggal lahir : Tangerang, 20 Juli 2002
  • Usia: 19 Tahun
  • Agama :Islam
  • Profesi : Atlet Bulu Tangkis
  • Tinggi: 172 centimeter
  • Instagram : @putri.k.w20

Itulah profil Putri KW atau Putri Kusuma Wardani, atlet tunggal putri Indonesia yang debut di Sudirman Cup 2021. Hingga saat ini, dukungan untuk Putri pun masih terus mengalir baik di kolom komentar Instagram hingga Twitter.

Baca Juga: Profil dan Biodata Greysia Polii: Agama, Suami Hingga Ukir Sejarah